Type Keyword(s) to Search

Tips Anti Cemas Melepas Anak saat Pembelajaran Tatap Muka

Tips Anti Cemas Melepas Anak saat Pembelajaran Tatap Muka

Moms, siapa dari Anda yang sudah membolehkan Si Kecil mengikuti sekolah tatap muka? Per 30 Agustus 2021 lalu, Pemerintah memang telah menetapkan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dari tingkat PAUD hingga SMA.

Meski kebijakan ini menjadi angin segar bagi anak-anak yang telah rindu belajar di sekolah, tak sedikit dari Moms yang juga memiliki kekhawatiran saat melepas Si Kecil mengikuti pembelajaran tatap muka.

Berdasarkan polling yang dilakukan Mama's Choice, produsen produk untuk ibu hamil, menyusui, dan anak, sebesar 62% ibu khawatir melepas anaknya mengikuti pembelajaran tatap muka. Kebanyakan Moms khawatir bila anak-anaknya akan tertular virus dan bakteri saat kegiatan PTM dilakukan serta khawatir kesehatan Si Kecil akan terganggu. 

Nah, bagaimana ya, cara mengurangi kekhawatiran Moms ketika melepas anak pembelajaran tatap muka? Dalam online media gathering Mama's Choice bertajuk “Siap Sekolah saat Pandemi” yang berlangsung 28 September 2021 lalu, dr. Natasya Ayu Andamari, SpA, Dokter Spesialis Anak, memberikan tips anti cemas melepas anak saat PTM berikut ini. Simak ya, Moms.

1. Ajak anak berdiskusi untuk mengambil keputusan pembelajaran tatap muka

Jelaskan kepada anak mengenai keadaan saat ini serta aturan pembelajaran tatap muka yang harus dipatuhi. Tanyakan pendapatnya apakah memilih mengikuti pembelajaran tatap muka atau tetap mengikuti sekolah daring.

2. Ajarkan anak melakukan 3M

Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan anak-anak selama sekolah tatap muka agar terhindar dari virus COVID-19. Agar anak terbiasa menerapkan protokol kesehatan 3M ini, Moms sebagai orang tua tentunya perlu memberikan contoh secara langsung bagaimana penerapannya dengan mengajarkan anak cara memakai masker yang benar, mencuci tangan hingga bersih, dan tentunya menjaga jarak, sehingga anak bisa mengikuti apa yang Anda lakukan.

Moms juga bisa membekali anak dengan hand sanitizer saat menjalani PTM. Salah satunya seperti Mama’s Choice Hand Gel, yang mengandungan benzalkonium chloride dan lemon sebagai pengganti alkohol yang efektif membunuh 99,99% kuman, bakteri, dan virus, serta memberikan wangi alami yang segar.

3. Pastikan imunitas anak terjaga

Bukan sekadar memberikan vitamin atau asupan makanan yang bergizi, pastikan juga anak tidak mengalami stres akibat perubahan rutinitas yang mampu menurunkan imunitasnya. Biarkan anak melakukan kegiatan yang ia sukai ketika berada di rumah dan sempatkan waktu untuk bermain bersama. 

Selain itu, dr. Natasya juga memberikan informasi bagaimana orang tua harus mempersiapkan segala tindakan preventif untuk anak selama pembelajaran tatap muka, di antaranya:

  • Melakukan pemeriksaan kesehatan buah hati secara berkala.
  • Melengkapi vaksinasi anak seperti yang disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), misalnya vaksin influenza.
  • Mengevaluasi aturan dari sekolah terkait PTM, contohnya apakah semua staf dan guru sudah mendapat vaksin COVID-19, bagaimana penerapan protokol kesehatan di sekolah, bagaimana regulasi pulang sekolah, saat istirahat, berapa jumlah murid yang ikut PTM, bagaimana pembelajarannya, ruang kelas, dan lain sebagainya.
  • Memantau angka kejadian COVID-19. Bila angka kasus kembali menaik, sebaiknya tahan untuk membiarkan anak melakukan sekolah tatap muka.
  • Membatasi circle pertemuan anak.
  • Tidak melepas anak yang memiliki komorbid untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.
  • Menyiapkan produk yang bisa menunjang kebersihan untuk memutus transmisi COVID-19.

Terkait produk untuk menunjang kebersihan di masa pandemi ini, Moms bisa menyediakan disinfektan serbaguna seperti Mama’s Choice Multi-Purpose Cleaner untuk membersihkan berbagai peralatan dan permukaan dari kontaminasi virus dan bakteri berbahaya.

Sedangkan untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan bersih dari virus dan bakteri, Moms bisa menggunakan Mama’s Choice Floor Cleaner yang diperkaya dengan antibakteri alami dari chamomile, rosemary, dan lavender. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik, Mama’s Choice)


Read Next

More Fromkid