Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Keren! H&M Ubah Sampah Plastik Jadi Pakaian Fashion Sehari-hari

Keren! H&M Ubah Sampah Plastik Jadi Pakaian Fashion Sehari-hari

Sampah plastik masih menjadi isu besar yang mengancam bumi! Tapi siapa sangka kalau sampah plastik ternyata bisa diubah menjadi pakaian anak yang keren dan nyaman lho, Moms. Inovasi ini diwujudkan oleh H&M yang kembali bekerja sama dengan Danone Aqua untuk proyek bottle2fashion. Ini adalah proyek yang mengubah sampah botol plastik dari seluruh pulau di Indonesia menjadi poliester daur ulang.

Bahan poliester daur ulang tersebut kemudian diubah menjadi pakaian anak-anak yang tak sekadar keren, tetapi juga nyaman dipakai. Koleksi pakaian anak dari poliester daur ulang ini memiliki desain print yang kekinian dan warna-warnanya energik banget.

Kali ini, bottle2fashion mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 7,5 juta botol PET, lebih dari dua kali lipat jumlah dari tahun lalu (3,5 juta) dan koleksi pakaian anak tahun ini dibuat dari 663.869 botol PET.

“Inovasi dan kolaborasi dari Danone-Aqua dengan H&M ini diharapkan bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi perusahaan yang lain. Upaya yang telah dilakukan oleh Danone-Aqua dengan H&M diharapkan dapat mendorong sektor swasta lain untuk gencar dalam menangani polusi plastik dan wujud nyata menuju ekonomi sirkular," ujar Dr. Ir. Nani Hendiarti, M.Sc., Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Penasaran dengan proyek bottle2fashion? Read on, Moms!

Komitmen #BijakBerplastik

“Kami menyukai bagaimana koleksi anak-anak ini memberikan kehidupan kedua bagi sampah plastik. Menggunakan poliester daur ulang dari proyek bottle2fashion berarti kami membantu membersihkan pulau-pulau di Indonesia dan menggunakan kembali sumber daya yang sudah kami miliki. Kami mengambil semangat inovatif itu dan menciptakan getaran berani yang dipimpin masa depan untuk karya-karya yang berbeda. Dan yang terpenting, kami dapat terus menyediakan fashion berkelanjutan bagi para pahlawan muda kami di seluruh dunia,” jelas Sofia Löfstedt, Head of Kidswear Design H&M.

Fun collection!

Koleksi pakaian anak bottle2fashion kali ini menghadirkan hoodie modern, celana panjang, jogging, t-shirt, atasan lengan panjang, dan kaus kaki. Koleksi pakaian anak ini ditujukan untuk anak usia 9 hingga 14 tahun dan mencakup detail yang terinspirasi olahraga, ombre, color block, marmer, dan juga tie-dye.

Lebih kerennya lagi, koleksi pakaian anak bottle2fashion ini juga memiliki print Star Wars yang pasti disukai anak. Untuk Si Kecil yang suka banget Mandalorian dan Master Yoda, siap-siap borong koleksi pakaian nyaman ini, ya. Desain pakaiannya juga cocok untuk anak laki-laki dan perempuan, Moms.

Palet warna pakaian bottle2fashion ini kekinian banget, yaitu lavender, kuning, hitam, abu-abu, dan hijau limau. Menurut H&M, koleksi ini memberikan nuansa energik namun harmonis. Di Indonesia, koleksi ini sudah tersedia sejak tanggal 13 Januari 2022 di ID.HM.COM dan di H&M store. Do good, look good! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. H&M Indonesia)