Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Yuk, Eksplorasi Rasa dan Tekstur MPASI Anak 1 Tahun ke Atas dengan Pasta!

Moms, Yuk, Eksplorasi Rasa dan Tekstur MPASI Anak 1 Tahun ke Atas dengan Pasta!

Memberikan MPASI dengan variasi rasa dan tekstur sangatlah penting untuk Si Kecil, terutama jika ia sudah menginjak usia 1 tahun. Pasalnya, variasi rasa dan tekstur mampu mendukung kebiasaan makan anak yang sehat dan seimbang, bahkan dalam jangka panjang.

Menurut panduan pemberian MPASI dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), anak usia 1 tahun perlu mengonsumsi makanan keluarga yang bervariasi dengan tekstur yang dihaluskan atau dicincang seperlunya.

Sayangnya, mengenalkan jenis makanan baru dapat menjadi tantangan tersendiri ya, Moms. Kalau Si Kecil sudah pilah-pilih makanan, rasanya bisa jadi pusing tujuh keliling. Pasalnya, kecukupan gizi dan kesehatan Si Kecil dapat menjadi taruhannya. Tenang, Moms bisa contek strategi makan yang sehat dari IDAI seperti berikut:

1. Jangan menyerah untuk memperkenalkan jenis makanan baru. Moms bisa saja perlu menawarkan 10-15 kali jenis makanan baru sebelum Si Kecil mau memakannya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, Moms perlu memberikan jeda waktu 3 - 5 hari setiap mengenalkan makanan baru untuk mendeteksi bila adanya reaksi alergi. Triknya, Moms bisa berikan contoh dengan memakan makanan baru terlebih dahulu.

2. Matikan televisi, komputer, dan gawai, saat jam makan berlangsung agar si Kecil fokus pada makanannya.

3. Batasi pemberian jus buah, terutama sebelum waktu makan utama, karena jus buah biasanya mengandung gula dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, jus dari buah yang manis juga bisa membuat anak merasa kenyang sehingga tidak berselera saat jam makan tiba.

4. Tawarkan makanan selingan sehat di antara waktu makan jika anak terlihat lapar.

5. Berikan berbagai variasi pilihan rasa dan jenis makanan sehat untuk anak.

6. Waktu makan bukanlah hanya tentang makanan. Buat suasana yang menyenangkan dan kondusif dengan berinteraksi dan berkomunikasi.

7. Jangan paksa anak untuk makan, karena bisa mendorong Si Kecil untuk menolak makan dan susah menghabiskan makanan.

Pasta untuk eksplorasi rasa dan tekstur MPASI

Salah satu cara yang bisa Moms coba untuk mendorong eksplorasi rasa dan tekstur Si Kecil adalah dengan Promina Pasta Mac & Cheese! Promina Pasta Mac & Cheese adalah pasta pertama yang dibuat khusus untuk Si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas. Jadi, mulai dari tekstur, rasa, dan gizinya, Promina Pasta Mac & Cheese sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan Si Kecil, Moms.

Promina Pasta Mac & Cheese mengandung keju asli dan ekstrak bahan asli, serta diformulasikan tanpa MSG dan pengawet, lho. Jadi, selain rasanya yang lezat, Promina Pasta Mac & Cheese juga sudah pasti aman dikonsumsi oleh Si Kecil.

Selain itu, Promina Pasta Mac & Cheese juga dilengkapi dengan kandungan omega 3 & 6, vitamin A, C, E, kalsium, zat besi, dan zinc yang berguna untuk membantu menjaga imunitas Si Kecil. Proses pengolahannya pun tidak rumit dan gampang dikreasikan. Moms hanya perlu menyiapkannya dalam waktu 10 menit saja. Pastinya, Si Kecil suka deh, Moms!

Kreasi pasta dengan Promina Pasta Mac & Cheese 

Mengkreasikan pasta sebagai MPASI Si Kecil mungkin terdengar repot. Tapi dengan Promina Pasta Mac & Cheese, Moms bisa membuat berbagai variasi MPASI berbahan dasar pasta dengan mudah.

Jika ingin memberikan Promina Pasta Mac & Cheese tanpa modifikasi resep, Moms bisa ikuti tahapan pembuatannya seperti berikut:

Pasta:

1. Rebus 1 sachet (25 gr) pasta dengan air mendidih 250ml.

2. Masak selama 10 menit, aduk sesekali.

3. Tiriskan dan tuangkan pasta ke dalam mangkok.

Bumbu Mac & Cheese:

1. Tuangkan 1 sachet (10 gr) Bumbu Mac & Cheese ke dalam mangkuk.

2. Tambahkan 40 ml air masak hangat, aduk hingga rata.

3. Tuangkan bumbu Mac & Cheese ke atas pasta.

4. Pasta Mac & Cheese siap dihidangkan hangat.

Mudah, kan? Oleh karena itu, Moms pasti mudah untuk mengkreasikan dan mengolah Promina Pasta Mac & Cheese sebagai sajian lain yang berbeda. Sebagai contoh, Moms bisa buat Pasta Red Bean Soup. Penasaran? Yuk, simak resepnya berikut!

Bahan:

1 bungkus Promina Mac 'n Cheese

300 ml air kaldu sapi

50 gr kacang merah, rebus hingga empuk

1 sdm seledri

1 sdm daun bawang

40 gr daging cincang

1 sdm minyak

1 siung bawang putih

1 siung bawang merah

Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak

2. Tambahkan daging cincang, lalu aduk

3. Masukkan air kaldu, makaroni, dan kacang merah

4. Masak hingga makaroni matang, tambahkan bubuk keju, daun bawang, daun seledri, garam dan merica

5. Pasta Red Bean Soup siap disajikan.

Easy peasy! Untuk tahu cara pembuatannya secara lengkap, Moms bisa simak video resep Pasta Red Bean Soup di sini. Selain resep di atas, Moms juga bisa kreasikan Promina Pasta Mac & Cheese menjadi berbagai makanan lain yang lezat dan bergizi untuk Si Kecil. Kunjungi channel YouTube Promina untuk melihat berbagai resep Promina Pasta Mac & Cheese untuk Si Kecil!

Yuk, dorong eksplorasi rasa dan tekstur MPASI Si Kecil dengan Promina Pasta Mac & Cheese! Dapatkan Promina Pasta Mac &  Cheese di e-commerce, minimarket, atau supermarket kesayangan Anda. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: sunnysmilestock/123RF, Promina)