Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Mengenal Kehamilan Geriatri, Hamil di atas usia 35 Tahun, Amankah?

Mengenal Kehamilan Geriatri, Hamil di atas usia 35 Tahun, Amankah?

Selama belum memasuki fase menopause, kehamilan bisa terjadi pada setiap wanita. Namun, dengan bertambahnya usia, risiko terjadinya masalah pada kehamilan tentunya juga akan ikut bertambah.

Menurut situs Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), usia ideal untuk hamil dan melahirkan pada wanita adalah 21 hingga 25 tahun. Namun, seiring perubahan zaman, kini makin banyak wanita yang baru memutuskan untuk memiliki buah hati saat usianya sudah menginjak kepala tiga. Kehamilan pada wanita berusia di atas usia 35 tahun disebut dengan istilah kehamilan geriatri.

Risiko kehamilan geriatri

Seperti telah disebutkan di atas, hamil pada usia yang sudah tidak terlalu muda lagi tentunya menimbulkan risiko masalah kesehatan tertentu. Jika tidak diantisipasi, gangguan kesehatan tersebut bisa mengancam nyawa ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Perlu diketahui, ada sejumlah risiko yang mungkin dihadapi oleh bumil dan janin saat mengalami kehamilan geriatri, antara lain:

  • Diabetes gestasional. Masalah ini lebih sering dialami oleh bumil berusia di atas 35 tahun dan jika tidak ditangani maka akan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan hingga setelah bayi lahir.
  • Penelitian juga menemukan fakta bahwa wanita yang hamil di usia lebih tua akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi selama kehamilan.
  • Preeklampsia atau kondisi peningkatan tekanan darah disertai adanya protein dalam urine bumil. Preeklampsia bisa memicu komplikasi, seperti kerusakan organ tubuh, bayi terlahir prematur, atau bayi lahir dengan berat badan rendah.
  • Risiko bayi mengalami kelainan genetik, seperti Down syndrome.
  • Risiko keguguran pada bumil di usia 35 tahun ke atas juga lebih tinggi, terutama jika ia sudah memiliki riwayat keguguran sebelumnya atau mengidap penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi.
  • Kelainan pada plasenta.

Mengantisipasi risiko kehamilan geriatri

Meski risiko terjadinya gangguan pada kehamilan terhadap bumil berusia 35 tahun ke atas cukup tinggi, Moms tak perlu panik. Risiko ini bisa diminimalisasi dengan tindakan antisipasi berikut ini.

1. Mempersiapkan kehamilan

Di atas usia 35 tahun, penting untuk memeriksakan kesehatan fisik dan mental bersama pasangan saat merencanakan kehamilan. Tujuannya, agar kehamilan nantinya bisa berjalan dengan lancar hingga tiba waktu persalinan.

2. Memeriksakan kehamilan secara teratur

Dua bulan pertama kehamilan adalah masa penting bagi perkembangan bayi. Di masa ini, Moms perlu menaati jadwal pemeriksaan kehamilan rutin guna memantau kesehatan Anda serta mengecek kondisi janin yang berada dalam kandungan melalui pemeriksaan USG.

3. Menjalani pemeriksaan tambahan

Saat menjalani pemeriksaan kesehatan, dokter mungkin akan menyarankan Moms untuk memeriksa kadar gula darah serta melakukan pemeriksaan urine untuk mengetahui kadar protein dan gula. Selain itu ada pula tes genetik yang bertujuan untuk mendeteksi kelainan gen pada janin agar dapat diantisipasi dan ditangani lebih dini.

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi ya, Moms. Gigi dan gusi yang sehat juga dapat mengurangi risiko persalinan prematur atau bayi terlahir dengan berat badan rendah.

4. Mengatur pola hidup

Selain menjaga kesehatan janin, Moms juga perlu menjaga kesehatan diri sendiri. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatur pola hidup yang lebih sehat. Pastikan asupan harian Anda mengandung gizi lengkap dengan mengonsumsi berbagai sayuran dan buah segar, daging rendah lemak, susu serta gandum utuh. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti sayuran berdaun hijau.

Baca juga: Makanan yang Perlu Dihindari saat Berusia 30-an Tahun

Tidak hanya menjaga asupan gizi, Moms pun disarankan untuk rutin berolahraga agar peningkatan berat badan bisa lebih terkontrol. Olahraga selama masa kehamilan juga bisa membantu mengurangi nyeri punggung saat hamil, memperkuat otot, dan membantu kelancaran persalinan. Namun, pastikan olahraga yang Anda lakukan tidak berlebihan dan aman untuk kandungan ya, Moms. Berkonsultasi dengan dokter bisa dilakukan sebelum Anda mulai berolahraga.

5. Mengonsumsi suplemen kehamilan

Saat menjalani kehamilan di usia yang sudah tidak muda lagi, pemenuhan kebutuhan nutrisi sangatlah penting. Tidak hanya dari makanan, kebutuhan nutrisi ini juga bisa dipenuhi dengan cara mengonsumsi suplemen kehamilan yang direkomendasikan oleh dokter.

Baca juga: 7 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

6. Menghindari tindakan berisiko

Usia Moms yang tidak muda lagi bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kurang. Agar risiko tersebut tidak bertambah, maka jauhi kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol ya, Moms. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Gpointstudio/Freepik)