Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sinopsis dan Fakta Menarik Film Naga Naga Naga

Sinopsis dan Fakta Menarik Film Naga Naga Naga

“Apa kata dunia?!” Ucapan Nagabonar ini mungkin sudah melekat di benak Moms dan Dads. Ya, sebagai salah satu film terbaik di zamannya, Nagabonar tentu memiliki kesan tersendiri bagi para penontonnya.

Setelah dirilis pada 1986 silam, film ini membuahkan 2 sekuel yang tidak kalah seru, yakni Nagabonar Jadi 2 yang dirilis pada 2007 dan Naga Naga Naga yang baru rilis 16 Juni 2022 lalu. Keren ya, Moms! Nah, apakah Moms sudah nonton Naga Naga Naga?

Sekuel ketiga ini menghadirkan beberapa nama yang telah membintangi 2 film pendahulunya, seperti Deddy Mizwar sebagai Nagabonar, Tora Sudiro sebagai Bonaga, dan Wulan Guritno sebagai Monita. Tidak hanya itu, film ini juga menghadirkan beberapa bintang baru yang kualitas aktingnya tak perlu diragukan, seperti Beby Tsabina sebagai Monaga dan Zsa Zsa Utari sebagai Nira.

Naga Naga Naga menjadi film drama keluarga dengan bumbu komedi ringan, sehingga makin menyenangkan untuk ditonton bersama keluarga. Di film ini, Nagabonar telah menjadi seorang kakek. Ya, anak Nagabonar, Bonaga, memadu cinta dengan Monita dan mereka berdua menjadi pasangan suami istri dengan karier yang sukses di Jakarta.

Meskipun begitu, anak mereka, Monaga, memiliki masalah besar dalam pendidikannya. Monaga telah beberapa kali dikeluarkan dari sekolah karena sikapnya yang dianggap tidak sesuai dengan prinsip sekolah. Ia bahkan memutuskan untuk tidak kembali bersekolah.

Sebagai orang tua yang berharap anaknya bisa tumbuh menjadi sosok cemerlang dengan studi yang gemilang, Bonaga dan Monita pun frustrasi menghadapi hal ini. Di momen inilah sang Kakek, Nagabonar terlibat dengan mendorong cucu kesayangannya itu untuk kembali menyambung pendidikannya. Sayangnya, Monaga kesulitan menemukan sekolah akibat rekam jejaknya yang bermasalah.

Dengan tekad dan cita-cita baru, Monaga bersama Nagabonar berusaha mewujudkan mimpi unik yang ditentang oleh Bonaga dan Monita. Inilah yang kemudian menjadi sumber konflik di film ini. Hmm, Lantas bagaimana masalah ini bisa terpecahkan?

Di samping cerita yang apik, ada beberapa fakta menarik tentang film Naga Naga Naga yang sayang jika dilewatkan, lho. Mau tahu? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Nasionalisme enggak cuma identik dengan laki-laki

Film Nagabonar lekat kaitannya dengan semangat nasionalisme, dan jiwa ini tak hilang di film Naga Naga Naga. Dikutip dari Liputan6.com, Nagabonar identik dengan citra laki-laki yang cinta tanah air. Namun dengan menghadirkan Monaga, film ini ingin mengubah hal itu. "Jadi Naga Naga Naga ini sifat, visi, dan spirit. Ia tidak terbatas harus laki-laki,” ujar Deddy Mizwar.

2. Disutradarai oleh Sang Nagabonar

Jika film Nagabonar disutradarai oleh M.T. Risyaf, film Nagabonar Jadi 2 dan Naga Naga Naga disutradarai langsung oleh Deddy Mizwar. Oleh karena itu, semangat cinta tanah air khas Nagabonar tetap tertanam dalam di kedua sekuelnya.

3. Beby Tsabina latihan main bola 2 minggu

Menurut Deddy, mencari aktris muda yang sesuai dengan karakter Monaga bukanlah tugas mudah. “Susah itu. Hari terakhir baru dapat. Dia latihan main bola 2 minggu Memang harus begitu, agak tomboy sedikit,” tutur Deddy Mizwar seperti dikutip dari Liputan6.com.

4. Kisah 3 generasi

Film ini menyuguhkan konflik yang lekat dengan masalah yang sering dialami oleh keluarga Indonesia. Kedekatan ikatan Nagabonar dengan cucunya membuat ia turut campur dalam urusan rumah tangga anaknya. Hasilnya, relasi antar anggota keluarga pun menjadi runyam. Moms juga pernah ngalamin masalah seperti ini, enggak?

5. Jarak antar sekuel yang terpaut jauh

Penggemar film Nagabonar telah menunggu cukup lama hingga akhirnya Nagabonar Jadi 2 rilis pada 2007 lalu, yakni 20 tahun. Nah, dirilisnya film Naga Naga Naga di tahun ini juga bukan penantian sebentar, lho. Karena film Nagabonar Jadi 2 dan Naga Naga Naga terpaut 15 tahun!

6. Kerja sama 2 rumah produksi

Naga Naga Naga berhasil hadir di bioskop sebagai hasil kolaborasi 2 rumah produksi film, yaitu MD Pictures milik Manoj Punjabi dan Citra Sinema milik Deddy Mizwar. Selain itu, Deddy juga hadir sebagai sutradara sekaligus aktor di film ini. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: MD Pictures/Youtube)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle