Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10+ Rahasia Skin Care ala Perempuan Korea untuk Kulit Wajah Glowing

10+ Rahasia Skin Care ala Perempuan Korea untuk Kulit Wajah Glowing

Perempuan Korea memang sudah terkenal dengan kulitnya yang putih, bersih, sehat, dan glowing tanpa cela. Semua itu tentunya tak lepas dari perawatan ekstra yang mereka lakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit mereka.

Ya, perempuan Korea memang dikenal sangat detail dan teliti dalam merawat tubuh mereka, dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tak harus dengan perawatan mahal dengan alat-alat canggih, mereka justru banyak menerapkan teknik tradisional dalam ritual skin care-nya, lho.

Nah, meskipun kulit kebanyakan perempuan Indonesia tak secerah perempuan Korea, bukan berarti kita tak bisa tampil dengan kulit sehat dan glowing ya, Moms. Yuk, kita coba trik merawat kulit ala perempuan Korea berikut ini, Moms! Jika dilakukan dengan sabar dan rutin, pasti impian untuk mendapatkan kulit glowing idaman bak Song Hye Kyo akan segera terwujud!

Baca juga: Rekomendasi Skincare Korea yang Aman untuk Daily Routine

1. Makeup (ekstra) minimalis

Lupakan dulu foundation, concealer, serta contouring ala selebriti Hollywood ya, Moms. Cukup loose powder, blush on cream, dan lip tint untuk tampil segar ala perempuan Korea. Jika ada noda-noda di wajah yang ingin ditutupi, Moms bisa mengganti loose powder dengan BB cushion tipis-tipis. Enggak hanya terlihat alami, riasan minimalis juga membantu kulit tetap sehat dan pori-pori tidak mudah tersumbat, lho.

2. Double cleansing

Ngaku deh, jangankan double cleansing, membersihkan wajah sebelum tidur saja kadang terlewat kan, Moms. Padahal, membersihkan wajah secara seksama, apalagi setelah memakai makeup, merupakan salah satu kunci agar selalu terlihat awet muda.

Perempuan-perempuan Korea lebih memilih menggunakan cleansing oil sebagai pembersih pertama untuk menghapus kotoran dan sisa makeup di wajah. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan sabun pembersih wajah. Jika Moms menggunakan makeup tebal, boleh juga menggunakan micellar water sebagai tahap terakhir (ketiga) untuk memastikan wajah benar-benar bersih.

3. Air hangat–air dingin

Setelah membersihkan wajah, perempuan Korea biasa melakukan teknik ini. Pertama, cuci wajah dengan air hangat, lalu basuh lagi dengan air dingin. Teknik ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di wajah, yang otomatis akan menyehatkan dan mencerahkan kulit. Pori-pori juga akan lebih bersih dan higienis.

4. Essence untuk perawatan malam hari

Banyak orang yang menganggap bahwa toner dan essence itu mirip, tapi tak begitu untuk perempuan Korea. Bagi mereka, essence dan toner berbeda fungsi, dan essence merupakan bagaian dari rutinitas perawatan wajib di malam hari. Essence sendiri akan membantu mempersiapkan kulit sebelum memasuki tahap skin care berikutnya, terlebih lagi jika Moms juga memakai serum dengan bahan aktif. Nah, salah satu essence yang populer di kalangan perempuan Korea adalah essence dengan kandungan vitamin C.

5. Eksfoliasi dengan handuk hangat

Moms tentu sudah tahu kalau eksfoliasi bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, melancarkan peredaran darah, serta melembapkan kulit. Tapi, tahukah Moms jika perempuan Korea lebih memilih untuk melakukannya dengan handuk?

Ya, meskipun sudah banyak produk exfoliating di pasaran, mereka justru sering kali menggunakan handuk lembut yang sudah direndam terlebih dahulu dengan air panas. Saat suhunya sudah mulai menghangat, mereka menggunakan handuk tersebut untuk memijat sekaligus mengeksfoliasi kulit wajah dengan gerakan melingkar bergerak ke atas.

6. Pijat wajah

Pijat wajah menjadi rutinitas perempuan Korea yang sudah dilakukan secara turun temurun untuk membantu mencegah terbentuknya kerutan-kerutan pada wajah. Perempuan Korea sudah melakukan ini secara teratur sejak usia akhir 20-an untuk mencegah penuaan dini. Biasanya, pijat wajah dilakukan setelah mengaplikasikan face oil dengan menggunakan jari-jari atau batu guasha.

7. Masker charcoal

Sudah bukan rahasia lagi kalau perempuan Korea sangat menggemari masker wajah dan menjadikannya sebagai ritual kecantikan wajib mereka. Namun tak sembarang masker, Moms! Biasanya mereka menggunakan masker dengan bahan dasar arang aktif karena manfaatnya yang beragam, antara lain untuk mendetoksifikasi dan mengeksfoliasi sel kulit mati.

8. Rutin pakai sheet mask

Tren menggunakan masker yang dikemas satuan dengan bahan serat alami seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa yang sudah dicampur dengan essence ini memang datang dari Korea.

Sheet mask sendiri bekerja secara efektif sebagai “jembatan” antara kulit dan essence yang terkandung di dalamnya, sehingga memudahkan kulit untuk menyerap manfaat dari essence tersebut.

Tak heran jika masker tipe ini sangat digemari. Selain praktis dan higienis, sheet mask juga memiliki beragam varian yang bisa Moms pilih sesuai kebutuhan. Nah, salah satu kandungan paling populer dalam sheet mask adalah snail essence atau lendir siput untuk menghidrasi kulit secara optimal.

9. Sleep mask

Lagi-lagi masker! Yes, perempuan Korea memang tak bisa lepas dengan masker, termasuk saat mereka tidur. Saat tidur di malam hari memang merupakan waktu terbaik untuk melembapkan dan memulihkan kulit, karena selama tidur, sel-sel kulit Moms akan bekerja paling keras untuk pemulihan sel.

Sleep mask yang kaya essence ini akan bekerja intensif untuk memperbaiki kulit agar saat Anda bangun, kulit akan tampil lebih sehat dan glowing. Selain sleeping mask untuk wajah, biasanya perempuan Korea juga akan menggunakan lip sleeping mask untuk membantu mencegah munculnya garis-garis penuaan pada bibir dan menjaga bibir tetap lembap.

Baca juga: Mengenal Sleeping Mask dan Manfaatnya untuk Wajah Anda

10. Teh barley

Meskipun tak awam bagi masyarakat Indonesia, teh dari barley (jali-jali) yang merupakan keluarga biji-bijian ini sudah sangat populer di negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan. Karena prosesnya dipanggang, teh ini rasanya sedikit pahit. Namun, Moms bisa menambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa. Teh barley ini kaya akan antioksidan dan bisa meningkatkan sirkulasi darah.

11. Senam wajah

Tak hanya tubuh, wajah pun perlu peregangan, ya. Cara perempuan Korea ini sangat mudah dan bisa kita tiru, Moms. Cukup dengan mengucapkan A-I-U-E-O sebanyak 3 kali dengan memaksimalkan gerak bibir. Meskipun terlihat agak konyol, cara ini terbukti mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mencerahkan warna kulit, lho.

12. Jamsu

Penasaran kenapa riasan perempuan Korea terlihat flawless dan nyaris tanpa pori? Rahasianya ada pada teknik “Jamsu”! Ini adalah teknik merendam wajah di dalam air dingin (sering kali dicampur dengan es batu) setelah mengaplikasikan foundation dan bedak. Air dingin dipercaya bisa menutup pori-pori dan membantu kulit mendapatkan rona sehat alami. Ssst, katanya teknik ini juga dilakukan oleh Song Hye Kyo, lho! (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Freepik)