Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Moms, Ajari 3 Keterampilan Ini Sejak Dini agar Anak Unggul di Masa Depan

Moms, Ajari 3 Keterampilan Ini Sejak Dini agar Anak Unggul di Masa Depan

Dunia berubah begitu cepatnya. Mulai dari teknologi hingga tren hidup manusia terus berubah, tak terkecuali seputar sumber daya manusia dan pekerjaannya.

Mungkin 50 tahun lalu hampir tidak ada robot yang dipekerjakan di pabrik dan tidak ada pekerjaan sebagai content creator. Menurut World Economic Forum tahun 2020, kira-kira 85 juta pekerjaan akan tergantikan dengan mesin pada tahun 2025. Di forum ini pula disebutkan bahwa 15% tenaga kerja dari 35 negara di dunia berisiko tak mendapat pekerjaan di tahun 2030. Ngeri ya, Moms!

Mendapati berbagai fakta tersebut, wajar jika Moms merasa khawatir dengan masa depan Si Kecil. Eits, tak perlu panik Moms, karena sebenarnya kita bisa kok, menyiapkan Si Kecil sebagai pribadi yang tangguh di masa depan sejak dini. Itulah yang dikatakan oleh Saskhya Aulia Prima, M.Psi., psikolog dan co-founder TigaGenerasi, di webinar kolaborasi HP dan TigaGenerasi bertema “Future Skills for Children” beberapa hari lalu.

Menurut World Economic Forum 2020, ada 15 keterampilan yang perlu dimiliki oleh seseorang agar sukses di 5-10 tahun ke depan. Namun, Saskhya merangkumnya menjadi 3 besar, yakni keterampilan cognitive dan meta-cognitive (berpikir), sosial dan emosional, serta praktikal dan fisik.

Lalu, bagaimana orang tua bisa mendorong 3 keterampilan tersebut pada anak? Simak penjelasannya berikut ini, Moms!

1. Keterampilan berpikir (cognitive dan meta-cognitive)

Keterampilan berpikir meliputi kemampuan untuk terus menciptakan ide baru, belajar seumur hidup, kesadaran tentang proses berpikir, dan problem solving. Meski terdengar berat, Moms bisa memupuk keterampilan ini pada Si Kecil dengan mudah.

Ada 3 cara untuk melakukannya, yakni latih Si Kecil untuk terbiasa berdiskusi dan menyampaikan pendapat, berikan anak ruang untuk eksplorasi dan bermain sesuai dengan minatnya, serta sabar menunggu proses Si Kecil dengan mindfulness.

2. Keterampilan sosial dan emosional

Keterampilan ini meliputi kemampuan untuk memahami diri dan orang lain, berempati, bekerja sama, kontrol diri, serta berkomunikasi.

Menurut Saskhya, Moms bisa mendorong perkembangan keterampilan ini pada anak dengan membiasakan Si Kecil untuk mengomunikasikan emosinya dengan sehat, melibatkan anak dalam kegiatan yang membutuhkan kerja sama dengan orang lain, serta menjadi role model dalam memiliki keterampilan sosial dan emosi yang baik.

3. Keterampilan praktikal dan fisik

Last but not least, keterampilan penting lainnya yang perlu dikenalkan sejak dini pada anak adalah kemampuan untuk menggunakan alat dan layanan digital serta memanipulasi materi yang dimiliki untuk mencapai hasil tertentu.

Moms bisa mendukung perkembangan keterampilan ini dengan melatih Si Kecil untuk aktif melakukan kegiatannya sehari-hari dengan mandiri, mendorong Si Kecil untuk mengeksplorasi kegiatan musik, seni, olahraga, dan aktivitas lainnya yang menggunakan motorik halus Si Kecil, serta membantu Si Kecil untuk menolong dirinya sendiri sebisa mungkin.

Berbagai tips di atas memang bisa tak mudah dilakukan dengan Si Kecil. Namun, ingatlah Moms, lebih baik menyiapkan Si Kecil menjalani hidupnya dibandingkan menyiapkan hidup bagi Si Kecil. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Dashu83/Freepik)