Type Keyword(s) to Search

Dukung Kesuksesan Vaksinasi COVID-19 pada Ibu Hamil Lewat Donasi

Dukung Kesuksesan Vaksinasi COVID-19 pada Ibu Hamil Lewat Donasi

Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang diprioritaskan oleh pemerintah untuk memperoleh vaksin COVID-19. Pasalnya, ibu hamil merupakan kelompok yang rentan terinfeksi virus corona.

Dalam membantu program pemerintah tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Mengadakan vaksinasi untuk 5.650 ibu hamil di Kabupaten Karawang dan sekitarnya yang diadakan di 89 titik dimulai pada tanggal 6-10 Sept 2021.

Brand perawatan bayi Zwitsal ikut mendukung program vaksinasi bumil tersebut dengan cara memberikan donasi berbentuk produk Zwitsal Baby Care kepada ibu hamil yang telah divaksinasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tersebut. Kegiatan ini sekaligus turut membantu program BKKBN menyukseskan vaksinasi ibu hamil.

Dalam kegiatan tersebut, Zwitsal bekerja sama dengan Hallobumil dan KlikKB. Hallobumil sendiri merupakan aplikasi berbasis mobile yang di dalamnya berisi informasi dan edukasi yang bermanfaat untuk ibu yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, maupun pascamelahirkan. Adapun KlikKB merupakan aplikasi berbasis mobile untuk bidan dan akseptor.

Acara pemberian donasi

Pemberian donasi kerja sama Zwitsal dengan Hallobumil dan KlikKB dilakukan pada Senin 6 September 2021 di Praktek Mandiri Bidan (PMB), tepatnya di Klinik Siti Azaria, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pemberian donasi dilakukan secara simbolis sesuai dengan protokol kesehatan. Acara donasi dihadiri langsung oleh Siti Komarianingsih, S.ST., M.Kes., sebagai Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Karawang dan Martin Suanta, SE, M.Si, selaku Direktur Bina Kualitas Pelayanan KB BKKBN.

Kemudian, hadir juga Sofiah sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, Arlies M. Nugraha dari KlikKB, Mia Argianti dari Hallobumil, dan perwakilan dari mahasiswa kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Donasi yang diberikan sebanyak 5.650 paket produk Zwitsal dan diserahkan langsung kepada Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Karawang dan perwakilan pemerintah daerah Kabupaten Karawang.

Donasi diberikan langsung kepada ibu hamil

Mengutip dari Klikdokter, Kepala DPPKB Karawang, Sofiah, mengatakan saat ini Karawang memiliki 801 PMB yang tersebar di 30 kecamatan. Vaksinasi sendiri dilakukan di beberapa titik di Kabupaten Karawang dan melibatkan berbagai PMB. Sebanyak 5.650 ibu hamil ditargetkan menerima vaksin COVID-19.

Nantinya donasi ini akan diberikan langsung kepada ibu hamil yang telah mengikuti vaksinasi COVID-19. Tidak menutup kemungkinan bahwa program donasi ini nantinya akan berjalan jangka panjang. Diharapkan donasi yang diberikan dapat ikut mendukung program vaksinasi ibu hamil yang diadakan oleh BKKBN.

Harapan lainnya dari program donasi ini adalah dapat memberikan semangat pada masyarakat untuk hadir mengikuti vaksinasi, khususnya bagi ibu hamil. Dengan begitu, kesehatan masyarakat dapat terbentuk dengan baik seiring dengan herd immunity yang tercipta.

Ibu hamil tidak perlu takut menerima vaksinasi COVID-19. Selama kondisi kehamilan Anda terkontrol dengan baik dan diperbolehkan menerima vaksin oleh dokter kandungan yang merawat, maka vaksin aman untuk diberikan.

Selain wajib memeriksakan kehamilan, ibu hamil juga harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas. (M&B/SW/Foto: Dok. Zwitsal)


Read Next

More Frombump to birth