Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Keindahan ART Jakarta Gardens, Pameran Karya Seni di Taman Terbuka

Keindahan ART Jakarta Gardens, Pameran Karya Seni di Taman Terbuka

Pandemi memang telah mengubah banyak hal dalam kehidupan. Mulai dari aktivitas bekerja, sekolah, dan kegiatan lain yang biasanya kita lakukan di luar kini harus dilakukan di rumah saja secara daring. Termasuk juga penyelenggaraan pameran seni rupa yang sebagian besar tentunya dilangsungkan secara virtual.

Hal ini juga dialami ART Jakarta, yang pada tahun 2020-2021 kemarin melangsungkan pameran selama 4 bulan secara online. Pada pameran tersebut, ikut serta 38 galeri dengan menampilkan 1.600 karya seni rupa sebagai langkah untuk menjaga dinamika kegiatan seni rupa di Indonesia.

Namun di 2022 ini, ART Jakarta akhirnya dapat kembali mengadakan pameran seni rupa secara offline. Pameran bertajuk ART Jakarta Gardens ini berlangsung di Hutan Kota by Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) pada 7-14 April 2022 dengan konsep semi-outdoor.

Konsep segar dan inovatif yang dihadirkan memadukan presentasi karya seni di dalam dan luar ruang. “Selama ini, umumnya pameran dalam ruang lebih banyak memberi sorotan pada lukisan atau karya dwimatra saja. Namun pameran di ruang terbuka kali ini tentu dapat lebih mengakomodasi karya patung atau karya seni rupa tiga dimensi lainnya,” kata Enin Supriyanto, selaku Direktur Artistik Art Jakarta.

Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di ART Jakarta Gardens

Lokasi pameran yang mudah dijangkau membuat ART Jakarta Gardens menjadi tempat yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga. Moms bisa mengajak Si Kecil untuk berkunjung dan menyaksikan berbagai karya seni rupa yang tidak hanya indah, tetapi juga menggemaskan dan bahkan bisa dinikmati anak-anak. Pekan seni rupa ini pun mendapat dukungan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo.

“Tahun ini dengan situasi yang lebih baik, saya senang sekali bahwa Art Jakarta Gardens 2022 bisa dilaksanakan secara fisik dengan menerapkan protokol kesehatan dan bahkan menggunakan konsep semi-outdoor yang pastinya lebih baik dari segi sirkulasi udara. Apalagi tempatnya di Plataran Hutan Kota yang sangat luas. Jadi target 8.000 pengunjung dari tanggal 7-14 April, saya yakin bisa sukses dan berjalan dengan baik,” jelas Angela saat memberikan sambutan.

Menghadirkan seniman nasional dan internasional

Seperti acara di tahun-tahun sebelumnya, ART Jakarta Gardens juga menggandeng banyak seniman ternama dari berbagai negara, terutama di Asia. Dusadee Huntrakul menjadi salah satu seniman asal Bangkok, Thailand, yang turut berpartisipasi dalam pameran tahun ini. Baginya, pameran kali ini sangat berkesan karena setelah 2 tahun pandemi, akhirnya berlangsung pameran karya seni rupa yang menghadirkan banyak patung serta instalasi indah, terutama di lokasi terbuka.

Dusadee sendiri mengaku bahwa ini merupakan pertama kalinya ia berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh ART Jakarta. Terdapat beberapa karyanya yang dipamerkan di ART Jakarta Gardens, seperti 5 instalasi yang terletak di area taman Rumah Kaca Melati.

Karya Seni Dusadee Huntrakul di ART Jakarta Gardens

“Saya memang menghasilkan karya dalam bentuk kecil layaknya boneka yang sering dimainkan, tidak hanya anak-anak tapi orang dewasa, seperti salah satu karya saya yang diberi nama Monument for Mothers. Ini merupakan karya yang terinspirasi dari semua wanita hebat yang telah menjadi ibu. Saya gambarkan sosok dengan perut yang sedikit tampak keluar, layaknya ibu yang hamil atau ibu yang makmur dan bahagia,” cerita Dusadee.

Karya Dusadee sendiri dipamerkan bersama karya seniman lainnya yang ada di area luar maupun di dalam ruangan yang terbagi dalam 2 tenda. Di dalam tenda tersebut terdapat 20 galeri seni rupa, seperti ROH, Artsociates, Gajah Gallery, dan A+ Works of Art. Tak hanya itu, turut dipamerkan juga karya khusus, seperti dari Museum of Toys yang bekerja sama dengan Roby Dwi Antono, perupa muda Indonesia yang cukup populer di dunia internasional saat ini.

Berbagai Karya Seni Rupa di ART Jakarta Gardens

Moms pun bisa merasakan sensasi keseruan yang berbeda jika datang di sore menjelang malam hari. Penataan lampu pada setiap karya akan memperlihatkan keindahan dan keunikan yang memanjakan mata. Bagi Moms yang ingin datang ke ART Jakarta Gardens, Anda bisa membeli tiketnya di Artjakarta.com dan follow Instagram @artjakarta untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ART Jakarta Gardens. See you there, Moms! (M&B/Vonia Lucky/ND/Foto: Istimewa)