Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

4 Penyebab Warna Kulit Leher Lebih Hitam saat Tengah Hamil

4 Penyebab Warna Kulit Leher Lebih Hitam saat Tengah Hamil

Sudah bukan rahasia lagi, kehamilan memang kerap menimbulkan beberapa keluhan. Contoh keluhan yang sering muncul adalah morning sickness, sakit punggung, dan lipatan leher yang menghitam. Nah, urusan perubahan warna kulit (khususnya di area lipatan tubuh) ini sebenarnya adalah hal yang umum terjadi, tapi jarang dibahas karena dianggap hal yang memalukan.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda soal lipatan dan tengkuk leher yang menghitam selama kehamilan, yuk simak info penting berikut ini, Moms!

Mengenal melasma

Moms mungkin bingung, apa sih yang menyebabkan warna kulit jadi lebih gelap saat hamil? Apakah normal? Mengutip BabyCenter, warna kulit menggelap atau ada area kulit yang warnanya lebih gelap saat hamil disebut dengan melasma.

Kondisi ini juga sering disebut dengan the mask of pregnancy atau topeng kehamilan, karena kulit yang berubah menjadi bercak gelap biasanya di area wajah, tepatnya di atas bibir, hidung, tulang pipi, dan dahi sehingga bentuknya mirip topeng. Tak hanya area wajah, melasma juga bisa muncul di area tubuh lain (seperti leher, ketiak, selangkangan) dan area yang sebelumnya memang lebih berpigmen, seperti puting, bekas luka, dan freckles (bercak wajah).

Melasma dipicu oleh perubahan hormon kehamilan, yang menstimulasi peningkatan melanin secara sementara. Melanin sendiri adalah zat alami yang memberi warna pada rambut, kulit, dan mata. Semakin tinggi melanin seseorang, maka akan semakin berwarna juga kulitnya.

Uniknya, wanita dengan warna kulit yang lebih gelap cenderung lebih sering mengalami melasma dibandingkan wanita dengan warna kulit terang. Inilah yang menyebabkan warna leher bumil sering kali lebih gelap dibandingkan sebelumnya.

Penyebab leher hitam saat hamil

Sekarang Moms sudah tahu kalau leher yang lebih hitam atau lebih gelap saat hamil adalah hal yang wajar. Ini disebabkan oleh melasma, yang ternyata tidak berbahaya bagi bumil dan janin. Walau sudah tahu penyebab leher hitam saat hamil adalah melasma, Moms juga perlu tahu hal apa saja yang berpotensi memperparah melasma.

1. Jarang pakai sunscreen

Bukan cuma disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan, melasma juga bisa semakin buruk jika kulit yang tidak dilindungi sunscreen sering terpapar sinar matahari langsung. Sangat penting untuk rutin menggunakan sunscreen, bahkan saat Anda di rumah saja juga perlu pakai sunscreen lho, Moms. Pilih sunscreen yang setidaknya punya kandungan SPF 30 untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB.

2. Sering waxing

Banyak bumil yang lebih memilih waxing untuk membersihkan area tubuhnya dari bulu. Sayangnya, waxing bisa menyebabkan inflamasi kulit yang bisa memperparah kondisi melasma, terutama melasma di area yang sering terdampak perubahan pigmen (seperti wajah, leher, ketiak, dan selangkangan). Jika melasma sangat mengganggu Anda, membersihkan bulu dengan pisau cukur bisa menjadi cara terbaik, karena tidak terlalu menyebabkan inflamasi kulit seperti waxing.

3. Paparan kimia

Sabun, sampo, losion, dan produk perawatan tubuh lainnya kerap menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, seperti kulit Anda yang lebih sensitif saat hamil. Kandungan pewangi, pewarna, pengawet pada produk tersebut bisa mengiritasi kulit Anda. Untuk itu, sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang natural selama hamil. Bumil disarankan untuk memakai produk yang hypoallergenic agar tidak mudah iritasi dan melasma tidak semakin parah.

4. Riwayat alat kontrasepsi

Menurut BabyCenter, beberapa wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dengan estrogen (seperti pil KB, patch, dan cincin KB) sering mengalami melasma. Riwayat pemilihan alat kontrasepsi ini bisa memicu peningkatan melamin saat hamil, terlebih jika bumil jarang pakai sunscreen, menggunakan produk perawatan tubuh tidak natural, dan sering waxing.

Cara mengatasi melasma

Berita baiknya, umumnya melasma akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Jika melasma yang Anda alami masih menetap setelah melahirkan, maka Moms bisa berkonsultasi dengan dokter. Menurut BabyCenter, dokter mungkin akan memberikan resep krim yang mengandung hidrokuinon, krim tretinoin, atau peeling yang mengandung azelaic acid.

Jangan harap hasilnya instan ya Moms, karena ada juga kasus melasma sulit hilang atau bahkan hanya memudar (tidak hilang sempurna). Walau kemungkinan itu selalu ada, jangan berkecil hati, because all women are beautiful! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)