Type Keyword(s) to Search

Seru! Kenalkan Pahlawan Nasional pada Anak dengan Mainan 3D

Seru! Kenalkan Pahlawan Nasional pada Anak dengan Mainan 3D

Moms, berapa banyak nama pahlawan nasional Indonesia yang Anda tahu? Selain tokoh kenamaan seperti Ir. Soekarno dan Moh. Hatta, tentu masih ada banyak nama pahlawan yang Anda dan Si Kecil perlu tahu sebagai warga negara Indonesia.

Mengenalkan nama-nama pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bisa menjadi cara Anda untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Kecintaan Si Kecil pada tanah air pun akan membuatnya bangga kepada negerinya sendiri.

Agar lebih menyenangkan untuk Si Kecil, McDonald's meluncurkan paket Family Weekend edisi spesial pada 10 November lalu. Paket ini terdiri dari makanan dan minuman yang dilengkapi dengan mainan berupa boneka kertas 3D dengan tampilan sosok pahlawan nasional.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang peduli tentang pentingnya sejarah, kami ingin mengambil peran aktif dalam membantu mengenalkan para pahlawan Indonesia yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak yang dapat dilakukan bersama keluarga, karena kami meyakini bahwa dengan menghargai jasa para pahlawan, kita akan menjadi bangsa yang besar,” ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia (10/11).

Dok: McDonalds' Indonesia
Dok: McDonalds' Indonesia

Figur 3D kertas tersebut berbentuk 6 pahlawan nasional, di antaranya Bung Tomo, Jenderal Soedirman, Frans Kaisiepo, H.R. Rasuna Said, Dewi Sartika, dan H.O.S. Tjokroaminoto. Selain itu, terdapat juga kartu pengenalan tokoh pahlawan yang dilengkapi dengan QR code yang bisa dipindai dengan smartphone. Dengan begitu, Anda dan Si Kecil bisa mendapatkan akses untuk mendengarkan kisah kepahlawanan dari masing-masing tokoh pahlawan nasional tersebut.

Paket Family Weekend edisi Pahlawan Nasional ini tidak diluncurkan semua sekaligus, tetapi secara bertahap sejak 10 November hingga 8 Desember 2021. Pada seri ini, terdapat pula digital activity berupa kompetisi bercerita tentang tokoh pahlawan nasional yang menjadi inspirasi melalui hashtag #PahlawankuInspirasiku.

Sikap kepahlawanan yang perlu diteladani

Dok: Jcomp/Freepik
Dok: Jcomp/Freepik

Mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan nasional tidak hanya sekadar menghafalkan nama saja. Ada beberapa sikap kepahlawanan yang tentu bisa diteladani oleh anak-anak. Berdasarkan kisah para pejuang tersebut, nilai-nilai yang bisa Moms bagikan kepada Si Kecil antara lain:

1. Mengakui keberagaman

Setiap pahlawan yang berjuangan demi kemerdekaan RI memiliki latar belakang, suku, agama, dan berbagai perbedaan lainnya. Meski begitu, mereka tidak bermaksud ingin menjadi yang paling menonjol sendiri. Justru mereka bersatu dengan kekuatan masing-masing untuk memperjuangkan kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dan mengakui perbedaan ini bisa menjadi pembelajaran untuk Si Kecil agar ia dapat menghargai keberagaman dan toleransi saat bersosialisasi.

2. Belajar tentang keberanian

Makna kata berani bukan hanya tanpa rasa takut. Keberanian berarti mau membela kebenaran dengan menerima setiap risikonya. Jika anak dapat memiliki prinsip yang teguh, maka rasa takut yang ada dapat berubah menjadi semangat yang membuatnya untuk tidak mudah menyerah.

3. Memahami pentingnya persatuan

Para pahlawan terdahulu mampu menyamakan visi dan misi mereka demi Indonesia. Dan untuk memudahkan kerja sama, mereka pun menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional ketika bertemu. Dari hal ini, anak-anak pun bisa belajar tentang pentingnya persatuan dan saling mengerti dengan rekannya dalam memperjuangkan sesuatu secara bersama-sama.

4. Mengerti tentang ketulusan dan rela berkorban

Ketulusan para pahlawan untuk kepentingan nasional pun patut dijadikan panutan bagi kita bangsa Indonesia. Kerelaan mereka untuk berkorban waktu, tenaga, hingga kehidupan, bisa menjadi nilai yang bisa dicontoh oleh orang dewasa maupun anak-anak sejak dini. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: McDonald's Indonesia, Jcomp/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle