Type Keyword(s) to Search

Festival Foodpreneur Bersinar untuk Perempuan Pengusaha Kuliner

Festival Foodpreneur Bersinar untuk Perempuan Pengusaha Kuliner

Setiap perempuan Indonesia, termasuk Moms, tentu memiliki kesempatan besar dan potensi untuk menjadi pengusaha, misalnya di bidang kuliner. Bahkan menurut data dari Badan Pusat Statistik, sekitar 37 juta UMKM Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan dengan kurang lebih 10 juta UMKM di antaranya bergerak di bisnis kuliner.

Hal ini pun menjadi dasar dari semangat Sunlight yang bekerja sama dengan Tokopedia untuk menggelar Festival Foodpreneur Bersinar. Ini merupakan sebuah rangkaian program yang bertujuan untuk menginspirasi dan mengoptimalkan potensi perempuan Indonesia untuk menjadi pengusaha kuliner yang andal dan berdaya.

Ajang berjualan sekaligus edukasi

Dalam program ini, ada sekitar hampir 25.000 pengusaha UMKM kuliner dari seluruh Indonesia. Mereka pun diberikan wadah untuk berjualan dan mempromosikan produknya serta dibekali serangkaian edukasi yang berguna dalam mengembangkan usaha kulinernya.

Para pembicara pada event Virtual Press Conference Sunlight Festival Foodpreneur Bersinar
Para pembicara di event Virtual Press Conference Sunlight Festival Foodpreneur Bersinar

“Sunlight secara konsisten menjalankan purpose atau tujuan mulia dalam menginspirasi dan mendorong perempuan Indonesia untuk selalu bisa lebih dengan mendorong mereka mengembangkan potensi diri menjadi pengusaha kuliner,” jelas Anggya Kumala selaku Head of Dishwash Category Unilever Indonesia.

Indra Gunawan, selaku Plt. Deputi Menteri KPPPA Bidang Partisipasi Masyarakat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pun turut menyampaikan dukungannya terhadap festival untuk UMKM ini.

“Sejalan dengan upaya yang tengah kita lakukan bersama yakni untuk mendorong leadership di bidang kewirausahaan, saya sangat menyambut baik sinergi ini agar lebih banyak perempuan yang dapat memanfaatkan teknologi dan mampu mengembangkan bisnis mereka untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi. Mengusung tema 'Recover Together, Stronger Together' tentu kita mengharapkan adanya peran dari berbagai dunia usaha agar dapat ikut serta dalam mendampingi usaha-usaha kecil yang sedang berusaha bangkit dari pandemi agar dapat terlibat dan bersinergi untuk membantu pemulihan ekonomi secara nasional,” ungkap Indra.

Rangkaian program Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung sejak Juli 2021, di mana semua pelaku UMKM kuliner di Tokopedia diundang untuk mengikuti acara ini. Selanjutnya, di bulan Agustus dilaksanakan rangkaian kelas edukasi dan pengembangan bisnis. Puncak acara ini adalah Festival Foodpreneur Bersinar yang berlangsung selama bulan September di Tokopedia Nyam.

Selain menghadirkan program Festival Foodpreneur Bersinar, Sunlight dan Tokopedia juga meluncurkan Sunlight edisi khusus 'Bangga UMKM'. Desain produk yang dihadirkan terinspirasi dari berbagai kuliner nusantara, dan edisi khusus ini akan tersedia pada akhir bulan September. Dengan memindai kode QR pada kemasan khusus ini, konsumen juga akan mendapatkan potongan harga untuk berbelanja produk-produk Unilever di Tokopedia. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Senivpetro/Freepik, Unilever Indonesia)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle