Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Manfaat Baik Batang dan Daun Sereh untuk Kesehatan

8 Manfaat Baik Batang dan Daun Sereh untuk Kesehatan

Moms tentu familiar dengan sereh atau juga disebut serai. Ini merupakan salah satu jenis rempah yang umum dijadikan bumbu untuk menambah cita rasa makanan. Aromanya yang segar seperti lemon membuat rempah satu ini sering ditambahkan sebagai penyedap rasa. Selain pada makanan, daun dan batang sereh bisa juga dimasukkan ke dalam minuman hangat.

Sereh sendiri memiliki beberapa nama di Indonesia, di mana sereh atau sere berasal dari bahasa Jawa, sorai dari Sumatera, dan belangkak, senggalau, atau salai sebagai nama yang dipakai masyarakat Kalimantan. Tidak hanya namanya yang beragam, sereh juga kaya akan berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. Supaya tidak makin penasaran, intip khasiat lengkap sereh berikut ini, Moms.

1. Sebagai detoksifikasi

Tanaman sereh bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi dan bersifat diuretik yang sering digunakan sebagai obat herbal. Kandungan nutrisi di dalamnya membantu membersihkan zat-zat beracun yang berbahaya di dalam tubuh. Hal ini tentu bisa melancarkan fungsi organ hati dan ginjal. Mengombinasikan air rebusan sereh dengan campuran kunyit akan dapat memaksimalkan khasiatnya untuk melancarkan buang air kecil.

2. Menjaga sistem pencernaan

Dalam pengobatan Tiongkok Kuno, sereh dipercaya dapat mengobati masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan lainnya. Secangkir teh daun sereh yang dicampur madu juga dapat mengatasi kram perut dan sakit pada perut. Hal tersebut dipengaruhi adanya elemen pendingin serta senyawa utama citral yang dapat menenangkan perut sekaligus membantu proses pencernaan.

3. Meringankan gejala PMS

Setiap bulan, kaum perempuan mengalami menstruasi dengan gejala PMS yang bisa mengganggu aktivitas. Anda dapat mengatasi kondisi tersebut dengan mengonsumsi teh daun sereh. Sebagai obat alami, sereh membantu meringankan kram menstruasi, rasa kembung, dan hot flashes selama datang bulan. Dan seperti disebutkan sebelumnya, sereh dapat menenangkan perut, termasuk juga ketika muncul gejala PMS.

4. Mengontrol kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Maka, Anda perlu mengontrolnya. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi air rebusan sereh. Pada daun dan akarnya, terdapat sifat antihiperlipidemia yang mampu menghasilkan kadar kolesterol sehat. Dengan begitu, jumlah kolesterol jahat bisa turun dan tingkat trigliserida lebih stabil. Meski begitu, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut secara medis.

5.  Bersifat antioksidan

Sereh juga mengandung sifat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Hal ini tentu dapat mencegah Anda mengalami penyakit kronis seperti menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker. Antioksidan ini juga membantu mencegah disfungsi sel dalam arteri koroner.

6. Memiliki sifat antimikroba dan antiradang

Sereh juga mengandung sifat antimikroba yang mampu mengobati masalah gigi berlubang dan infeksi pada mulut. Bahkan menurut penelitian, minyak esensial sereh juga dapat membantu mengatasi masalah kerusakan gigi akibat pertumbuhan bakteri dan jamur di mulut. Tak hanya itu, sereh juga mengandung senyawa yang bersifat antiradang. Hal tersebut dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab terjadinya peradangan dalam tubuh.

7. Mengatasi masalah kulit

Tanaman yang bisa Anda miliki di rumah ini juga mampu mengatasi masalah kulit seperti tumit kering (xerosis). Mengoleskan minyak sereh pada area tumit bisa melembapkan sekaligus menjaga elastisitas kulit di area tersebut. Masalah kulit lainnya seperti hiperpigmentasi juga bisa diatasi dengan penggunaan minyak sereh pada area kulit yang diperlukan, bisa di tubuh maupun wajah, sehingga kulit tampak lebih cerah dan noda bekas jerawat yang kemerahan atau kehitaman bisa memudar. Hal ini juga menunjukkan bahwa minyak sereh dapat mengurangi masalah jerawat di wajah Anda.

8. Meredakan kecemasan

Ada banyak hal yang bisa terjadi akibat rasa cemas berlebihan yang Anda alami, salah satunya insomnia. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menaruh, mengonsumsi, atau memakai minyak esensial sereh. Aroma yang bisa menjadi obat penenang alami ini dapat membantu meredakan rasa cemas serta membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak. Kombinasikan minyak esensial sereh dengan minyak lain, seperti lavender atau geranium, untuk Anda jadikan aromaterapi yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda dan keluarga, Moms.

Jadi, makin tahu beragam khasiat dari sereh atau serai kan, Moms? Semoga Anda bisa memanfaatkan tanaman sekaligus obat alami ini secara optimal. Namun, jangan sampai berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping, seperti pusing, mulut kering, dan rasa kantuk berlebihan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Jcomp/Freepik)