Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Demi Menghindari Konflik, Jangan Katakan Ini pada Ibu Mertua Anda!

Demi Menghindari Konflik, Jangan Katakan Ini pada Ibu Mertua Anda!

Moms, memiliki hubungan yang harmonis dengan ibu mertua merupakan harapan kita semua, ya! Pasalnya, selama ini ibu mertua sering digambarkan sebagai sosok yang ditakuti dan sulit untuk didekati. Nah, ketika Anda memiliki ibu mertua yang baik dan penuh pengertian, tentunya hal ini perlu disyukuri.

Baca juga: 10 Cara untuk Bisa Menjadi Menantu Kesayangan Mertua Anda

Bila Anda ingin memiliki hubungan yang harmonis dengan ibu mertua, tentunya harus ada usaha yang Anda lakukan, salah satunya mungkin dengan tidak mengatakan beberapa hal berikut yang bisa jadi nantinya justru akan menyulut konflik di antara Anda berdua. Penasaran apa itu? Simak selengkapnya, Moms!

1. “Aku enggak minta pendapat ibu, kok.”

Pada dasarnya, setiap orang suka memberikan saran atau opini secara cuma-cuma. Karenanya, tak usah heran bila ibu mertua kita juga suka memberikan saran dan opininya tentang suatu hal yang mungkin berkaitan dengan rumah tangga Anda secara spontan. Lagi pula ibu mertua Anda mungkin memiliki sudut pandang lain yang bisa Anda pertimbangkan saat menghadapi sesuatu. Betapa pun Anda tidak menyukainya, jangan sampai Anda mengatakan hal ini ya, Moms!

2. “Harusnya sih, ibu udah ajarin dia (suami Anda) soal ini.”

Pasangan Anda adalah seorang individu dewasa yang sudah seharusnya belajar banyak hal tanpa bimbingan orang tua. Karena itulah, Anda tidak dapat mengharapkan ibu mertua Anda bertanggung jawab atas segalanya yang terjadi pada pasangan Anda. Maka, ketika Moms memiliki masalah dengan Dads, selesaikanlah masalah itu berdua, dan jangan membawa ibu mertua Anda ke dalam masalah tersebut.

3. “Dari siapa sih, dia (suami Anda) mewarisi perilakunya itu?”

Di samping merupakan pernyataan yang kasar, kalimat tersebut seperti mengartikan bahwa Anda menganggap diri Anda sempurna. Ketika Anda tahu bahwa pasangan Anda mewarisi kebiasaan tertentu yang berasal dari orang tuanya, sebaiknya simpanlah pemikiran tersebut dalam diri Anda daripada mengatakan kalimat tersebut yang tentunya bisa menyakiti ibu mertua Anda sebagai orangtua pasangan Anda.

4. “Ibu bisa datang kapan saja ke rumah kita, kok.”

Pernyataan ini demi kebaikan Anda dan rumah tangga Anda. Sekalipun ibu mertua Anda sangat baik, jangan katakan hal tersebut. Karena jika ia mulai sering datang ke tempat tinggal Anda, pada akhirnya Anda lama-lama akan mulai merasa kesal. Jadi, berikan sedikit ruang demi menjaga hubungan baik Anda dengan ibu mertua.

5. “Makanan buatan ibu berminyak dan berlemak banget, nih.”

Ketika ibu mertua Anda menyediakan makanan yang berminyak atau berlemak, sebaiknya Moms tak perlu mengkritik masakannya. Hargailah apa yang ia sajikan karena ia pasti memasaknya dengan cinta dan bermaksud membantu Anda dengan menyajikan makanan untuk Anda dan pasangan. Jika Anda memang tak bisa memakannya, masaklah makanan Anda sendiri.

6. “Bu, bajunya kayaknya kurang oke, deh.”

Alih-alih bersikap kasar dengan pernyataan tersebut, lebih baik Moms mengatakan, "Ibu akan kelihatan lebih cantik kalau pakai baju yang ini. Mau coba dan lihat enggak gimana tampilannya di ibu?" Berusahalah untuk tidak mengatakan apa pun yang bertujuan untuk mengkritik penampilannya secara langsung. Jika menurut Anda ibu mertua juga membutuhkan riasan, bawa saja perlengkapan rias Anda dan tanyakan padanya bagian mana yang bisa Anda bantu rias.

So, Moms, usahakan untuk tidak mengatakan hal-hal di atas pada ibu mertua Anda, ya. Semua ini pada akhirnya demi kedamaian Anda juga, kok! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Pressfoto/Freepik)