Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tingkatkan Libido Seks Anda dengan Deretan Olahraga Ini

Tingkatkan Libido Seks Anda dengan Deretan Olahraga Ini

Banyak hal yang bisa menurunkan libido atau gairah seks seseorang, mulai dari adanya permasalahan dengan pasangan, rutinitas yang terlalu padat, stres, gangguan kesehatan, hingga asupan gizi. Lantas apa yang harus Anda lakukan guna meningkatkan kembali hasrat seksual tersebut?

Menurut penelitian dalam jurnal Brain and Behaviour, libido merupakan ketertarikan terhadap objek dan pengalaman seksual yang membuat seseorang merasa bergairah sekaligus memunculkan rangsangan pada organ intim. Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada sejumlah hal yang bisa memengaruhi libido. Stres, kondisi kesehatan tertentu, dan adanya masalah dengan pasangan diyakini bisa menurunkan gairah seks tersebut.

Baca juga: Wanita Juga Bisa Kehilangan Gairah Seks, Ini Alasannya

Untuk kembali meningkatkan libido, tentunya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa pemicu masalah menurunnya gairah seks tersebut. Secara khusus, cara untuk mengembalikan gairah seks Anda tentunya dengan mengatasi pemicunya. Misalnya, libido Anda menurun karena stres, maka Anda perlu mengurangi stres tersebut. Begitu pula jika gairah seks Anda menurun karena adanya masalah dengan pasangan, maka Anda perlu memperbaiki masalah tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, cara lain untuk meningkatkan libido adalah dengan berolahraga. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang diyakini bisa mendongkrak gairah seks Anda.

1. Senam Kegel

Senam Kegel adalah salah satu olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan performa seksual, termasuk untuk meningkatkan libido. Latihan ini memungkinkan darah mengalir lebih lancar ke organ intim dan memperkuat otot-otot dasar panggul. Pada pria, hal ini bisa mencegah terjadinya ejakulasi dini. Sedangkan pada wanita, senam Kegel bisa membantu meningkatkan produksi cairan pelumas vagina, membuat otot vagina lebih kencang, serta mempermudah orgasme.

2. Squat

Squat bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah, seperti kaki dan bokong. Selain itu, latihan ini juga dapat memperlancar aliran darah menuju organ intim. Itulah alasan mengapa latihan squat juga bisa membantu meningkatkan hasrat seksual Anda.

3. Yoga

Yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk meningkatkan kembali libido Anda. Melakukan yoga secara rutin bisa membantu meningkatkan stamina, menenangkan diri, menurunkan kadar stres, dan memperbaiki mood. Saat stamina dan perasaan Anda dalam kondisi baik, maka hasrat seksual pun akan ikut meningkat.

4. Renang

Olahraga yang satu ini dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, memperbaiki kualitas tidur, menurunkan stres, dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, berenang juga baik untuk melatih otot-otot dan sendi tubuh agar lebih kuat serta menambah stamina sehingga gairah seks pun bisa lebih mudah bangkit.

5. Latihan kardio

Melakukan berbagai latihan kardio juga bisa membantu melancarkan aliran darah dan menjaga berat badan ideal. Bagi para Dads, hal ini bermanfaat untuk membuat ereksi lebih tahan lama. Di sisi lain, Moms bisa mencapai orgasme lebih mudah dengan rutin melakukan latihan kardio.

6. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan bermanfaat untuk melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh sehingga postur Anda terlihat lebih atletis dan proposional. Selain membuat Anda lebih percaya diri, bentuk tubuh yang indah juga bisa membuat pasangan semakin tertarik untuk berhubungan seks.

Pada dasarnya, berolahraga merupakan aktivitas yang bisa meningkatkan stamina tubuh dan membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang lebih proposional. Selain itu, olahraga juga menjadi salah satu cara untuk melepaskan stres. Segala manfaat inilah yang bisa memengaruhi libido Anda.

Anda dan pasangan disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin agar manfaatnya dalam meningkatkan libido bisa lebih maksimal. Waktu ideal untuk berolahraga adalah selama 20-30 menit setiap hari atau setidaknya 3-5 kali dalam sepekan. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Pressfoto/Freepik)