Type Keyword(s) to Search

8 Rekomendasi Dokumenter Kriminal yang Seru Banget Ditonton

8 Rekomendasi Dokumenter Kriminal yang Seru Banget Ditonton

Apa yang Moms lakukan untuk menghabiskan waktu luang? Menonton tayangan dokumenter memang bisa menjadi hal yang membosankan bagi beberapa orang. Tapi beda ceritanya dengan dokumenter kriminal, nih. Soalnya, enggak ada yang lebih seru dari mengikuti penelusuran investigasi dan upaya pemecahan kasus kejahatan nyata yang belum terselesaikan. Setuju?

Teruntuk Moms yang pecinta maupun yang baru mau memulai binge-watch, kali ini M&B telah merangkum 8 rekomendasi dokumenter kriminal yang enggak boleh dilewatkan. Let’s check them out!

1. American Murder: The Family Next Door (Netflix)


Dari luar, keluarga Chris Watts tampak seperti keluarga Amerika biasa yang bahagia. Namun imaji tersebut buyar ketika Shanann Watts dan kedua anaknya menghilang secara misterius. Di waktu berikutnya, Chris Watts mengaku telah membunuh keluarganya dan dipenjara seumur hidup. Film dokumenter kriminal ini mengulik misteri penyebab dan proses terjadinya kasus tersebut.

2. The Keepers (Netflix)

Dua mantan mahasiswa melakukan investigasi tentang meninggalnya seorang biarawati, Catherine Cesnik, di Baltimore pada tahun 1969. Investigasi ini bermula dari kasus pembunuhan yang misterius yang kemudian menjadi kasus yang lebih besar, yakni korupsi di gereja Katolik dan pemerintahan lokal.

3. Sour Grapes (Mola TV)

Film dokumenter ini mengangkat kisah Rudy Kurniawan, pria asal Indonesia yang menipu puluhan miliarder pecinta wine dari seluruh dunia. Pada tahun 2014, ia menjadi orang pertama di Amerika Serikat yang didakwa melakukan kejahatan penipuan wine.

4. Colonia Dignidad: Una Secta Alemana en Chile


Terdiri dari 6 episode, seri dokumenter ini menceritakan tentang koloni umat Kristen asal Jerman di Chili. Kisah bermula saat Paul Schäfer yang dituduh melakukan pelecehan remaja pindah ke Chili. Setelah membangun koloni dan rumah sakit gratis, ia kemudian mulai memiliki pengaruh dan kuasa terhadap pemerintahan Chili.

5. The Confession Killer (Netflix)


Henry Lee Lucas dihukum penjara seumur hidup setelah didakwa membunuh 11 orang. Namun, ada hal yang aneh. Saat proses pendakwaan, ia mengaku telah melakukan ratusan pembunuhan yang sebenarnya tidak ia lakukan. Oleh karena kerja samanya, pengadilan memberikan perlakuan spesial, hingga akhirnya ia tertangkap basah melakukan kejahatan.

6. The Sons of Sam: A Descent into Darkness (Netflix)

David Berkowitz, atau yang juga dikenal sebagai Son of Sam, adalah salah satu pembunuh berantai paling terkenal di sejarah New York. Namun, serial dokumenter ini mengisahkan investigasi Maurry Terry, yang mengklaim bahwa pembunuhan ini merupakan bagian dari kultus satanis yang tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat. Ia percaya bahwa David Berkowitz tidak bekerja sendirian.

7. Bikram: Yogi, Guru, Predator (Netflix)

Film dokumenter ini mengisahkan tentang Bikram Choudhury, sang pendiri yoga panas (hot yoga), saat ia membangun kerajaan yoga global. Di sepanjang perjalanannya, terkuak fakta-fakta menggelisahkan yang membahayakan para pengikutnya.

8. Wild Wild Country (Netflix)

Kisah perjalanan kultus di Amerika Serikat memang tidak ada habisnya. Di seri dokumenter ini, Rajneeshpuram menjadi pusat penceritaan. Bhagwan Shree Rajneesh memindahkan kultusnya dari India ke Oregon pada tahun 1981. Bermula sebagai kota yang utopis, kultus ini kemudian menjadi penuh kekacauan. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik, Netflix)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle