Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Berbagi Kebahagiaan Sekaligus Menjaga Lingkungan di Hari Raya Lebaran

Berbagi Kebahagiaan Sekaligus Menjaga Lingkungan di Hari Raya Lebaran

Selain salam tempel, tradisi lain yang kerap dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri adalah saling berkirim hampers atau bingkisan berupa makanan, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Saling mengirimkan bingkisan merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi dengan anggota keluarga, kerabat, atau teman. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, mungkin Anda tidak leluasa saling berkunjung pada hari Lebaran, sehingga kehadiran Anda bisa digantikan dengan saling memberikan hadiah.

Namun, tentunya Anda ingin hadiah yang diberikan sesuai dengan selera orang yang dituju. Jangan khawatir, Anda bisa memberikan hampers dari The Body Shop Indonesia!

Sejak lama, The Body Shop menyediakan berbagai paket gift untuk merayakan hari besar seperti Lebaran, Natal, atau Valentine. Nah, di Ramadan kali ini, The Body Shop juga menyediakan paket Create Your Own Gift.

Bedanya dengan paket gift biasa, dengan memilih paket Create Your Own Gift maka Anda bisa menentukan sendiri isi hampers yang akan dikirimkan ke orang-orang tersayang. Jadi Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan kesukaan orang yang akan menerima hampers tersebut. Seru, kan?

Uniknya lagi, paket Create Your Own Gift nantinya akan dikemas dari bahan yang bisa dipakai berulang. Selain itu, di kartu ucapan yang menyertai gift ini terdapat bibit tanaman di dalamnya sehingga bisa langsung ditanam. Jadi tak ada satu pun komponen terbuang dari hampers yang Anda kirimkan.

Gift dan kartu ucapan ramah lingkungan ini merupakan bagian dari kampanye “Share More Kindness with The Body Shop Green Ramadan”. Kampanye ini adalah usaha The Body Shop Indonesia untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai, terutama dalam konteks volume sampah plastik yang dihasilkan selama bulan Ramadan yang jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya. Menurut data yang dirilis Greenpeace pada 2019, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat jumlah sampah plastik selama Ramadan rata-rata meningkat 4 persen setiap tahunnya.

Besarnya volume sampah plastik menjadi beban bagi lingkungan mengingat tingkat daur ulang yang sangat rendah, yaitu hanya 9 persen secara global. Dengan begitu, timbunan sampah plastik pun berpotensi terus meningkat. Berdasarkan tren historis, timbunan sampah plastik kumulatif global diperkirakan akan mencapai lebih dari 25 ribu juta metrik ton pada 2050.

“Di momen spesial ini kami ingin mengajak Anda untuk memaknai sebuah istilah ‘The Gifts that Keep on Giving’. Makna dari sebuah hadiah bukan hanya dari bentuk fisiknya, namun bagaimana mengartikan makna hadiah itu secara lebih mendalam, yaitu memberi kebahagiaan, bantuan untuk meraih mimpi, dan juga terus berkontribusi terhadap semesta dengan terus menjaga keberlanjutannya,” jelas Aryo Widiwardhono, CEO The Body Shop Indonesia.

“Dengan pilihan gift yang sustainable, Ramadan tahun ini lebih spesial maknanya karena kita bisa berbagi kebaikan bukan hanya kepada keluarga dan sahabat tercinta, tetapi juga kepada sesama dan semesta”, lanjutnya.

Green Library di tiga kota

Selain menyediakan hampers yang sustainable, The Body Shop Indonesia juga tengah membangun Green Library di kota Makassar, Kupang, dan Lombok. Bekerja sama dengan Taman Bacaan Pelangi, The Body Shop berharap dengan adanya Green Library, semakin banyak anak Indonesia yang mendapatkan akses membaca buku dan meningkatkan literasi.

Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan recycled furniture yang berasal dari kemasan kosong yang dikembalikan oleh konsumen The Body Shop melalui program Bring Back Our Bottles.

“Satu hal yang saya sangat suka dari The Body Shop, yaitu konsistensinya dalam melakukan inisiatif ramah lingkungan dan bagaimana tetap menjaga keselarasan dengan semesta melalui produk-produknya. Salah satu Gift with Purchase yang akan diterima konsumen The Body Shop berupa coaster dari kemasan kosong The Body Shop merupakan hasil kolaborasi dengan saya”, kata Iqbal Ramadhan, aktor sekaligus penyanyi yang kini tengah menempuh pendidikan di Australia. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, The Body Shop Indonesia)