Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hati-hati, Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Rusak Kulit Wajah Anda

Hati-hati, Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Rusak Kulit Wajah Anda

Semua orang tentu ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan indah. Pasalnya, kulit wajah yang sehat bisa memengaruhi rupa dan penampilan seseorang. Sayangnya, tanpa kita sadari, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa merusak kulit wajah kita, lho!

Untuk itu, Moms perlu menghindari berbagai kebiasaan tersebut agar kulit wajah Anda bisa terus awet muda dan sehat. Dilansir dari Everyday Health, berikut ini 10 kebiasaan buruk yang perlu Anda hentikan untuk menjaga kulit wajah Anda tetap sehat.

Baca juga: 8 Jenis Buah untuk Membuat Kulit Sehat dan Awet Muda

1. Merokok

“Merokok menyebabkan penuaan dini pada kulit, memperburuk kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan memperburuk lesi prakanker,” kata Clay J. Cockerell, MD, dermatologis dan pimpinan medis di Dermpath Diagnostics, Texas. “Merokok akan menambah keriput, menambah diskolorasi kulit yang berwarna kekuningan, dan meningkatkan risiko kanker kulit,” timpalnya.

2. Kurang tidur

Meski belum terbukti merusak kulit pada level biokimia, kurang tidur bisa membuat kulit jadi kusam dan tak segar. Akibatnya, kulit akan tampak lebih keriput atau terlihat lelah.

3. Mengelupas dan menggaruk kulit

Stres, ruam, medikasi, dan gigitan serangga adalah beberapa alasan orang menggaruk kulitnya. “Ketika Anda mulai menggaruk kulit, hal ini akan menyebabkan siklus gatal-garuk. Saraf-saraf akan membesar dan mengantarkan sensasi gatal, meski tak ada hal yang menyebabkan gatal,” ujar Clay.

4. Lupa membersihkan makeup

Beberapa orang bisa tidur tanpa memiliki masalah padahal makeup masih menempel di wajah. Meskipun demikian, ada juga beberapa orang lainnya yang akan mengalami breakout jika tidur tanpa membersihkan wajahnya dari makeup, meski hanya sekali. Soalnya, lapisan kotoran bisa terbentuk jika Anda tidak membersihkan makeup dengan seksama.

5. Tidak memakai tabir surya

Clay mengingatkan pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk menjaga kulit dari risiko terkena kanker kulit, termasuk melanoma. Banyak orang yang malas menggunakan sunscreen ketika berada di luar rumah dan hal ini dapat membahayakan kulit. Terlebih lagi jika Anda harus menghabiskan banyak waktu di bawah paparan sinar matahari.

6. Over-exfoliating

Exfoliating memang penting untuk membantu kulit meregenerasi diri. Namun terlalu sering melakukan exfoliasi juga tidaklah baik, Moms. Pasalnya, exfoliating berlebihan dapat mendorong kulit menjadi kering, mengalami iritasi, dan kemerahan. Triknya, jaga kulit selalu bersih dan lembap. Jika Anda ingin melakukan exfoliasi, maka lakukanlah seminggu sekali jika Anda memiliki kulit kering, atau 2 kali seminggu jika kulit Anda berminyak.

7. Menggunakan produk skin care yang salah

Mengetahui produk skin care yang cocok memang perlu melalui proses trial-and-error. “Jika kulit Anda sangat kering, maka Anda perlu menggunakan sesuatu yang berbahan dasar minyak. Jika kulit Anda cenderung berminyak, maka gunakanlah produk yang berbahan dasar air, karena minyak dapat memperburuk jerawat,” jelas Clay. Kesan menggelitik, gatal, kering, dan iritasi adalah tanda-tanda bahwa produk skin care Anda tidak sesuai untuk kulit Anda.

8. Melupakan kulit selain wajah

Banyak orang yang mengutamakan kesehatan kulit wajah, tapi melupakan kulit di area tubuh lainnya, yang sebenarnya juga bisa mengalami kering atau terpapar sinar matahari. Padahal, kanker kulit dapat muncul di bagian kulit mana pun, sehingga sangat penting buat Anda merawat kulit tubuh agar selalu lembap dan terlindungi.

9. Tidak membersihkan kuas makeup

Faktanya, bakteri dapat berkembang biak di sponge dan kuas makeup Anda, Moms. Selalu cuci atau ganti alat makeup Anda secara rutin untuk menghindari penyebaran bakteri ke kulit. “Saya juga sangat khawatir tentang berbagi penggunaan kuas,” kata Clay. Soalnya, kuas makeup bisa menyebarkan infeksi di antara penggunanya.

10. Menekan ponsel ke pipi

Menurut Clay, beberapa orang bisa mengalami alergi terhadap bahan-bahan pembuat ponsel. Bakteri juga bisa berkumpul dan berkembang biak pada layar ponsel. Selalu bersihkan layar ponsel secara rutin untuk menghindari hal tersebut ya, Moms. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)