Type Keyword(s) to Search

Makan Tauge Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Makan Tauge Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Beberapa makanan tertentu diketahui mengandung nutrisi baik yang dapat meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan, salah satunya adalah kecambah yang juga populer dengan nama tauge.

Bahan makanan ini sering kali dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil agar bisa cepat hamil. Lantas, benarkah tauge bisa bikin cepat hamil? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini yuk, Moms!

Manfaat tauge untuk kesuburan

Tauge merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dikonsumsi, karena selain rasanya yang lezat, juga mengandung banyak nutrisi baik. Dikutip dari Organic Facts, tauge mengandung protein tinggi, vitamin C, vitamin B6, zat besi, riboflavin, magnesium, kalsium, zinc, fosfor, tiamin, kalium, niasin, dan asam pantotenat, serta vitamin E sebagai antioksidan.

Inilah yang membuat tauge memiliki sederet manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah dan mengobati hipertensi, meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, hingga mengurangi risiko terkena degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Selain itu, tauge juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Hal ini berkat kandungan vitamin E di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan motilitas sperma dan sel telur. Hal ini akan meningkatkan keberhasilan kehamilan. Vitamin E sebagai antioksidan dapat melindungi sperma dan sel telur dari radikal bebas yang bisa merusak kualitas sperma.

Lebih lanjut, vitamin E dalam tauge juga dapat membantu mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS) dan mencegah kelainan yang terjadi pada siklus menstruasi, yang dapat meningkatkan kesuburan dan keberhasilan kehamilan.

Menu olahan tauge

Anda dapat mengolah tauge menjadi masakan yang lezat dan bergizi. Namun sebelum itu, perlu diperhatikan saat akan membeli tauge, pilihlah tauge yang segar, berwarna putih cerah, tidak pucat, tidak layu, dan tidak berbau apek. Setelah dibeli, segera olah tauge menjadi masakan. Apabila masih ada sisa, simpan tauge di kulkas dalam wadah yang ditutup rapat maksimal selama 4-5 hari. Ini beberapa menu olahan tauge untuk Anda:

Tumis tauge dengan bawang putih goreng

Tumis tauge dengan bawang putih goreng adalah menu olahan tauge yang lezat, sederhana, murah, dan mudah dibuat. Berikut ini cara membuatnya:

1. Panaskan minyak di atas api sedang. Cincang bawang putih dan tumis sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat dan sisihkan.

2. Tuang kecap, gula, air, dan lada putih ke dalam panci. Masak di atas api kecil sampai gula larut, lalu sisihkan kuah.

3. Masih menggunakan panci yang sama, rebus air untuk merebus tauge selama sekitar 1 menit. Angkat, tiriskan, dan tuangkan saus ke atasnya.

4. Tambahkan bawang putih goreng di atasnya dan tumis tauge siap untuk dinikmati.

Tumis tauge dengan tahu

Sama seperti menu olahan tauge sebelumnya, tauge dengan tahu juga memiliki rasa yang tidak kalah lezat, murah, dan mudah dimasak. Berikut ini cara membuatnya:

1. Bersihkan tauge, hilangkan akarnya jika Anda mau, tiriskan dan sisihkan.

2. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak untuk menggoreng tahu hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan sisihkan.

3. Menggunakan wajah yang sama, tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan kembali tahu ke dalam wajan lalu tambahkan tauge. Tambahkan kecap, daun bawang, dan masak sebentar. Angkat dan sajikan segera.

Sup tauge ala Korea

Bagi Moms pecinta drama Korea, Anda tentu sudah tidak asing dengan sup tauge atau kongnamul guk yang lezat, hangat, dan menyegarkan. Berikut ini cara membuatnya:

1. Dalam panci ukuran sedang, didihkan 6 gelas air bersama ikan teri dan bawang putih selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, keluarkan ikan teri dan bawang putih dari air kaldu.

2. Cuci tauge hingga bersih.

3. Masukkan tauge yang sudah dicuci bersih ke dalam air kaldu.

4. Tambahkan 1 sendok teh garam dan sedikit merica.

5. Masak selama 4-5 menit dengan api sedang. Tutup panci selama memasak tauge, atau aroma tauge mentah akan tetap tercium bahkan setelah dimasak.

6. Setelah masak, tambahkan daun bawang dan sajikan.

Itulah beberapa menu olahan tauge yang murah dan mudah dibuat di rumah. Perlu diketahui ya Moms, apabila ingin memasak tauge, hindari mengonsumsinya dalam kondisi mentah. Pasalnya, tauge mentah mengandung beberapa jenis bakteri, seperti Salmonella, Listeria, dan E. coli, yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit dan risiko kesehatan, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program kehamilan atau sedang hamil trimester pertama.

Khusus bagi ibu hamil, terutama di trimester pertama, bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan efek berbahaya, termasuk menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan infeksi pada janin. Oleh karena itu, pastikan Anda memasak tauge sampai matang sempurna untuk menghindari efek buruk yang tidak diinginkan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Makafood/Pexels)


Read Next

More Frombump to birth