Type Keyword(s) to Search

7 Jenis Anjing Ramah Anak yang Aman dan Mudah Dipelihara

7 Jenis Anjing Ramah Anak yang Aman dan Mudah Dipelihara

Mengajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab dan menyayangi makhluk hidup? Memberinya hewan peliharaan bisa jadi cara menarik, Moms. Ya, membiarkan Si Kecil memiliki hewan peliharaan memang memberikan banyak manfaat, termasuk melatih tanggung jawab dan menumbuhkan sikap menyayangi makhluk hidup.

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang bisa Moms berikan untuk Si Kecil. Tidak hanya menyenangkan untuk diajak bermain, anjing juga bisa dilatih, setia, dan punya banyak tingkah menggemaskan. Tentunya tidak semua jenis anjing cocok untuk dijadikan sahabat anak, terlebih bagi anak yang baru pertama kali memelihara anjing. Jika Moms ingin memberikan anjing untuk anak, beberapa jenis anjing di bawah ini ramah anak dan aman untuk dipelihara di rumah. Cek daftarnya, yuk!

1. Golden Retriever

Racool_studio/Freepik
Racool_studio/Freepik

Walau ukuran tubuhnya besar, jenis anjing ini sangat ramah anak dan tidak agresif. Golden retriever terkenal cerdas, setia, dan penurut. Anjing ini juga bukan “one man dog” atau anjing yang hanya menurut oleh satu orang, sehingga makin cocok untuk dijadikan anjing keluarga.

Walau ramah anak, golden retriever termasuk anjing dengan tenaga besar, sehingga kebutuhan bermain untuk menghabiskan energinya juga besar. Harus rutin diajak beraktivitas (seperti lempar-tangkap frisbee), karena anjing akan gelisah dan berisik di malam hari kalau energinya tidak tersalurkan di siang hari.

2. Pug

diana_grytsku/freepik
diana_grytsku/freepik

Kaki pendek pug membuatnya terlihat menggemaskan! Ukurannya kecil, ramah anak, dan kebutuhan beraktivitasnya tidak terlalu besar. Ini adalah jenis anjing yang tepat untuk anak usia sekolah, karena tetap bisa diajak aktif bermain, namun tidak agresif. Perawatan pug juga cukup mudah, tapi jangan kaget karena pug suka banget makan dan tidur.

3. Beagle

master1305/freepik
master1305/freepik

Lincah, ceria, dan ramah anak. Ini jenis anjing yang cocok untuk Anda yang punya halaman belakang luas, karena beagle suka berlari riang di lapangan terbuka. Ukuran tubuhnya kecil dan tidak mudah lelah diajak bermain. Beagle juga mudah akrab dengan hewan lain, jenis anjing yang pas untuk Anda yang sudah punya hewan peliharaan lain di rumah.

4. Poodle

wirestock/freepik
wirestock/freepik

Jenis anjing yang satu ini pasti sudah terkenal banget dengan kecantikannya. Bulu keriting khas poodle memang membuat penampilannya makin menggemaskan, terlebih bentuk matanya yang bulat membuat poodle mirip boneka. Jenis dan ukuran poodle sendiri sebenarnya ada banyak, tapi semuanya ramah anak, cerdas, dan setia. Umumnya poodle penurut, periang, dan terkadang malu jika bertemu orang asing. Bulu poodle yang cukup tebal ternyata tidak terlalu mudah rontok, sehingga cukup aman untuk anak yang sensitif dengan bulu hewan.

5. Border Collie

gpointstudio/freepik
gpointstudio/freepik

Jenis anjing ini memiliki energi yang cukup besar, sehingga lebih cocok untuk dipelihara anak yang sudah lebih besar. Collie juga anjing yang aktif, ramah anak, perawatannya mudah, cerdas, tidak agresif, hanya saja agak sulit akrab dengan hewan peliharaan lain. Usia hidupnya bisa sekitar 12-14 tahun, dengan berat badan yang bisa mencapai 22-34 kilogram. Ukurannya cukup besar, namun keceriaan yang diberikan untuk keluarga pun besar.

6. French Bulldog

jcomp/freepik
jcomp/freepik

Sebenarnya segala jenis bulldog termasuk anjing yang ramah dan mudah diatur, namun French bulldog adalah jenis yang paling ramah anak. Sekilas fisiknya agak mirip dengan pug, namun telinganya lebih lancip dan tegak, juga tidak ada kerutan di area wajah. French bulldog memiliki tubuh kecil, cerdas, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, tidak agresif, tidak terlalu aktif, dan tidak terlalu sering menggonggong (cocok untuk Anda yang tinggal di pemukiman padat). Perkiraan usia hidupnya bisa 10-12 tahun, dan beratnya hanya sekitar 12 kilogram saja.

7. Pomeranian

Racool_studio/Freepik
Racool_studio/Freepik

Bentuk fisiknya sangat menggemaskan! Pomeranian mirip boneka yang setia menemani anak ke mana saja. Bulunya tebal dan panjang, matanya bulat, dan bentuk mulutnya seperti sedang tersenyum. Pomeranian sangat manja dan suka selalu dekat dengan pemiliknya. Anjing ini juga penurut, ramah anak, mudah dirawat, tidak sering mengeluarkan liur, cerdas, dan aktif. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: User18526052/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle