Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur

Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur

Bayi dikategorikan lahir prematur saat usia kandungan sang ibu belum mencapai 37 minggu. Salah satu masalah yang biasanya dialami bayi prematur adalah berat badan lahir rendah (BBLR).

Untuk mendongkrak kenaikan berat badan pada bayi prematur, Moms bisa memberikan susu formula khusus dengan pengawasan atau konsultasi dokter. Berikut adalah deretan susu formula yang bisa membantu menaikkan berat badan bayi yang terlahir prematur.

1. Enfamil A+ Premature

Enfamil memiliki beberapa varian susu formula untuk bayi yang lahir prematur, salah satunya adalah Enfamil A+ Premature. Susu yang ditujukan untuk bayi berusia 0-6 bulan ini memiliki kadar nutrisi yang tinggi guna membantu meningkatkan pertumbuhan sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh. Produk ini mengandung tinggi protein, vitamin D, kalori 30 kkal, serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah.

Beli di Tokopedia

2. Nutricia Infatrini

Nutricia Infatrini merupakan susu formula untuk bayi keperluan medis khusus dengan gangguan pertumbuhan. Susu ini ditujukan untuk bayi berusia 0-12 bulan. Nutricia Infantrini memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibandingkan standar susu formula bayi pada umumnya, yaitu 100 kkal/100 ml.

Selain untuk bayi prematur dengan berat badan lahir rendah, produk ini juga diklaim ideal digunakan untuk bayi yang mengalami masalah jantung. Namun penggunaannya tetap harus melalui pengawasan dokter ya, Moms.

Beli di K24

3. Lactogen Premature & LBW

Lactogen Premature & LBW merupakan susu untuk keperluan medis khusus yang ditujukan untuk bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah. Susu ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu 81 kalori setiap 100 ml atau 24 kkal sehingga dapat mempercepat pertumbuhan berat badannya.

Beli di Tokopedia 

4. Nutribaby Royal Premature

Nutribaby Royal Premature juga bisa dikonsumsi bayi prematur dengan berat badan lahir rendah. Selain tinggi protein dan kalori, susu ini juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral lainnya. Produk ini ditujukan untuk bayi berusia 0-12 bulan.

Beli di Shopee

5. SGM Presinutri BBLR

Bayi prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah membutuhkan asupan ekstra protein, kalsium, fosfor, kalori, dan nutrisi lain untuk mengejar pertumbuhannya. Sebagai pendamping ASI, Moms juga bisa memberikan SGM BBLR Presinutri kepada Si Kecil.

Susu ini telah diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi prematur, menambah berat badannya, mengoptimalkan fungsi otak, membantu sistem saraf dan retina bayi, tetapi tidak memberatkan sistem pencernaan Si Kecil. Penting diingat, susu bayi ini hanya bisa diberikan atas petunjuk dokter atau tenaga medis lainnya.

Beli di Tokopedia

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Shopee, K24)