Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ajak Anak Mengenal Alam Lewat Kesenian di ART Jakarta 2022

Ajak Anak Mengenal Alam Lewat Kesenian di ART Jakarta 2022

Sebuah karya seni, baik berupa lukisan, patung, foto, atau instalasi lainnya memang indah untuk dilihat. Selain bentuknya yang unik, pemaknaan dari setiap karya seni juga bisa berbeda-beda pada setiap orang. Mengagumi karya seni memang bisa memunculkan momen istimewa di hati penikmatnya.

Jika Moms juga penikmat seni, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan ART Jakarta. Setelah sebelumnya ada ART Jakarta Virtual dan ART Jakarta Gardens, di mana keduanya memberikan pengalaman seru dan berbeda, kali ini ART Jakarta kembali hadir dan akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada 26-28 Agustus 2022.

Pada kesempatan ini, ART Jakarta sebagai pekan seni rupa internasional pun menghadirkan berbagai segmen yang terbagi dalam 9 kategori. Beragam kegiatannya pun bisa diikuti tidak hanya oleh Moms dan Dads, tapi juga memberikan keseruan untuk Si Kecil. Dengan dukungan segenap mitra sekaligus pemangku kepentingan seni rupa, ART Jakarta 2022 akan terdiri atas beberapa segmen menarik, yaitu:

1. Art Jakarta Galleries

Segmen utama pekan seni ini secara keseluruhan mencakup 62 galeri, dengan 39 galeri berasal dari Indonesia (Art :1, RUCI Art, ROH Project) dan 23 galeri dari mancanegara (Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Segmen ini menjadi ajang untuk galeri seni baru yang belum pernah mengikuti Art Jakarta sebelumnya.

2. Art Jakarta Spot

Art Jakarta Spot adalah platform untuk presentasi istimewa suatu instalasi seni yang telah disesuaikan khusus untuk pekan seni ini.

3. AJX

AJX adalah prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan swasta untuk menyajikan koleksi karya di hadapan publik luas di Art Jakarta. AJX akan menjadi kesempatan bagi khalayak untuk menyaksikan banyak karya seni untuk pertama kalinya.

Segmen ini berkolaborasi dengan mitra utama, UOB Indonesia, yang telah menyelenggarakan kompetisi lukisan Asia Tenggara setiap tahun sejak 1982, yaitu UOB Painting of the Year. Selain itu, ada juga Tumurun Museum, Bibit, dan Cohart yang turut menghadirkan karya seni indah untuk Anda lihat di ART Jakarta 2022.

4. AJ1

AJ1 adalah segmen baru untuk memfasilitasi galeri internasional dalam mempresentasikan pameran tunggal. Dengan adanya kesulitan bagi seniman internasional untuk beradaptasi dengan new normal, Art Jakarta menciptakan kesempatan untuk memudahkan kehadiran internasional di pekan seni ini.

5. Bali Art Scene

Bali Art Scene adalah segmen baru yang dipersembahkan untuk galeri-galeri dari Bali yang akan menyajikan seniman-seniman kontemporer Bali. Segmen ini akan memungkinkan sekilas pandang pada apa yang sedang terjadi di kancah seni rupa Bali.

6. Art Jakarta NFT

Art Jakarta NFT adalah segmen yang dikhususkan untuk karya NFT dan komunitas NFT. Art Jakarta NFT pertama kali digagas dalam Art Jakarta Gardens dan akan diperluas lebih jauh dalam skala lebih besar, dengan aspirasi agar kolektor NFT dan kolektor konvensional dapat berinteraksi dan berkumpul bersama.

7. Scene

Salah satu nilai yang dipegang Art Jakarta adalah mendukung prakarsa yang membutuhkan format kreatif dalam penggalangan dana, khususnya dari mereka yang berada di luar kawasan Jakarta dan sekitarnya. Dan Scene menjadi segmen khusus bagi seniman serta nirlaba yang berbasis di luar Jakarta untuk menggalang dana dengan menyajikan merchandise dan publikasi.

8. Art Jakarta Play

Salah satu segmen yang dinantikan tahun ini adalah Art Jakarta Play. Segmen ini dirancang khusus sebagai area bermain bagi anak-anak untuk mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan. Tahun ini Art Jakarta mengundang pemenang kompetisi UOB Painting of the Year 2021, Meliantha Muliawan, yang secara khusus merancang ruang ini dengan tujuan memperkenalkan kesadaran akan lingkungan alam bagi anak-anak.

9. Art Jakarta Talks

Art Jakarta Talks adalah platfom antara ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbincang serta berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung. Dengan jajaran nama-nama tepercaya dan sosok-sosok menarik dalam kancah seni rupa, segmen ini akan menjadi bagian penting dari pekan seni.

Kehadiran ART Jakarta 2022 ini diharapkan bisa menciptakan ekosistem seni kontemporer yang akan terus memberi warna pada komunitas seni. “Pada era pascapandemi, ketika normal baru belum sepenuhnya normal, pekan seni internasional unggulan menghadapi beragam tantangan. Namun, saya dan tim percaya bahwa pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia, siap menyambut pekan seni ini. Dan kesuksesannya tentu hanya dapat diraih dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan, termasuk media,” ujar Tom Tandio, Direktur Art Jakarta.

Bagi Moms dan Dads yang sudah tidak sabar ingin mengunjungi ART Jakarta 2022, pastikan Anda mencatat tanggal penyelenggaraannya 26-28 Agustus 2022, di JCC (Jakarta Convention Center), Senayan. Anda pun sudah bisa memesan tiketnya di artjakarta.com atau lihat infonya di akun Instagram @artjakarta. Sampai jumpa di ART Jakarta 2022! (M&B/Vonia Lucky/SW/ Foto: ART Jakarta)