Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Hilangkan Bau Mulut

7 Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Hilangkan Bau Mulut

Bau mulut. Duh, masalah yang satu ini tidak hanya akan membuat Anda merasa tak nyaman dan tak percaya diri. Bau mulut juga bisa mengganggu kenyamanan orang lain di sekitar Anda.

Bau mulut bisa dicegah atau dikurangi dengan beberapa cara. Cara paling mudah tentunya dengan rajin menyikat gigi dan menggunakan mouthwash setiap kali Anda selesai makan.

Namun, Anda juga bisa mencegah bau mulut dengan beberapa makanan dan minuman berikut ini. Yuk, dicoba agar Anda bisa terhindar atau setidaknya mengurangi keluarnya aroma tak sedap dari mulut.

1. Buah dan sayuran

Kemampuan mengikis yang dimiliki serat bisa berfungsi layaknya sikat gigi dalam menjaga mulut tetap kering. Saat dikonsumsi, buah dan sayuran dengan tekstur renyah atau crunchy, seperti apel, wortel, seledri, dan kale membuat mulut memproduksi lebih banyak saliva (air liur).

Selain itu, makanan jenis ini juga bisa membantu mencegah bau mulut dengan memastikan saluran pencernaan Anda berfungsi dengan baik. Sebagai catatan, bau mulut bisa muncul karena mulut Anda tidak cukup memproduksi saliva atau karena adanya gangguan di saluran pencernaan.

Di sisi lain, buah dan sayuran dengan kandungan serat yang tinggi juga biasanya mengandung kadar vitamin C yang baik. Vitamin C bermanfaat untuk mengatasi bau mulut karena bisa membantu mencegah berkembangnya bakteri di mulut.

2. Yoghurt

Hasil penelitian yang dilakukan International & American Associations for Dental Research menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 ons yoghurt per hari selama enam pekan akan mengurangi kadar hidrogen sulfida hingga 80 persen. Hidrogen sulfida merupakan unsur yang kerap menimbulkan bau mulut.

Selain itu, produk susu juga biasanya tinggi vitamin D yang bisa membantu membangun kekebalan tubuh dengan melawan bakteri dan virus berbahaya, termasuk bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, yoghurt juga mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

3. Rempah-rempah dan herbal

Bahan herbal seperti peterseli, spearmint, dan rosemary cukup ampuh untuk mengurangi bau mulut. Jika Anda tidak suka mengunyah herbal dalam bentuk mentah, coba mencampurnya dalam teh. Selain mulut terbebas dari bau tak sedap, mengonsumsi teh herbal juga bisa membuat tubuh Anda lebih rileks.

4. Teh

Baik teh hijau maupun teh hitam mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri. Selain itu, di dalam teh juga terdapat kandungan polifenol yang bisa mengurangi senyawa sulfur yang bisa memicu bau mulut. Namun hati-hati, jangan terlalu banyak mengonsumsi teh hitam yang bisa memicu mulut kering sehingga bau mulut malah makin parah. Anda bisa mengonsumsi secangkir teh di antara waktu makan guna menjaga mulut tetap segar sekaligus membantu pencernaan.

5. Jahe

Jahe bisa membantu membersihkan rongga mulut dengan komponen anti-baunya, yaitu senyawa gingerol. Nantinya, gingerol mengaktivasi enzim di dalam saliva yang berfungsi untuk memecah dan menetralisasi senyawa sulfur yang berbau busuk.

6. Permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet merupakan salah satu metode yang cukup jitu untuk menyamarkan bau mulut. Permen karet bisa membantu membersihkan sisa makanan yang menempel dan meningkatkan produksi saliva.

7. Air putih

Salah satu cara untuk membuat mulut tetap fresh adalah dengan memastikan mulut terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Air yang Anda minum akan membersihkan mulut dari partikel makanan, bakteri, dan sel penyebab bau lainnya secara alami. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle