Type Keyword(s) to Search

Nutrisi Ibu Menyusui untuk InvestASI

Nutrisi Ibu Menyusui untuk InvestASI

ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan terbaik dan tidak perlu diragukan lagi, terutama pada 6 bulan pertama kehidupan Buah Hati. ASI yang baru pertama keluar atau disebut kolostrum merupakan cairan yang berharga bagi Buah Hati karena mengandung Laktoferin yaitu protein untuk membentuk antibodi dalam tubuhnya.

Selain itu, kandungan growth factor di dalamnya juga mendukung pertumbuhan fisik, otak, dan mental Buah Hati. Sedangkan kandungan Imunoglobulin yaitu antibodi nonspesifik, dapat membentuk imunitas atau daya tahan tubuh Buah Hati terhadap serangan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh secara umum.

Agar manfaat-manfaat dalam ASI bisa didapat Si Buah Hati, Ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi Anda selama menyusui. Menyadari pentingnya pemenuhan nutrisi yang tepat dan seimbang selama menyusui, PRENAGEN sebagai pelopor dalam kategori nutrisi kehamilan dan menyusui, bersama Mother & Beyond mengadakan Webinar bertajuk “Nutrisi Ibu Menyusui untuk InvestASI” yang dipandu oleh Ucita Pohan pada Sabtu, 25 September 2021 lalu.

Nutrisi penting bagi Ibu menyusui

Pada Webinar ini, dr. Frieda Handayani K, SpA (K), Dokter Spesialis Anak, Konsultan Gastro Hepatologi Anak, mengatakan bahwa pemenuhan nutrisi untuk mendukung keberhasilan menyusui sudah bisa dilakukan sejak seorang wanita menikah dan merencanakan kehamilan dengan mengonsumsi makanan yang berkualitas serta bernutrisi tepat dan seimbang.

“Ibu perlu memenuhi nutrisi makro dan mikro untuk mendukung proses menyusui dan kualitas ASI. Nutrisi makro terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Adapun nutrisi mikro terdiri dari vitamin (A,B,C) dan mineral (kalsium, fosfor, zinc, selenium, dan lain-lain),” terang dr. Frieda.

Terkait pemenuhan nutrisi makro dan mikro saat menyusui, dr. Muliaman Mansyur selaku Healthcare Communicator Kalbe Nutritionals mengatakan bila ibu tidak memenuhi asupan nutrisi makro seperti protein, karbohidrat (laktosa), dan asam lemak (DHA), terlebih dalam waktu yang lama, hal ini bisa menurunkan kualitas ASI. Sedangkan nutrisi mikro juga menjadi nutrisi esensial yang perlu dipenuhi untuk menunjang fungsi sel tubuh.

Perlu diingat, pada saat menyusui, Ibu juga membutuhkan ekstra cairan sekitar 600-800 ml lebih banyak dibandingkan Ibu yang tidak menyusui. Bila Ibu yang tidak menyusui memerlukan 2.300 ml air perhari, maka pada saat menyusui, Ibu membutuhkan 3 liter air perhari.

“Bisa terdiri dari 2.500 ml dari air putih, kemudian bisa dibantu dengan konsumsi susu untuk membantu suplementasi menyusui sebanyak 200-300 ml, dan dari makanan, sup, jus buah, sehingga mencapai 3.000 ml,” jelas dr.Frieda.

Nutrisi tambahan saat menyusui

Selain mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung nutrisi makro dan mikro, Ibu juga bisa mendapat nutrisi tambahan dengan mengonsumsi susu Ibu menyusui. Menurut dr. Muliaman, susu ibu menyusui mengandung DHA tinggi, protein yang baik, kalori lebih tinggi, kalsium, serta biasanya ditambahkan almond, soya, atau daun katuk yang diketahui juga berpengaruh pada produksi ASI.

Moms bisa memilih PRENAGEN lactamom. Selain memberikan nutrisi tambahan yang Anda perlukan saat menyusui, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat saat menyusui dengan mengonsumsi produk satu ini. “Ibu menyusui perlu tambahan 300 kalori, bisa ditambah mengonsumsi PRENAGEN lactamom, yang satu kali minum bisa 180 kalori, kalo dua kali minum kan 360 kalori, nah ini sudah bisa mencukup kebutuhan tambahan kalori Ibu menyusui,” papar dr. Muliaman.

Rangkaian nutrisi lengkap dari PRENAGEN

Tak hanya menjadi solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui, PRENAGEN juga memiliki rangkaian nutrisi lengkap untuk Ibu yang mempersiapkan dan menjalani kehamilan.

Pada saat persiapan kehamilan, Ibu bisa mengonsumsi PRENAGEN esensis yang rendah lemak dan mengandung zinc untuk menjaga sistem reproduksi agar berfungsi dengan baik. Untuk mengurangi mual dan muntah, Ibu bisa mengonsumsi PRENAGEN emesis yang mengandung protein dan vitamin B6 yang sudah teruji secara klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah hingga 90%.

Saat menginjak trimester tiga kehamilan, Ibu bisa mengonsumsi PRENAGEN mommy yang mengandung nutrisi makro (karbohidrat, lemak, dan protein) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral), serta DHA dan kalsium dengan jumlah yang tepat dan seimbang, yang juga dibutuhkan untuk persiapan melahirkan dan menyusui. Ibu yang lebih suka mengonsumsi nutrisi dari almond dapat memperoleh semua kebaikannya di PRENAGEN mommy Almond Soya atau PRENAGEN UHT Almond Barley Soya yang tidak mengandung protein susu. Sensasi mengonsumsi susu yang menyegarkan juga bisa Anda dapat dengan mengonsumsi PRENAGEN yogurt Prenapro karena bisa dinikmati selagi dingin. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: valuavitaly/Freepik, PRENAGEN)


Read Next

More Frombump to birth