Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tidak Hanya Uang Tunai, Ini Alternatif Salam Tempel buat Lebaran

Tidak Hanya Uang Tunai, Ini Alternatif Salam Tempel buat Lebaran

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan tradisi salam tempel atau memberikan uang tunai, khususnya kepada anak-anak. Apakah Moms termasuk yang sering melakukan tradisi seperti ini? 

Meski hanya uang dengan nominal kecil, berbagi sedikit rezeki di hari Lebaran selalu menambah keceriaan hari raya. Tradisi memberikan uang atau hadiah kepada anak-anak ternyata sudah lama berlangsung.

Seperti dilansir situs Kumparan, tradisi memberikan uang atau salam tempel juga biasa dilakukan di Uni Emirat Arab dengan nama eidiyah. Biasanya, tradisi memberikan uang dilakukan pada hari raya seperti Idul Fitri maupun Idul Adha.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak awal Abad Pertengahan. Kala itu, Kekhalifahan Fatimiyah membagikan uang, permen, atau pakaian kepada anak-anak muda dan orang-orang tua di hari pertama Idul Fitri. Memasuki akhir periode Ottoman, pemberian eidiyah berubah menjadi pemberian sejumlah uang tunai dalam pecahan-pecahan kecil.

Seiring dengan berjalannya waktu, pemberian uang terkadang digantikan dengan barang lain seperti mainan atau bahkan gadget. Nah, di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, pemberian uang tunai tentunya memiliki risiko tersendiri dalam penularan penyakit.

Namun Moms tak perlu khawatir. Ada cara alternatif dalam berbagi kebahagiaan dengan anak-anak di Hari Raya Idul Fitri. Yuk, pilih mana yang paling cocok buat Anda, Moms!

1. Dompet digital

Tak dapat dimungkiri, saat ini dompet digital memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan berbagai aplikasi untuk berbelanja berbagai keperluan, membeli makanan, atau sebagai pembayaran biaya transportasi sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak-anak masa kini. Jadi, alih-alih memberikan uang tunai, Moms juga bisa berbagi rezeki melalui aplikasi dompet digital seperti GoPay, OVO, atau ShopeePay. Jumlahnya tentu saja bisa disesuaikan dengan usia anak dan pemakaiannya tetap harus berada dalam pantauan Moms, ya.

2. Electronic money dalam bentuk kartu

Selain melalui dompet digital, pemberian salam tempel di hari raya Lebaran juga bisa dilakukan melalui electronic money dalam bentuk kartu. Agar lebih menarik, Anda bisa membeli kartu uang elektronik dengan desain tokoh superhero atau princess favorit Si Kecil. Selain itu, Anda juga bisa memesan kartu yang telah dikustomisasi dengan foto anak, saudara, atau keponakan yang akan menerima kartu tersebut.

3. Logam mulia

Mengikuti perkembangan zaman, PT Antam juga kerap mengeluarkan logam mulia dalam bentuk gift ucapan, termasuk Hari Raya Idul Fitri. Anda bisa mendapatkan gift ucapan disertai logam mulia seberat 0,5 gram di tempat penjualan emas Antam atau melalui situs resminya. Gift berupa logam mulia ini cocok diberikan kepada Si Kecil untuk mengajarkannya berinvestasi. Namun tentunya Anda perlu mengingatkan anak untuk menyimpan gift logam mulia dengan baik atau dititipkan kepada Anda.

Apa pun cara yang Anda pilih untuk memberikan salam tempel kepada anak, pastikan jumlahnya tidak berlebihan dan sesuai dengan usia Si Kecil. Selain itu, ajarkan juga anak untuk menggunakan uang tersebut dengan bijaksana atau mungkin ditabung sebagian. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)