Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Jenis Kucing yang Ramah Anak dan Aman untuk Dipelihara di Rumah

7 Jenis Kucing yang Ramah Anak dan Aman untuk Dipelihara di Rumah

Mengizinkan anak untuk punya hewan peliharaan tak hanya membuatnya bahagia, tetapi juga bisa memupuk tanggung jawab pada anak sejak dini. Anak yang memiliki hewan peliharaan juga cenderung memiliki rasa sayang dan kepedulian yang besar pada makhluk lain.

Nah, buat Moms yang ingin memberikan kucing untuk peliharaan Si Kecil, beberapa jenis kucing ini bisa jadi pilihan. Jenis-jenis kucing ini ramah anak, tidak “nakal” dan tentunya cenderung mudah untuk dirawat. Yuk, ketahui jenis-jenis kucing yang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan anak!

1. Maine Coon

ClaudiaWollesen/Pixabay

Jenis kucing yang satu sangat cantik dan ramah anak! Ukurannya cukup besar jika dibandingkan jenis kucing lainnya dan beratnya bisa mencapai lebih dari 10 kilogram, lho. Maine coon tergolong kucing yang tidak agresif, suka diajak bermain, dan ramah pada orang yang baru dikenal. Mudah akrab! Mungkin begitu deskripsi yang lebih tepat. Mengutip Daily Paws, maine coon termasuk jenis yang sering dijadikan kucing terapi pereda stres dan kesepian.

2. Himalayan

Wikimedia

Tampilannya sangat elegan, bulunya panjang dengan gradasi warna putih kecokelatan, wajahnya bulat, mulutnya kecil, dan matanya biru terang dengan bentuk bulat sempurna! Sekali lihat, anak pasti akan langsung jatuh cinta. Fisiknya seperti perpaduan kucing Persia dan Siamese, tapi dengan karakter yang lebih tenang dan ramah anak. Sikapnya juga manis, tidak agresif, dan mudah akrab dengan orang baru.

3. European Burmese

Michael Moiner/Flickr

Inilah salah satu jenis kucing cantik yang selalu senang berada di dekat pemiliknya. Sikap ramah kucing European Burmese tak hanya pada manusia, tetapi dengan hewan peliharaan lainnya juga. Ini jenis yang tepat jika Anda memiliki beberapa jenis hewan peliharaan di rumah. Ukuran jenis kucing ini tidak terlalu besar, bulunya pendek, dan tergolong jarang memicu alergi. Kucing ini juga setia, manja, dan perawatannya termasuk mudah, Moms.

4. Ragdoll

Atrix9/Pixabay

Kucing berbadan besar ini beratnya bisa lebih dari 7 kilogram! Ragdoll juga terkenal cantik, karakternya menyenangkan, dan tidak agresif. Bulunya panjang, matanya bulat, dan warna bulu kecokelatan di area wajahnya seperti membentuk topeng. Ragdoll cocok dijadikan hewan peliharaan pertama untuk anak, karena mereka mudah beradaptasi dengan manusia dan hewan lain. Sayangnya, jenis ini kurang cocok untuk anak yang suka bermain aktif dengan kucing, karena ragdoll cenderung lebih suka bermalas-malasan di pangkuan manusia.

5. British Shorthair

8photo/Freepik

Untuk yang suka memelihara kucing lembut dan ramah anak, jenis ini adalah pilihan yang tepat. Kucing ini mudah bergaul dengan manusia dan hewan lain, perawatannya mudah, jarang sakit, dan umumnya berumur panjang. British shorthair yang memiliki asal dari kucing pekerja ini juga sangat berbakat berburu tikus lho, Moms.

6. Birman

Antranias/Pixabay

Siapa tak jatuh hati melihat kucing berwajah bulat, gembul, mata berwarna biru terang, dan ramah anak! Sikap dan fisik jenis kucing ini memang sama-sama penuh pesona. Birman terkenal ramah, lembut, penyayang, dan manja dengan manusia. Jenis kucing ini cocok untuk dijadikan hewan peliharaan pertama untuk anak balita.

Hewan ini merupakan jenis kucing rumahan yang setia mengikuti tiap langkah Anda ke penjuru rumah. Perawatannya pun mudah. Namun perlu diingat, kucing jenis ini memiliki bulu panjang yang mungkin akan lebih sensitif bagi anak yang alergi bulu hewan. Walau begitu, jangan panik dulu karena bulu kucing ini tidak mudah rontok kok, Moms.

7. Abyssinian

Tsapenkodg/Pixabay

Untuk Moms yang mendambakan jenis kucing yang aktif, cerdas, setia, dan mudah akrab dengan manusia, abyssinian sangat cocok untuk Anda dan Si Kecil. Tapi harus diingat, kucing ini termasuk aktif dan perlu sering diajak bermain, jadi mungkin akan lebih cocok untuk dipelihara anak yang usianya sudah lebih besar (bukan balita).

Para pemilik abyssinian pasti tahu kecerdasan kucing ini sangat baik, ada saja aksinya untuk menyita perhatian Anda dan membuat orang di sekitarnya bermain dengannya. Abyssinian yang aktif juga bukan lap cats atau jenis kucing yang suka dipangku dan bermanja-manja seharian, karena kucing ini lebih suka diajak bermain bebas di alam terbuka. Jenis ini cocok untuk Anda yang punya rumah dengan halaman luas atau dekat taman untuk bermain bebas. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: KamranAydinov/Freepik)