Type Keyword(s) to Search
BABY

Milestone Kemampuan Tangan Bayi di Tahun Pertama dan Cara Menjaga Kebersihannya

Milestone Kemampuan Tangan Bayi di Tahun Pertama dan Cara Menjaga Kebersihannya

Bayi mengalami perkembangan pesat di tahun pertamanya. Keterampilan motoriknya berkembang dengan cepat, termasuk kemampuan tangannya. Saat baru dilahirkan, Si Kecil belum bisa menggunakan tangannya sesuai keinginan. Namun, seiring pertambahan usianya, ia mulai bisa mengontrol gerakan tangannya. Berikut ini tahapan perkembangan kemampuan tangan bayi di tahun pertamanya.

3-6 bulan: Mengenali tangan

Butuh waktu 3 bulan buat bayi menyadari ia memiliki tangan. Itu sebabnya ia mulai memiliki kemampuan untuk mengontrol gerakan-gerakan tangannya secara sederhana. Saat inilah kemampuan motoriknya mulai berkembang cepat, seiring dengan kemampuan kognitifnya.

Karena gerakan tangannya sudah terkontrol, ia mulai memiliki kemampuan untuk meraih benda-benda di sekitarnya. Ia juga sudah bisa melambaikan tangannya jika menginginkan sesuatu di dekatnya, misalnya mainan. Jika ia bisa meraihnya, ia akan menggenggamnya, lalu menggerak-gerakkannya. Di usia ini pula Si Kecil punya kendali untuk memasukkan jempol ke mulutnya lalu mengisapnya.

6-9 bulan: Mengambil dan menjepit benda

Fungsi tangan Si Kecil makin banyak. Di usia ini ia mulai belajar memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Si Kecil juga mulai senang menjatuhkan benda-benda yang dipegangnya. Jadi, beri ia mainan yang berbunyi dan tidak mudah rusak jika terjatuh.

Saat usianya lebih dari 7 bulan, ia akan mampu memegang benda berukuran lebih besar untuk melatih motorik kasarnya. Ia pun mulai mengasah motorik halusnya dengan mengambil benda-benda kecil menggunakan telunjuk dan jempolnya atau dengan cara menjepitnya. Ia juga mulai senang memasukkan benda-benda yang ia pegang ke dalam mulutnya.

9-12 bulan: Bertepuk tangan dan melempar

Di usia ini, kemampuan motorik halusnya makin baik. Koordinasi mata dan tangannya juga berkembang pesat. Ia sudah bisa bertepuk tangan di usia 9 bulan. Lalu di usia 12 bulan, ia juga sudah bisa melempar.

Kemampuan kognitifnya yang ikut berkembang juga mulai ia gunakan di tahapan usia ini. Ia bertepuk tangan atau melempar bukan sekadar karena mampu melakukannya, tetapi juga menyadari bahwa hal itu dilakukan untuk mengekspresikan emosinya. Ia akan bertepuk tangan saat senang dan akan melempar benda-benda yang dipegangnya saat frustrasi.

Menjaga kebersihan tangan dan mulut bayi

Saat Si Kecil sudah mahir memegang benda, semua benda, mulai dari jari tangan dan kakinya, mainan, serta peralatan makan akan dimasukkan ke dalam mulutnya. Kebiasaan Si Kecil ini memang menggemaskan, tapi tak jarang bikin Moms khawatir, karena tidak semua benda yang ia pegang dan masuk ke dalam mulutnya dalam keadaan bersih, sehingga bisa berisiko terhadap kesehatannya.

Karena itu, untuk mencegah risiko tersebut, Moms sebaiknya menjaga kebersihan tangan dan mulut Si Kecil setiap saat. Pastikan juga mainan dan peralatan makan bayi selalu dalam keadaan bersih sebelum digunakan Si Kecil.

Tidak usah repot, Moms. Anda bisa pakai tisu basah atau baby wipes untuk membantu membersihkan semuanya. Namun perlu diingat, hindari baby wipes yang ada kandungan alkohol dan parfum, karena bahan-bahan kimia seperti itu bisa menyebabkan masalah pada kulit bayi jika terkena. Belum lagi kalau masuk ke dalam mulutnya, bisa berdampak buat pencernaannya.

Untuk menjaga kebersihan tangan dan mulut bayi, Moms bisa pakai PUREBB Hand & Mouth Baby Wipes. Produk ini aman dan higienis untuk membersihkan serta melindungi tangan dan mulut Si Kecil dari kotoran sebelum dan sesudah makan.

Dengan aloe vera dan orange oil sebagai antibakterial alaminya, produk ini sudah teruji membunuh kuman dan higienis. PUREBB Hand & Mouth Baby Wipes juga memiliki kandungan food grade, sehingga aman buat pencernaan Si Kecil. Formulanya juga tanpa alkohol dan tanpa parfum sintetis, jadi tidak mengiritasi tangan dan mulut Si Kecil. Tisunya pun lebih tebal, lebih lebar, jadi lebih efektif untuk membersihkan kotoran.

Bukan hanya tangan dan mulut lho, Moms, baby wipes ini juga bisa Moms gunakan untuk membersihkan perlengkapan makan, pacifier, juga buah pada saat traveling sebelum dan sesudah digunakan. Jadi, Moms kini punya perlindungan untuk Si Kecil tanpa Anda perlu merasa selalu khawatir akan keamanan dan kebersihannya. (M&B/SW/Foto: User1301303/Freepik)


Read Next

More Frombaby