Type Keyword(s) to Search
BABY

Growth Spurt, Lonjakan Pertumbuhan pada Bayi, Ini Tanda-tandanya

Growth Spurt, Lonjakan Pertumbuhan pada Bayi, Ini Tanda-tandanya

Moms, apakah akhir-akhir ini Anda sering mendapati kalau bayi Anda menyusu lebih banyak, Si Kecil terlihat lebih aktif, pola tidurnya berubah, dan tak jarang ia pun jadi lebih rewel? Tak usah panik bila mengalami hal tersebut ya, Moms. Ini menandakan Si Kecil sedang memasuki fase growth spurt. Apa itu?

Growth spurt merupakan percepatan pertumbuhan yang dialami oleh bayi sehingga ia membutuhkan asupan susu atau makanan lebih banyak. Growth spurt terjadi pada bayi, tepatnya ketika Si Kecil berusia 2 minggu, 3 minggu, dan 6 minggu. Kemudian kondisi serupa bisa terulang kembali ketika Si Kecil berusia 3 bulan dan 6 bulan.

Baca juga: Bayi Berkebutuhan Tinggi, Kenali Cirinya dan Cara Menghadapinya

Di fase ini Moms akan perhatikan jika pertumbuhan bayi terasa lebih cepat. Selama masa growth spurt, bayi akan bertambah berat dan panjang badannya serta lingkar kepalanya bertambah besar lebih cepat daripada biasanya. Hal ini umumnya dialami pada masa 12 bulan pertama kehidupan Si Kecil.

Tanda-tanda bayi mengalami growth spurt

Selain berat dan panjang badan serta lingkar kepala yang bertambah besar ukurannya, ada juga tanda-tanda Si Kecil berada pada fase growth spurt yang bisa Anda perhatikan Moms, yakni:

1. Lapar

Bayi akan merasa terus-terusan lapar dan lebih sering menyusu. Jika biasanya Si Kecil menyusu sekitar 8 kali sehari, maka saat mengalami fase growth spurt ia bisa menyusu lebih sering hingga sekitar 12-14 kali sehari. Moms bisa menyusuinya lebih sering agar kebutuhan nutrisi Si Kecil terpenuhi dengan baik.

Bayi Anda bahkan bisa saja tidak akan melepas puting payudara Anda ketika menyusu agar ASI selalu dapat ia peroleh sewaktu-waktu. Tetapi, tidak perlu khawatir dengan air susu yang berkurang ya, Moms. Kenapa? karena payudara akan menyuplai ASI sebanyak yang dibutuhkan bayi Anda.

2. Rewel

Merasa Si Kecil sering rewel beberapa hari ini? Bisa jadi bayi Anda dalam masa growth spurt, Moms. Saat sedang berada di fase ini, Si Kecil biasanya memang akan lebih rewel dan aktif serta jadi manja dan ingin selalu menempel pada Anda.

Moms bisa coba untuk menggendong dan memberikan bayi Anda ASI agar ia jadi lebih tenang. Tidak hanya di siang hari, rewel juga bisa terjadi saat tengah malam saat ia merasa lapar dan ingin menyusu. Namun, tenang saja Moms, karena masa growth spurt ini tidak akan berlangsung lama, kok.

3. Pola tidur berubah

Beberapa hari sebelum dan selama fase growth spurt, Si Kecil mungkin akan tidur lebih lama daripada biasanya. Penelitian melaporkan bahwa selama fase ini, bayi dapat tidur hingga 4,5 jam lebih lama daripada waktu tidur biasanya. Ini adalah hal yang normal, karena Si Kecil butuh istirahat lebih banyak agar tubuhnya bisa memproduksi hormon pertumbuhan yang diperlukan.

“Ada perubahan fisiologis penting yang terjadi saat tidur,” kata Peter Nieman, seorang dokter spesialis anak dan asisten profesor klinis di sekolah kedokteran Universitas Calgary. Saat Anda harus menyusuinya, tidak perlu membangunkan Si Kecil. Cukup beri susu di sekitar mulutnya agar ia tidak merasa haus dan dapat tidur lebih lama.

Meskipun begitu, ada juga sebagian bayi yang mungkin jadi lebih jarang tidur saat mengalami growth spurt. Si Kecil mungkin bisa terjaga lebih lama di siang hari atau sering terbangun di malam hari. Tetapi, sekali lagi, Moms tidak perlu khawatir karena ini juga hal yang normal terjadi dan hanya berlangsung selama beberapa hari.

Yang perlu diperhatikan, selama bayi Anda berada di fase growth spurt, Moms mungkin akan sangat kelelahan karena harus lebih sering menyusui dan menenangkan Si Kecil. Untuk itu, Anda perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Penting juga untuk makan teratur serta minum banyak air putih untuk memperoleh cukup energi dan cairan.

Tenang saja, Moms. Umumnya growth spurt hanya berlangsung beberapa hari dan akan akan mereda dengan sendirinya, kok. Setelah fase ini usai, bayi Anda pun akan kembali tenang. (M&B/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)