Type Keyword(s) to Search

Rekomendasi Card Game untuk Dimainkan Bersama Keluarga saat Libur Awal Tahun

Rekomendasi Card Game untuk Dimainkan Bersama Keluarga saat Libur Awal Tahun

Selamat tahun baru 2022, Moms dan Dads! Libur awal tahun, bingung mau melakukan kegiatan seru apa dengan keluarga? Bermain card game bisa jadi pilihan menarik, lho. Terlebih, sekarang sudah banyak pilihan card game yang mudah dimainkan untuk anak usia sekolah.

Card game atau permainan kartu bukan sembarang permainan, karena permainan ini juga bermanfaat untuk menstimulasi dan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Beberapa contoh manfaat card game untuk anak adalah mengasah kecerdasan memecahkan masalah (problem solving), melatih kemampuan mengikuti aturan, kreativitas, bekerja sama dalam tim, kejujuran, dan juga mengenal konsep menerima kekalahan serta tidak sombong jika menang.

Enggak sabar mau memilih card game untuk dimainkan bersama keluarga di libur awal tahun ini? Yuk, simak rekomendasi M&B berikut ini!

1. Uno Flip

Sederhana, mudah dimainkan, namun tetap menantang! Card game yang bisa dimainkan oleh anak 8 tahun ke atas ini memiliki 112 kartu dengan 2 sisi yang berbeda. Moms dan Si Kecil cukup mengikuti angka atau warna kartu yang ada di deck hingga habis, tapi jika lawan ada yang memiliki kartu ‘sakti’ maka permainan pun bisa berubah lagi, lagi, dan lagi. Endless fun in one game!

Kisaran harga: Rp50.000

Beli di Shopee

2. Ramen Fury

Permainan dengan kemasan mirip ramen instan ini memang mengajak anak untuk “memasak ramen” dalam bentuk kartu. Ramen Fury berisi 104 kartu yang bisa dimainkan 2-5 pemain usia 8 tahun ke atas. Cara bermainnya sederhana, pemain akan dibagikan 3 kartu bergambar mangkuk kosong, kemudian pemain harus melengkapi mangkuk dengan berbagai isian ramen yang diambil dari deck. Jika satu mangkuk sudah lengkap, maka pemain bisa membalik kartu dan menampilkan gambar mangkuk dan sumpit yang sudah habis dimakan. Ingat, nilai tiap kartu berbeda-beda, lho. Siapa yang paling cepat menyiapkan ramen lengkap dan mengumpulkan nilai tertinggi, dialah pemenangnya.

Kisaran harga: Rp160.000

Beli di Blibli

3. Spot It

Dalam satu set Spot It terdapat 55 kartu berbentuk bulat yang masing-masing memiliki 8 gambar. Setiap pemain akan dibagikan 5 kartu, kemudian 1 kartu pembuka diletakkan di tengah. Pemain harus mencocokkan salah satu gambar di kartunya dengan salah satu gambar di kartu pembuka. Siapa yang paling cepat menyebutkan gambar yang sama, maka bisa meletakkan 1 kartunya di tengah, dan begitu seterus hingga kartu di tangan pemain habis. Siapa yang kartunya paling cepat habis, dialah pemenangnya. Spot It bisa dimainkan untuk anak usia 7 tahun ke atas ya, Moms.

Kisaran harga: Rp170.000

Beli di Tokopedia

4. Monopoly Deal

Jika bermain monopoly versi board game sudah biasa, Moms bisa mengajak Si Kecil bermain card game Monopoly Deal. Aturan bermainnya cukup mirip dengan yang versi board game, hanya saja di sini permainannya lebih sederhana. Siapa yang lebih dulu berhasil mengumpulkan 3 set kartu properti, dia yang jadi pemenangnya. Card game persembahan Hasbro untuk anak 8 tahun ke atas ini hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit untuk menyelesaikan 1 sesi permainan.

Kisaran harga: Rp50.000

Beli di Tokopedia

5. Kata Emak

Siapa yang suka salah kalau membelikan belanjaan untuk ibu? Jika Anda salah satunya, latihan belanja tepat dengan Kata Emak saja! Kata Emak adalah permainan kartu yang menguji konsentrasi dalam kecepatan dan ketepatan berbelanja. Setiap pemain diminta Emak untuk berbelanja ke warung. Pemain yang paling cepat dan tepat mengumpulkan semua belanjaan dialah pemenangnya. Permainan ini untuk dimainkan oleh 2-6 pemain usia 9 tahun ke atas, ya.

Kisaran harga: Rp150.000

Beli di Tokopedia

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik, Hasbro, Kata Emak, Ramen Fury)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle