Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Agar Tak Repot saat ART Mudik, Ini yang Perlu Anda Lakukan, Moms

Agar Tak Repot saat ART Mudik, Ini yang Perlu Anda Lakukan, Moms

Moms, buat Anda yang punya asisten rumah tangga (ART), biasanya menjelang Idul Fitri, ART Anda akan minta izin untuk mudik Lebaran ke kampung halamannya agar bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarganya.

Yang perlu dilakukan selama ART mudik ke kampung halaman

Anda mungkin saja akan merasa kerepotan menghadapi semua pekerjaan rumah selama ART tidak ada. Meskipun begitu, tidak perlu stres, Moms. Ada sejumlah cara untuk menyiasati mudiknya ART Anda tersebut. Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Pastikan tanggal mudik ART dan kapan ia kembali, sehingga Anda bisa mengatur jadwal kerja Anda di rumah selama ART pulang kampung.

2. Minta ART untuk mencicil dan membereskan pekerjaan yang bisa dilakukan sebelum ia mudik menjelang lebaran (3-4 hari sebelumnya), seperti:

  • Mencuci sekaligus menyeterika semua pakaian kotor (termasuk seprai, sarung bantal sofa, taplak meja, dan gorden).
  • Mencuci peralatan dapur.
  • Membersihkan rumah dan mengelap semua perabotan.

3. Minta ART untuk membantu Anda menyetok bahan makanan supaya Anda bisa dengan mudah mengolahnya untuk makanan keluarga Anda nanti. Dengan cara ini, Moms tak perlu berlama-lama berada di dapur untuk membuat sarapan, makan siang, dan makan malam. Ini yang bisa Anda dan ART lakukan.

  • Menyetok makanan siap saji seperti ayam ungkep dan semur daging. Tempatkan makanan tersebut di plastik dalam ukuran satu porsi dan letakkan di dalam freezer. Jangan lupa untuk menulis tanggal pembuatan makanan itu di setiap plastiknya.
  • Membuat lauk kering seperti tempe, teri, atau kentang, dan simpan di dalam lemari es.
  • Menyiapkan wortel, buncis dalam potongan-potongan kecil, masukkan ke plastik untuk bahan membuat tumis cepat saji. Jangan lupa juga untuk menyetok selada, tomat, dan mentimun. Anda bisa membuat salad enak dan sederhana dengan sayuran dan buah tersebut, saat Anda merasa terlalu repot untuk menumis.
  • Menyiapkan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, garam, gula, kemiri, kunyit, dan jahe yang sudah di-blender yang bisa digunakan untuk membuat aneka tumis.
  • Memastikan kebutuhan sehari-hari seperti beras, air mineral dalam galon, minyak goreng, ataupun gas cukup tersedia di rumah Anda untuk beberapa hari ke depan hingga ART kembali.

4. Ajak semua anggota keluarga gotong-royong mengerjakan pekerjaan rumah. Buat jadwal pembagian tugas untuk masing-masing anggota keluarga. Libatkan juga anak untuk pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini sekaligus untuk mendidik Si Kecil agar jadi lebih mandiri.

5. Tetap bangun pagi kendati sedang libur, karena Anda harus mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Jika bangun pagi, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah sehingga Anda pun akan punya cukup waktu untuk istirahat. Selain itu, di pagi hari kondisi badan masih fresh, berenergi, dan lebih semangat.

6. Lakukan efisiensi untuk meringankan pekerjaan rumah dan hemat energi, misalnya:

  • Atur pemakaian baju seperlunya sehingga tidak terjadi penumpukan baju kotor.
  • Gunakan gelas minum sesuai keperluan dengan menandai gelas yang dipakai oleh masing-masing anggota keluarga, supaya tidak selalu ganti gelas baru setiap kali minum.
  • Jaga selalu kebersihan rumah agar Anda tidak perlu mengepel setiap hari.

7. Gunakan jasa tenaga infal jika diperlukan untuk membantu Anda selama ART mudik. Namun, jika sulit menemukannya, Anda juga bisa gunakan layanan jasa yang membantu meringankan beban pekerjaan, contohnya:

  • Mencuci dan menyeterika pakaian. Terlalu lelah atau tidak sempat sama sekali buat mencuci dan menyeterika pakaian keluarga Anda? Tenang, ada banyak layanan jasa laundry kiloan yang bisa Moms manfaatkan.
  • Makanan. Jika Anda tidak sempat memasak, Anda juga bisa manfaatkan layanan pesan antar makanan online.
  • Sayur dan buah. Untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah di rumah Anda, sementara tukang sayur di kompleks juga sedang pulang kampung, Anda bisa belanja online.
  • Bersih-bersih rumah. Jika Moms sibuk atau lelah karena silaturahmi selama Lebaran dan tidak sempat bersih-bersih rumah, Anda bisa manfaatkan jasa pembersih rumah online.

Nah, jadi Anda dan keluarga kini tidak akan merasa kerepotan lagi saat ART mudik ke kampung halamannya ya, Moms. Selamat berlebaran dan liburan! (M&B/SW/Foto: DCStudio/Freepik)