Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Panduan Tidur Siang saat Hamil dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Panduan Tidur Siang saat Hamil dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Cukup istirahat dan tidur berkualitas merupakan 2 hal yang ekstra penting buat ibu hamil. Jangan takut dibilang sukanya bermalas-malasan, karena tidur siang buat bumil bukan sekadar pengusir kantuk. Faktanya, tidur siang saat hamil punya banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin, lho!

Jangankan pada bumil, kurang tidur pada siapa saja bisa menyebabkan kelelahan, hipertensi, kurang konsentrasi, dan bahkan depresi. Wah, enggak terbayang bagaimana dampaknya jika bumil kurang istirahat, sedangkan kehamilan sendiri sudah membuat bumil lebih mudah lelah dibandingkan sebelumnya.

Lalu, berapa lama tidur siang yang tepat untuk ibu hamil? Apa saja sih, manfaat tidur siang untuk kehamilan? Simak info lengkapnya di bawah ini ya, Moms.

Baca juga: Posisi Tidur untuk Kurangi Mual saat Hamil Muda, agar Tidur Lebih Nyenyak

Berapa lama tidur siang saat hamil?

Walau disebut tidur siang, bukan berarti bumil boleh tidur sepanjang siang, lho. Kurang tidur siang salah, terlalu lama tidur siang juga salah. Lalu berapa lama idealnya tidur siang saat hamil? Mengutip BabyMed, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa tidur siang lebih dari 20 menit justru membuat Anda merasa pening, bukan segar. Ini karena terlalu lama tidur siang membuat tubuh masuk ke deep sleep lebih lama, yang membuat Anda merasa pening saat bangun.

Lagi pula, tidur siang terlalu lama bisa membuat bumil sulit tidur lagi di malam hari. Jika diteruskan, ini bisa mengganggu pola tidur sehat Anda. Awas, bahaya jika kurang tidur atau sering tidur tidak nyenyak lho, Moms.

Untuk itu disarankan tidur siang hanya selama maksimal 20 menit. Ini ideal karena tidak terlalu lama mengistirahatkan tubuh, tetapi sudah cukup lama untuk menyegarkan kembali tubuh yang lelah.

Apa manfaat tidur siang saat hamil?

Bukan sekadar pengusir kantuk, tidur siang juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bumil dan janin. Ini beberapa di antaranya.

1. Menyegarkan tubuh

Manfaat pertama tidur siang tentunya membuat tubuh bumil kembali segar berenergi. Terlebih, kehamilan membuat Anda lebih mudah lelah dibandingkan sebelumnya. Nah, tidur siang bisa jadi solusi mudah untuk kembali segar agar bisa melanjutkan aktivitas.

2. Meningkatkan konsentrasi

Menahan kantuk membuat Anda sulit berkonsentrasi. Jika bumil sudah ngantuk, lebih baik tidur siang 20 menit agar konsentrasi kembali maksimal. Ini karena tidur siang melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh organ tubuh, termasuk otak. Dengan otak yang lebih segar, tentu konsentrasi dan daya ingat jadi lebih tajam.

3. Mencegah bayi BBLR

Sebuah studi berjudul "Healthy Baby Cohort" di China telah meneliti lebih dari 10.000 wanita, termasuk hampir 450 wanita yang melahirkan bayi dengan berat badan rendah (underweight). Dari studi ini diketahui bahwa dibandingkan wanita yang tidak pernah tidur siang, wanita yang tidur siang sekitar 60-90 menit nyaris 30 persen lebih jarang melahirkan bayi BBLR (berat badan lahir rendah).

“Hasil studi kami menyarankan tidur siang untuk wanita hamil karena dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah,” tulis salah seorang penulis penelitian yang dimuat di jurnal Sleep Medicine.

4. Mencegah insomnia

Bumil sering sulit tidur di malam hari? Ini bisa jadi karena terlalu lelah di siang hari, atau bahkan sering tidur siang terlalu lama. Untuk mengatasinya, cobalah untuk rutin tidur siang 20 menit setiap hari. Kebiasaan baik ini bisa membantu mengusir dan mencegah insomnia karena jadwal tidur jadi lebih teratur.

5. Mencegah diabetes

Selain menyegarkan tubuh dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah, para peneliti juga menguak fakta bahwa kurang tidur membuat Anda lebih rentan mengalami diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Wah, banyak banget manfaat tidur siang ya, Moms. Jadi jangan ragu untuk tidur siang sekitar 20 menit per hari, ya. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Lookstudio/Freepik)