Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Rekomendasi Reusable Cotton Pads Milik Brand Lokal untuk Bersihkan Wajah

7 Rekomendasi Reusable Cotton Pads Milik Brand Lokal untuk Bersihkan Wajah

Untuk mengurangi pencemaran lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, kini banyak orang yang sudah beralih ke produk ramah lingkungan dan menggunakan barang yang bisa dipakai berulang kali sebagai pengganti barang sekali pakai.

Termasuk dalam hal membersihkan wajah atau menghapus makeup, jika Anda biasanya memakai kapas, maka sebagai alternatif penggantinya Anda bisa pakai reusable cotton pads. Apa itu reusable cotton pads?

Reusable cotton pads adalah pengganti kapas sekali pakai yang terbuat dari kain sehingga dapat dicuci dan dipakai berulang kali dan tentunya lebih ramah lingkungan. Reusable cotton pads dibuat dari kain dengan permukaan yang lembut, sehingga nyaman saat dipakai untuk membersihkan wajah.

Jika Moms tertarik memilikinya, berikut ini rekomendasi reusable cotton pads dari berbagai brand lokal dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran, yang aman dan bisa Moms pakai sehari-hari.

1. Greater Good

Ada 16 lembar reusable cotton pads dari Greater Good yang terdiri dari dua warna berbeda dalam satu set. Ada 8 lembar cotton pads warna hitam untuk membersihkan makeup dan 8 cotton pads warna putih untuk penggunaan toner. Disediakan juga tempat penyimpanan dari bambu serta kantong jaring, agar Moms bisa membawanya saat travelling serta untuk mencuci pads dengan mudah. Tersedia dalam ukuran 8 cm dengan 3 lapis bantalan yang lembut, Moms bisa membeli satu set reusable cotton pads ini seharga Rp210.000.

2. Sustaination

Sebagai salah satu pelopor yang menghasilkan produk sustainable, Sustaination juga memproduksi reusable cotton pads. Dengan bentuknya yang kotak, tersedia cotton pads sukuran 6 cm dan 8 cm untuk membersihkan wajah serta mengaplikasikan produk perawatan wajah lainnya. Untuk 5 buah cotton pads ukuran 6 cm dengan pouch dibanderol seharga Rp64.500 dan yang ukuran 8 cm seharga Rp77.900. Moms juga bisa membeli cotton pads secara satuan. Dengan memakai reusable cotton pads dari Sustaination, Anda sudah mendukung pengrajin lokal dan juga meminimalisir penggunaan kapas sekali pakai.

3. Small Elephant

Brand lokal asal Yogya ini memiliki reusable cotton pads berbagai warna seperti pink, teal, lilac, dan putih dalam setiap pack. Diameter cotton pads dari Small Elephant ini sekitar 8 cm dan terbuat dari dua lapis bahan kain, katun dan wol. Dua sisi kain ini pun bisa dipakai sesuai kebutuhan, untuk membersihkan wajah atau untuk memakai toner. Dalam satu set, ada 10 cotton pads seharga Rp69.000, tapi Moms juga bisa beli satuan dengan harga Rp8.000 saja. Terjangkau dan penuh fungsi banget, ya.

4. Made by Runa

Made by Runa adalah salah satu brand lokal dari Bali yang memiliki produk ramah lingkungan. Brand ini pun memiliki reusable facial squares yang terbuat dari 70% bambu dan 30% katun organic yang lembut dan mampu membersihkan wajah dengan sempurna. Jika Anda memakainya 2 kali sehari selama setahun, itu artinya Anda sudah menggantikan pemakaian 730 kapas sekali pakai, lho. Karena terbuat dari katun, reusable facial squares ini pun bisa dicuci dengan mesin dan tetap nyaman dipakai setelahnya. Satu setnya terdiri atas 4 lembar reusable facial squares yang ditaruh dalam sebuah pouch kecil dengan harga Rp79.000.

5. Demi Bumi

Faktanya, penanaman pohon kapas menggunakan banyak pestisida yang pada akhirnya mencemari lingkungan. Karenanya, Moms perlu beralih menggunakan Woven Reusable Pad dari Demi Bumi. Anda cukup mencucinya dengan tangan atau menggunakan tas jaring jika mencuci dengan mesin setelah digunakan untuk membersihkan wajah. Pads-nya yang berukuran diameter 5 cm terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman saat dipakai. Selain itu, Demi Bumi juga memiliki square cotton pads dan round cotton pads yang juga terbuat dari bahan ramah lingkungan. Berbagai varian pads ini dapat Moms beli seharga Rp20.000 hingga Rp50.000.

6. Sudi Organic

Sebagai pengganti kapas sekali pakai, Sudi Organic juga menghadirkan reusable cotton pads. Yang bikin istimewa pada produk ini adalah motif pads-nya yang menggemaskan dan tetap nyaman saat dipakai untuk membersihkan makeup di wajah. Moms bisa menggunakannya berulang kali dan satu pads bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dalam satu set tersedia 6 cotton pads seharga Rp38.000.

7. Jacquelle

Sebagai salah satu brand makeup lokal, Jacquelle juga mengeluarkan reusable cotton pads yang diberi nama Magic Wash. Moms bisa membersihkan makeup, bahkan yang waterproof sekalipun, menggunakan Magic Wash yang terbuat dari bahan alami dan bebas kimia ini. Cotton pads ini punya dua sisi berbeda, bagian berwarna putih untuk menghapus makeup dan bagian berwarna pink untuk mencuci wajah Anda dengan sabun. Produk yang eco-friendly ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp49.000.

Sebelum menggunakan reusable cotton pads untuk pertama kali, Moms dianjurkan untuk merendamnya terlebih dulu dengan air hangat. Untuk mencucinya setelah pemakaian, gunakan sabun yang bersifat ringan dan tidak mengandung detergen agar pads tetap awet dan bahan kain tidak mudah rusak sehingga nyaman ketika kembali dipakai untuk membersihkan wajah dan memakai produk perawatan lainnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Benzoix/Freepik, Instagram)