Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pentingnya Penggunaan Car Seat saat Membawa Anak Berkendara

Pentingnya Penggunaan Car Seat saat Membawa Anak Berkendara

Kenyamanan dan keamanan Si Kecil merupakan salah satu fokus utama yang selalu kita perhatikan, tak terkecuali saat berkendara. Untuk mewujudkannya, pemakaian car seat pada anak penting dilakukan saat Anda membawa Si Kecil melakukan perjalanan.

Sayangnya, di Indonesia car seat belum menjadi prioritas orang tua untuk dimiliki dan digunakan selama berkendara. Tak sedikit orang tua mungkin berpikir bahwa memangku anak lebih aman daripada menggunakan car seat.

Rifat Sungkar, pembalap Indonesia dan salah satu duta keselamatan berkendara, menepis anggapan tersebut. Menurut ayah dari dua orang anak ini, car seat merupakan suatu kebutuhan jika kita memiliki anak, bukan sekadar menjadi pajangan yang ditaruh di dalam mobil saja.

“Saya sangat tidak setuju dengan anggapan ini. Kita suka tidak sadar bahwa di sebuah kecelakaan lalu lintas, orang selalu pikir seat belt depan itu penting dan segala fitur lainnya, cuma sebagai penumpang di belakang kita tidak punya pegangan apa-apa, nih. Jadi car seat itu menjadi suatu kebutuhan jika kita punya anak-anak,” tegasnya dalam acara virtual yang diselenggarakan Mothercare, (24/122/2021).

Di acara yang sama, dr. Bagus Pramantha Putra Wijaya, B.MedSc, SpOT, dokter ortopedi dan traumatologi, mengungkapkan bahwa kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada anak usia 4-14 tahun, dan menggunakan car seat bisa menurunkan risiko kematian sebanyak 71%.

Jenis-jenis car seat

Dalam memilih car seat, dr. Bagus mengingatkan bahwa orang tua perlu menyesuaikannya dengan usia anak. Berikut ini beberapa jenis car seat yang Moms dan Dads perlu ketahui sesuai usia Si Kecil:

1. Rear facing car seat

Jenis car seat ini dapat digunakan sejak anak lahir hingga 2-4 tahun. Pastikan pengaman terpasang dan posisi kepala anak tidak lebih tinggi daripada car seat.

2. Forward facing car seat

Saat Si Kecil sudah lebih besar, jenis car seat ini dapat digunakan hingga minimal anak berusia 5 tahun. Pastikan strap berada di atas bahu anak dan tidak memiliki celah dengan tubuh.

3. Booster seat

Jenis car seat satu ini digunakan ketika facing car seat sudah tidak memungkinkan hingga ia dapat mengunakan seat belt pada umumnya.

Mothercare luncurkan car seat berkualitas tinggi

Bagi Moms dan Dads yang masih bingung mencari car seat yang pas untuk Si Kecil, Mothercare memberikan solusinya untuk Anda, dengan menghadirkan POLED, sebuah produk car seat terbaru dari Korea Selatan yang telah mendapatkan banyak penghargaan terkait dengan keselamatan anak.

Saat ini produk POLED yang tersedia di Indonesia adalah All Aged 360 - car seat dan Airluv - cooling pad. Keunggulan produk ini di antaranya:

1. All Aged 360 - car seat

Car seat ini dapat digunakan oleh anak mulai dari baru lahir hingga usia 12 tahun atau setara dengan 36 kg. Dirancang untuk keamanan yang mendasar untuk segala usia, dilengkapi dengan sabuk pengunci yang merupakan sistem keamanan paling mendasar untuk car seat yang harus diketahui orang tua, dan pusat gravitasi rendah yang dirancang untuk memberikan keamanan yang tak tergoyahkan.

Car seat ini juga akan mempermudah orang tua dengan mekanisme rotasi 360 derajat dan dapat ditidurkan hingga 160 derajat untuk digunakan bayi baru lahir. ISOFIX pada All Age 360 merupakan ‘One click ISOFIX’ di mana dapat diatur dengan mudah dan aman serta bersertifikat standar keamanan.

2. Airluv - cooling pad

Ini merupakan lapisan pendingan pertama di dunia dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) dan filter antidebu mikro untuk kesehatan napas bayi. Airluv - cooling pad juga kompatibel dengan stroller, car seat, dan bouncer apa pun. Produk ini juga dibuat dari bahan ramah lingkungan sehingga aman untuk anak yang menderita ruam, atopi, dan eksim. Desain 3D-nya ergonomis dan dapat menyesuaikan bentuk tubuh anak.

Nah, gimana Moms dan Dads, tertarik dengan car seat dari POLED? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Jcomp/Freepik, Mothercare)