Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Lagi Tren, Teknik Mewing untuk Perbaiki Bentuk Rahang dan Wajah, Benarkah?

Lagi Tren, Teknik Mewing untuk Perbaiki Bentuk Rahang dan Wajah, Benarkah?

Baru-baru ini viral di media sosial TikTok tentang mewing. Banyak netizen yang bertanya-tanya, apa itu mewing? Diketahui teknik ini dipercaya dapat membentuk rahang dan wajah secara alami tampak lebih tirus.

Teknik mewing pertama kali diperkenalkan oleh seorang ortodontis asal Inggris, Dr. John Mew, kemudian dilanjutkan oleh Dr. Mike Mew, yang juga merupakan ortodontis di Inggris. Namun, apa sih, sebenarnya teknik mewing itu? Dan benarkah teknik mewing dapat membuat wajah jadi lebih tirus secara alami? Untuk mengetahui jawaban pertanyaan tersebut, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Apa itu mewing?

Dikutip dari laman Healthline, mewing adalah teknik yang melibatkan penempatan lidah untuk dapat meningkatkan estetika garis rahang. Teknik mewing dilakukan dengan cara menempatkan lidah di langit-langit mulut sambil menyatukan gigi dan menutup bibir.

Anda harus mengendurkan lidah dan memastikan lidah sepenuhnya menempel di langit-langit mulut Anda, termasuk bagian belakang lidah.

Teknik ini mungkin akan membutuhkan banyak latihan. Tetapi, seiring waktu, otot Anda akan mengingat bagaimana menempatkan lidah pada posisi mewing yang benar sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan.

Menurut Dr. Mike Mew, melakukan teknik ini diharapkan dapat mempertajam garis rahang dan menciptakan keselarasan dagu dan hidung yang lebih baik. Dengan kata lain, bentuk wajah dan rahang bisa diperbaiki dengan posisi lidah mewing yang tepat.

Lebih lanjut, Dr. Mew menggarisbawahi jika teknik mewing bukanlah sebuah tren kecantikan yang bisa mengubah wajah. Namun, teknik ini merupakan terapi dengan menempatkan lidah Anda pada posisi mewing yang benar, yang pada gilirannya dapat memperbaiki bentuk rahang dan wajah Anda.

Benarkah teknik mewing bisa bikin wajah lebih tirus secara alami?

Sejauh ini, belum ada studi yang kredibel dari para peneliti dan ilmuwan lainnya tentang efek mewing untuk memperbaiki bentuk rahang dan wajah seseorang. Terlepas dari popularitas pencarian teknik mewing di media sosial, hanya ada sedikit bukti objektif bahwa teknik mewing mampu memperbaiki bentuk rahang dan wajah Anda. Dan sebagian besar bukti untuk teknik ini datang dari Dr. John Mew dan Dr. Mike Mew.

Jika Anda ingin membentuk wajah atau meluruskan kembali rahang Anda, cara yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan pilihan treatment yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti operasi atau pembedahan kontur wajah.

Akan tetapi, jika Anda memang tertarik untuk mencoba teknik mewing, kecil kemungkinannya itu akan membahayakan. Namun, perlu diketahui bahwa Anda mungkin akan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk bisa melihat hasilnya. Tidak menutup kemungkinan juga jika teknik ini kemudian tidak memberikan hasil yang diharapkan.

Meskipun beberapa laporan anekdot menunjukkan bahwa teknik mewing memberikan hasil yang diharapkan, foto perbandingan sebelum dan sesudah sering kali bisa menyesatkan. Jadi, masih diperlukan lebih banyak penelitian klinis untuk menentukan keefektifan teknik mewing. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Jcomp/Freepik)