Type Keyword(s) to Search

42 Juta Menu Ayam! Ini Dia Menu Favorit Layanan Pesan Antar Tahun 2021!

42 Juta Menu Ayam! Ini Dia Menu Favorit Layanan Pesan Antar Tahun 2021!

Berkat kemajuan teknologi, semua urusan saat ini pun jadi lebih mudah. Termasuk soal memesan makanan ya, Moms. Tinggal duduk manis dan order lewat aplikasi di ponsel, tak berapa lama pesanan makanan favorit Moms pun tiba di rumah. 

Tren layanan pesan antar makanan ini pun makin ramai dua tahun belakangan ini. Saat kita tak bisa bersantap di restoran, “jalan ninja” yang paling mudah untuk menikmati hidangan favorit adalah dengan cara memesannya kan, Moms? Bahkan, menurut laporan perusahaan konsultan Momentum Works berjudul Food Delivery Platforms in Southeast Asia, di tahun 2020, Indonesia menjadi pasar layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara, mencapai angka US$3,7 miliar atau setara Rp51,8 triliun. Wah!

Penasaran enggak sih, apa saja ya, menu-menu yang paling banyak dipesan sepanjang tahun ini, dan rekomendasi restoran penyedia menu-menu tersebut? Berdasarkan laporan tren F&B Indonesia 2020/2021 yang dikeluarkan oleh Grab dan sumber lainnya, ini dia nih, menu-menu favorit tersebut!

1. Menu ayam

Menu ayam tetap menjadi favorit. Memang sih, ayam termasuk lauk yang sangat mudah didapat, aman, dan biasanya selalu enak diolah menjadi apa pun ya, Moms. Berdasarkan survei, orang Indonesia memesan lebih dari 42 juta hidangan berbahan dasar ayam, terutama untuk menu makan siang. Jenis menunya tentu beragam, seperti nasi ayam geprek, ayam bakar, atau pun ayam goreng. 

Rekomendasi M&B: Nasi Ayam Ambyar, Ayam Goreng Pangjay, Ayam Penyet Sambal Selera

2. Menu vegetarian

Seiring dengan berjalannya masa pandemi, masyarakat pun jadi lebih peduli dengan pola hidup sehat, termasuk memperhatikan soal makanan yang dikonsumsi. Makanan vegetarian, vegan, atau plant-based yang sebelumnya tidak begitu populer di Indonesia, jadi sedikit berbeda ya Moms, selama pandemi berlangsung. Makanan vegetarian jadi tak sulit lagi ditemukan, olahannya makin beragam, rasanya pun tak kalah dengan makanan non-vegetarian!

Rekomendasi M&B: Tiasa Plant-based Canteen, Burgreens, Serasa Salad Bar

3. Mentai

Hidangan dengan saus ala menu makanan Japanese fusion ini mulai populer sejak pertengahan tahun lalu. Di tahun 2021, makin banyak bermunculan para pengusaha kuliner yang kreatif memadukan saus mentai dengan aneka hidangan, mulai dari topping untuk dimsum, rice bowl, shirataki untuk pilihan yang lebih sehat, sampai cake! Enggak heran sih, saus mentai ini begitu populer, cita rasanya unik, sih!

Rekomendasi M&B: By Anind, Mentai by Rassa, Aburi Kitchen

4. Kopi susu

Nah, yang satu ini memang enggak ada matinya ya, Moms! Bahkan, menurut survei, tiap 10 detik, ada 1 kopi susu yang masuk dalam pesanan, lho! Rasanya yang pahit, manis, dan creamy memang sederhana, tapi selalu bikin ngangenin ya, Moms. Pasti minuman kopi ini juga menjadi salah satu favorit Anda, kan?

Rekomendasi M&B: Di Bawah Tangga, Toko Kopi Tuku, Kedai Kopi Sagaleh

5. Makanan Korea

Anyeong! Tak hanya film, musik, fashion, dan kecantikan, tren makanan dari negeri ginseng ini juga ikut menjamur di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Mulai dari makanan “berat” seperti bibimbap atau jajangmyeon, sampai camilan street food seperti tteokbokki atau corn dog, ikut populer di Indonesia. Restoran Korea otentik hingga restoran lokal yang terinspirasi dengan makanan Korea juga makin menjamur.

Rekomendasi M&B: 88 Korean Kitchen, Mu Gung Hwa, Corndog Legend

6. Croffle 

Kudapan yang merupakan hasil “perkawinan” antara croissant dan waffle ini lebih dahulu populer di Korea (lagi-lagi Korea!), dan kini sudah menjalar di Indonesia juga. Renyah namun lembut dan buttery di dalam. Croffle bisa disajikan polos maupun dengan kombinasi topping, baik yang manis atau pun asin. Croffle ini bisa jadi teman ngopi atau ngeteh yang nikmat banget!

Rekomendasi M&B: Dear Butter, Sweet Savory Butter, Tokyo Gorilla

7. Dessert box

Kadang, suka pengen makan cake tapi malas untuk membeli satu loyang penuh, kan. Nah, dessert box bisa jadi solusinya! Cake dalam kemasan ini hadir dalam berbagai varian dan kemasan yang unik. Bentuknya juga cantik dan bikin kita tak hanya membelinya untuk kepuasan lidah semata, tapi juga untuk konten sosial media. 

Rekomendasi M&B: Bittersweet by Najla, Chill’ N Box, Mini Calobake

(M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle