Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Tips Sandra Dewi dalam Merawat Kesehatan Gigi Anak

7 Tips Sandra Dewi dalam Merawat Kesehatan Gigi Anak

Menjaga kesehatan gigi anak memang bisa dibilang cukup menantang ya, Moms. Perawatan ini tidak hanya harus dilakukan sejak dini dan dengan baik, tetapi juga harus konsisten! “Penting banget untuk merawat gigi anak sejak awal, bahkan sejak giginya belum tumbuh,” ujar drg. Eka Sabaty Shofiyah, Sp.KGA, Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak, saat webinar Momami Oral Care (24/03).

Menurut drg. Eka, data Riskesdas 2018 dari Kemenkes RI menyebutkan bahwa gigi berlubang terjadi pada 93% anak kurang dari 6 tahun di Indonesia lho, Moms. Bahkan 60% anak Indonesia memiliki lubang di lebih dari 6 gigi. Wah, fakta yang mencengangkan banget ya, Moms.

Menyadari hal ini, Sandra Dewi, aktris, momfluencer, sekaligus ibu 2 anak, punya beberapa tips jitu untuk merawat kesehatan gigi anak-anaknya. Seperti apa sih cara yang dilakukan Sandra Dewi? Let’s read on!

1. Rawat sejak dini

“Dari baru lahir, saya sudah rutin membersihkan mulut anak-anak saya. Walau belum ada gigi, saya bersihkan lidah dan gusinya. Saya bersihkan pakai kain kasa. Awalnya bayi mungkin terlihat kurang nyaman ya, tapi lama-lama mereka tahu kalau ini rutinitas yang selalu diterapkan,” ujar Sandra Dewi, the face of Momami.

2. Pasta gigi harus berfluoride

Sandra Dewi tahu banget manfaat fluoride untuk menjaga kesehatan gigi anak. Untuk itu ia selalu memilih pasta gigi yang mengandung fluoride. Penggunaannya juga ia sesuaikan dengan usia anak, yaitu sebesar 1 butir beras untuk Mikhael yang masih 2 tahun dan sebesar biji jagung untuk Raphael yang sudah berusia 4 tahun.

3. Harus serba aman

“Pasta gigi anak kan suka punya rasa dan aroma yang enak, jadi anak-anak pernah menelannya waktu sedang menyikat gigi. Duh, makanya saya selalu pastikan pasta gigi untuk anak harus yang aman jika tertelan, seperti yang terbuat dari bahan-bahan alami,” jelas Sandra Dewi yang mengaku langsung jatuh hati dengan Momami Oral Care karena aman untuk anak dan bahannya alami.

4. Perlengkapan sikat gigi yang menarik

“Biar waktu menyikat gigi semakin menyenangkan, saya selalu memberikan perlengkapan yang menarik. Sikat gigi bentuknya yang menarik, pasta gigi pun saya pilih yang ada gambar-gambar yang menarik. Makanya happy banget Momami sekarang punya Giggly Toothpaste yang ada gambar elephant, karena anak-anak jadi happy juga kalau disuruh sikat gigi,” ujarnya.

Sandra Dewi juga memberikan pasta gigi yang ada aroma dan rasa buahnya, seperti rasa pisang dan anggur, kepada anak-anaknya. Ini membuat anak-anak jadi semangat untuk sikat gigi lho, Moms.

5. Konsisten mengajarkan

Menurut Sandra Dewi, orang tua harus konsisten mengajarkan, memberi contoh, dan mengajak, sehingga anak juga bisa ikut konsisten rutin sikat gigi. “Awalnya pasti ada drama sikat gigi, tetapi sekarang aku sudah melewati drama-drama itu. Kalau nggak drama, bukan anak-anak namanya. Haha. Tapi, syukurlah sekarang mereka sudah terbiasa dengan rutinitas menyikat gigi dan tahu juga pentingnya rutin merawat gigi,” ujarnya.

6. Menjaga asupan anak

Memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak? Tentunya Sandra Dewi juga melakukan itu. Selain itu, ia juga membatasi pemberian makanan manis untuk anak. Jika anak-anaknya habis menikmati permen, cokelat, dan makanan manis lainnya, ia selalu mengajak mereka untuk langsung sikat gigi.

“Awalnya mungkin sulit, tetapi karena konsisten diajarkan, maka sekarang anak-anak sudah tahu kalau habis makan manis harus langsung sikat gigi biar giginya enggak berlubang,” saran Sandra Dewi.

7. Sesekali bermain sambil sikat gigi

Walau sudah terbiasa, namun terkadang ada saja "drama" yang muncul saat Si Kecil sedang melancarkan aksi malas sikat gigi. Raphael dan Mikhael juga pernah begitu lho, Moms. Kalau sedang malas sikat gigi, menurut Sandra Dewi sesekali mengajak anak sikat gigi sambil bermain atau sambil menonton Youtube juga boleh kok, Moms.

Lakukan cara sekreatif mungkin agar anak tetap semangat menyikat gigi 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Selain ampuh menjaga kesehatan gigi dan mulut, momen seru menyikat gigi juga bisa jadi momen bonding dengan Si Kecil lho, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Momami)