Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Manfaat Mengonsumsi Kentang untuk Ibu Hamil

Ini Manfaat Mengonsumsi Kentang untuk Ibu Hamil

Kentang merupakan salah satu makanan yang dapat dinikmati dengan berbagai cara. Mulai dari dikukus, digoreng, dipanggang, ditumbuk, direbus dengan sup, sampai dicampur dengan salad, semuanya berhasil menggugah selera kita.

Tak hanya itu, kentang juga ternyata kaya akan serat, vitamin, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Bagi Moms yang sedang hamil, Anda tetap bisa mengonsumsi kentang, tapi dalam jumlah sedang atau tidak berlebihan sehingga bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Manfaat kentang untuk ibu hamil

Penasaran apa saja sih memangnya manfaat kentang untuk ibu hamil? Ini beberapa manfaatnya jika Anda rutin mengonsumsi kentang ketika tengah hamil, Moms.

1. Menurunkan asam lambung

Kentang bermanfaat untuk mereka yang memiliki masalah pencernaan atau asam lambung. Satu porsi kentang tumbuk dipercaya dapat membantu menurunkan tingkat asam lambung. Mengolah kentang dengan cara ditumbuk juga bisa lebih mudah untuk dimakan dan dicerna ibu hamil.

2. Mencegah cacat tabung saraf

Kentang kaya akan asam folat yang dapat membantu perkembangan sistem saraf janin. Dengan demikian, mengonsumsi kentang saat hamil bisa membantu menurunkan risiko masalah otak dan tulang belakang. Bahkan, secara ilmiah, mengonsumsi folat dalam jumlah yang cukup bisa mengurangi risiko Down syndrome yang merupakan kondisi genetik yang tidak dapat diubah dan disembuhkan.

3. Mengurangi risiko keguguran

Mengonsumsi kentang yang kaya akan asam folat pada tahap awal kehamilan juga diketahui dapat mengurangi risiko kemungkinan Moms mengalami keguguran.

4. Kaya akan vitamin B dan C

Vitamin B dan C dalam kentang dapat membantu dalam penyembuhan luka dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Vitamin ini juga membantu dalam penyerapan zat besi dari makanan lain.

5. Sumber energi yang tinggi

Kentang kaya akan karbohidrat dan berfungsi sebagai sumber energi yang baik untuk ibu hamil. Namun, jangan lupa untuk tetap aktif dan berolahraga guna mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan akibat mengonsumsi kentang dan makanan kaya karbohidrat bertepung lainnya ya, Moms.

6. Mengatasi mata bengkak

Kentang diketahui dapat membantu mengobati kantong di bawah mata yang biasa dialami wanita selama kehamilan. Menaruh beberapa kentang mentah parut di mata Anda selama 10-15 menit dipercaya dapat memberikan efek pendinginan dan mengurangi pembengkakan.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kentang kaya akan potasium yang dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi.

8. Melawan kolesterol jahat

Kandungan serat dan vitamin C di dalam kentang juga bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat. Namun ingat, Moms harus mengolahnya dengan sehat yaitu dipanggang, dikukus, atau direbus.

Perhatikan cara mengolah kentang

Meski kaya akan nutrisi yang baik untuk kehamilan Anda, mengonsumsi kentang yang digoreng atau keripik kentang selama kehamilan tidak dianjurkan, karena kentang yang digoreng tidak sehat untuk Anda. Ini dapat memicu diabetes gestasional atau bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, selama hamil, Moms harus menghindari metode memasak seperti menggoreng atau memanggang kentang dengan campuran mentega maupun keju. Lebih baik Moms merebus atau mengukus kentang dan beri tambahan bumbu untuk meningkatkan rasa.

Baca juga: Kulit Kentang Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Pastikan pula Anda tidak mengonsumsi kentang secara berlebihan saat hamil karena kentang kaya akan karbohidrat yang cepat diserap tubuh, sehingga memengaruhi metabolisme glukosa dan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. (MB/Vonda Nabilla/SW/Foto: Jcomp/Freepik)