Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Sunscreen yang Aman untuk Lindungi Kulit Anak

Rekomendasi Sunscreen yang Aman untuk Lindungi Kulit Anak

Sinar matahari memang terbukti punya banyak manfaat bagi kesehatan, contohnya mendorong produksi vitamin D pada tubuh. Namun, jangan sampai Moms dan Si Kecil berjemur di bawah sinar matahari tanpa perlindungan. Pasalnya, paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit serta kerusakan kulit lainnya, seperti kulit terbakar atau penuaan dini.

Untuk itu, penggunaan sunscreen atau sunblock saat di bawah sinar matahari sangatlah penting. Tak terkecuali buat Si Kecil. The American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan agar semua anak menggunakan sunscreen. Menurut AAD, pastikan Anda memilih sunscreen dengan karakterisitik seperti berikut:

  • Punya spektrum perlindungan yang luas, sehingga bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB.
  • Tahan air, tapi bukan waterproof. Sunscreen yang tahan air biasanya bisa tahan selama 40-80 menit.
  • Punya SPF 30 atau lebih.
  • Harus mengandung satu atau lebih dari bahan aktif berikut: titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone.

Apakah Moms berencana membelikan Si Kecil sunscreen atau sunblock? Kalau ya, yuk simak rekomendasi sunscreen atau sunblock untuk anak dari M&B berikut ini!

 

1. Like I’m Five Mild Sunscreen

Berupa physical sunscreen, Like I’m Five Mild Sunscreen punya SPF 50+ PA++++ yang mampu melindungi kulit anak dari sinar UV tanpa rasa lengket, tanpa residu, dan mudah menyerap ke kulit. Diperkaya dengan shea butter dan ekstrak centella asiatica, sunscreen ini mampu menjaga kelembapan kulit Si Kecil dan menenangkannya setelah terpapar sinar matahari. Karena dibuat untuk anak dan orang dewasa, sunscreen ini bersifat hypoallergenic dan cocok untuk semua jenis kulit.

Beli di Lilla.id

2. Banana Boat Simply Protect Kids Sunscreen

Sunscreen khusus anak dari Banana Boat ini pasti sudah tak asing lagi untuk Anda. Punya SPF 50+, Banana Boat Simply Protect Kids Sunscreen berupa losion mineral-based sunscreen yang punya ketahanan air yang sangat baik. Sunscreen ini bisa dipakai untuk anak berusia 2-12 tahun. Produk ini pastinya aman untuk Si Kecil karena dibuat tanpa oxybenzone, paraben, tambahan minyak, serta tambahan pewangi.

Beli di Shopee

3. Bioderma Photoderm Kid SPF 50+

Lawan bahaya sinar UVA dan UVB secara optimal dengan Bioderma Photoderm Kid SPF 50+, Moms! Dengan SPF 50+ PA++++, sunscreen ini diformulasikan dengan The Cellular Bioprotection untuk membantu memberikan perlindungan intensif terhadap kerusakan sel kulit dan efek negatif lainnya dari sinar UV. Teksturnya yang milky dengan warna biru, memastikan losion ini bisa merata melindungi kulit dan aman digunakan. Sunscreen ini bersifat hypoallergenic, non-comedogenic, serta water resistant, sehingga cocok digunakan untuk anak usia 1 tahun ke atas.

Beli di Tokopedia

4. Nivea Sun Kids SPF 50+

Dengan perlindungan SPF 50+, Nivea Sun Kids SPF 50+ mampu melindungi kulit Si Kecil dari bahaya paparan sinar matahari dengan optimal. Teksturnya tidak lengket dan mudah menyerap ke kulit, sehingga nyaman digunakan oleh Si Kecil.

Beli di Shopee 

5. Mo Ma Mi Rub A Dub Dub Sunscreen Lotion

Mo Ma Mi Rub A Dub Dub Sunscreen Lotion dibuat dengan SPF 50 dan PA+++, sehingga bisa memberikan perlindungan UVA dan UVB dengan maksimal. Sunscreen ini juga diperkaya dengan Vitamin E untuk mencegah paparan radikal bebas pada kulit serta aloe vera yang membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit akibat terpapar sinar matahari. Produk ini bisa digunakan sejak bayi berusia 6 bulan.

Beli di Lilla.id

6. Beauty Barn Protective Sun Shield Lotion

Bisa digunakan sejak Si Kecil berusia 6 bulan, Beauty Barn Protective Sun Shield Lotion mampu membantu melindungi kulit Si Kecil dari paparan sinar UVA dan UVB, sekaligus menjaganya tetap lembap tanpa menyumbat pori-pori kulit. Produk ini juga dibuat dari 100% bahan alami serta bebas steroid, paraben, SLS, pewangi buatan, mineral oil, dan tambahan silikon. Sunblock ini menggunakan bahan aktif zinc oxide.

Beli di Tokopedia

7. Bambi Baby Sunscreen Lotion 

Sunscreen ini diformulasikan dengan zinc oxide, bahan alami dan organik, serta tanpa pewarna buatan, parfum, dan pengawet, karena itu cocok digunakan Si Kecil sejak usia 6 bulan. Bambi Baby Sunscreen Lotion juga mengandung shea butter, beeswax, dan aloe vera, yang berfungsi sebagai pelembap dan antioksidan, sehingga bisa menjaga kulit bayi tetap lembap dan sehat. Kandungan licorice, chamomile oil, dan Pro Vitamin B5-nya juga bisa melindungi kulit dari iritasi ringan. Tidak hanya itu, sunscreen ini juga mampu melindungi kulit Si Kecil di bawah air hingga 80 menit, lho!

Beli di Tokopedia

(M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik, Lilla, Shopee, Tokopedia)