Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ragam Jenis Sumber Vitamin C Alami yang Penting untuk Ibu Hamil

Ragam Jenis Sumber Vitamin C Alami yang Penting untuk Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi ibu hamil memang berbeda dengan wanita pada umumnya. Moms perlu menambahkan karbohidrat, protein, serat, vitamin, serta mineral yang jumlahnya disesuaikan dan tidak berlebihan. Salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah vitamin C yang terbukti dapat meningkatkan imunitas sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Selama masa kehamilan, Moms perlu menambahkan sekitar 10 mg vitamin C dibandingkan sebelumnya saat tidak hamil. Hal ini dimaksudkan agar janin juga bisa mendapatkan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Ibu hamil sendiri dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sebagai sumber vitamin C dalam jumlah yang cukup.

Namun, saat hamil, lambung bumil mungkin tidak dapat menampung banyak makanan. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi makanan, baik sayur ataupun buah, dalam porsi kecil tetapi sering. Lalu, apa saja sumber makanan yang tinggi vitamin C dan baik dikonsumsi ibu hamil? Simak penjelasan berikut ini, Moms.

1. Jeruk

Moms tentu paling sering mendengar buah jeruk sebagai sumber vitamin C paling tinggi. Buah-buahan citrus sejenis lemon dan jeruk nipis ini memang cukup membantu perkembangan tabung saraf janin.

Jeruk sendiri mampu mencegah bayi lahir cacat serta memiliki antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penyakit. Vitamin C dalam jeruk juga terbukti memaksimalkan penyerapan zat besi, sehingga mencegah bumil mengalami anemia.

2. Apel

Tak hanya vitamin C, Moms juga akan mendapatkan vitamin A, serat , dan kalium dengan mengonsumsi buah apel. Menurut penelitian, kandungan tersebut dapat menurunkan risiko bayi mengalami asma serta alergi berlebihan ketika lahir nanti.

3. Mangga

Buah mangga juga kaya akan vitamin C yang akan membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh Moms tetap kuat selama kehamilan. Kandungan vitamin A di dalam mangga juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya komplikasi pada bayi.

4. Bayam

Bayam nyatanya juga memiliki kandungan vitamin C. Meski kandungannya tidak setinggi jenis sayur lain, bayam juga mengandung nutrisi penting lain, seperti vitamin K, kalium, folat, dan zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan.

5. Kubis

Kubis juga tinggi akan vitamin C. Tak hanya itu, kandungan mineral dan asam lemak yang baik untuk tubuh juga cukup banyak, sehingga sayuran ini dapat Moms konsumsi setiap hari sebagai campuran salad atau diolah menjadi menu lezat lainnya.

6. Jambu biji

Jambu biji juga mengandung vitamin C serta vitamin A, kalium, dan fosfor. Selain menjaga daya tahan tubuh dari paparan radikal bebas, jambu biji juga termasuk buah yang rendah gula. Hal ini tentu akan membantu mengontrol gula selama Moms hamil sehingga terhindar dari risiko diabetes gestasional.

7. Blueberry

Varian buah beri, blueberry juga mengandung vitamin C, kalium, folat, dan serat. Nutrisi ini akan menjaga kekebalan tubuh ibu serta memaksimalkan tumbuh kembang janin di dalam rahim.

Buah ini bahkan dapat mengurangi risiko preeklampsia yang sering kali tidak dirasakan oleh bumil pada minggu ke-20 usia kehamilan dan seterusnya. Rasanya yang menyegarkan tentu akan mengurangi rasa mual yang Moms alami selama kehamilan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)