Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Menyimpan Perhiasan yang Benar agar Awet dan Tidak Cepat Pudar Warnanya

Cara Menyimpan Perhiasan yang Benar agar Awet dan Tidak Cepat Pudar Warnanya
Cara menyimpan perhiasaan

Perhiasan merupakan hal yang sangat melekat dengan kaum wanita. Bahkan, biasanya wanita bisa memiliki lebih dari satu jenis perhiasan.

Moms mungkin pernah menyadari bahwa perhiasan Anda jadi berubah warna dan tidak lagi berkilau saat akan digunakan. Bisa jadi itu karena Moms tidak menyimpan perhiasan dengan baik.

Nah, berikut ini beberapa cara menyimpan perhiasan Anda agar lebih awet, tetap berkilau, tidak berubah warna, dan lebih rapi. Simak ya, Moms!

1. Pisahkan perhiasan berdasarkan fungsi, bahan, dan warna

Cara menyimpan perhiasan yang baik adalah dengan memisahkan perhiasan berdasarkan warna, fungsi, dan bahannya. Hal ini dilakukan guna menjaga perhiasan tetap awet dan tidak cepat rusak.

Terkadang saat beberapa fungsi dan jenis perhiasan yang berbeda tercampur menjadi satu, itu bisa sangat mungkin menyulitkan Anda ketika ingin mengenakan perhiasan. Dan, tidak menutup kemungkinan juga jika hal itu justru bisa membuat perhiasan jadi rusak.

Pisahkan perhiasan berdasarkan fungsinya, yakni antara gelang, anting-anting, kalung, dan cincin. Selain itu, pisahkan juga perhiasan berdasarkan jenisnya, misalnya antara gelang chunky dan beaded, ​​antara anting-anting hoop dan stud dan long dangles, atau antara kalung multichain dan kalung statement piece.

Selanjutnya, ada beberapa bahan perhiasan yang tidak bisa dicampur dengan bahan lainnya. Contohnya, Anda perlu memisahkan perhiasan perak (silver jewelry) dengan fine jewelry, karena saat keduanya berinteraksi satu sama lain, itu dapat membuat perhiasan cepat mengalami perubahan warna.

Di samping fungsi dan bahannya, Anda juga bisa memisahan perhiasan berdasarkan warnanya. Itu akan memudahkan Anda ketika memilih jenis perhiasan mana yang memiliki warna yang cocok dengan warna pakaian yang akan Anda kenakan.

Baca juga: Rekomendasi Perhiasan Cantik nan Elegan Milik Selebriti Indonesia

2. Pastikan perhiasan bersih dan kering

Setelah mengategorikan perhiasan, sebelum disimpan, pastikan juga perhiasan dalam keadaan bersih dan kering. Pasalnya, kelembapan yang tinggi umumnya menjadi penyebab utama yang menyebabkan perhiasan pudar. Selain itu, cairan seperti losion, parfum, dan keringat, juga dapat menyebabkan warna pada perhiasan menjadi pudar.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengeringkan dan membersihkan perhiasan sebelum menyimpannya. Pertimbangkan untuk memiliki dehumidifier di ruangan tempat Anda menyimpan perhiasan agar tingkat kelembapan di dalamnya tetap terjaga. Atau, Anda juga bisa membeli paket silika untuk kotak perhiasan yang berguna untuk menyerap kelembapan berlebih.

Perlu dipahami, menyimpan perhiasan kotor untuk waktu yang lama (apa pun itu perhiasannya) dapat menyebabkan tarnish (noda, bercak, atau pudar). Selain itu, menyimpan perhiasan yang sudah tarnish dengan perhiasan yang belum juga dapat menyebabkan keduanya tarnish lebih cepat.

3. Pertahankan suhu ruangan yang konsisten

Cara menyimpan perhiasan yang benar selanjutnya adalah dengan mempertahankan suhu ruangan yang konsisten, yakni pada suhu normal. Hal ini karena semakin konsisten suhunya, maka semakin baik dalam menjaga koleksi perhiasan Anda tetap awet.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk menyimpan kotak perhiasan di dalam lemari tertutup dan sejuk. Dan, jangan letakkan kotak perhiasan Anda di tempat yang panas dan terbuka dengan suhu ekstrem, seperti tepat di dekat jendela yang terbuka.

Perhiasan harus disimpan di satu tempat dengan suhu normal serta jauh dari sinar matahari langsung, dan idealnya di tempat dengan kelembapan tidak tinggi untuk menghindari tarnish pada perhiasan.

4. Coba semprotkan pelindung perhiasan (jewelry protectant coating spray)

Untuk menjaga perhiasan tetap awet dan tahan lama, coba semprotkan jewelry protectant coating spray yang bisa melindungi perhiasan Anda dari elemen-elemen yang berkontribusi pada proses tarnishing perhiasan.

Tidak hanya bisa melindungi perhiasan favorit Anda agar lebih awet, beberapa jewelry protectant coating spray bahkan disebut-sebut juga dapat melindungi kulit Anda dari alergi akibat penggunaan perhiasan, seperti iritasi, ruam, dan gatal-gatal, terutama pada kulit yang ekstra sensitif.

5. Gunakan kotak perhiasan khusus

Khusus untuk koleksi perhiasan Anda yang memiliki harga yang terbilang mahal, gunakan kotak perhiasan khusus dengan inner dari kain beludru yang biasanya hanya digunakan untuk menyimpan satu jenis perhiasan. Namun, tetap pastikan perhiasan bersih dan kering, serta disimpan di satu tempat dengan suhu normal, tertutup, dengan kelembapan tidak tinggi, dan tidak panas.

Itulah 5 cara menyimpan perhiasan dengan benar. Dengan menerapkan cara-cara di atas, perhiasan Anda tentunya akan lebih awet, tetap berkilau, tidak berubah warna, dan tidak rusak, Moms. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Cornelia Ng/Unsplash)