Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Film Kemerdekaan untuk Menyambut HUT ke-77 RI

Rekomendasi Film Kemerdekaan untuk Menyambut HUT ke-77 RI

Dirgahayu Republik Indonesia! Menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia, apa yang Moms dan Si Kecil biasa lakukan untuk memperingatinya? Selain mengikuti upacara dan berbagai macam lomba, ada banyak hal lain lho, yang bisa dilakukan untuk mengobarkan semangat nasionalisme. Salah satunya adalah menonton film yang bertema kemerdekaan.

Ya, film-film bertemakan kemerdekaan tidak hanya punya jalan cerita yang menarik, tapi juga kaya akan pelajaran dan nilai historis yang bisa memupuk nasionalisme dalam diri Si Kecil. Kali ini, M&B sudah merangkum beberapa film kemerdekaan yang bisa ditonton untuk menyambut HUT ke-77 RI. Ini film yang bisa Anda tonton, Moms.

1. Soekarno (2013)

Digarap oleh Hanung Bramantyo, film ini berkisah tentang perjalanan hidup Sang Proklamator, Soekarno, mulai sedari kecil hingga ia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Soekarno menampilkan Ario Bayu sebagai Bung Karno, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, dan Sujiwo Tejo. Wajib masuk daftar tonton nih, Moms!

2. Merah Putih (2009)

Film pertama dari Trilogi Merdeka ini menceritakan perjuangan pasukan gerilya saat menghadapi peristiwa Agresi Militer Belanda I. Konflik tak hanya seputar mempertahankan kedaulatan negara, tapi juga memperjuangkan tujuan bersama di tengah perbedaan suku, budaya, dan agama di antara pasukan. Disutradarai oleh Yadi Suganda, film ini diproduksi secara kolaboratif antara rumah produksi Indonesia dan internasional, lho.

3. Laskar Pemimpi (2010)

Film kemerdekaan tak melulu tegang dan serius. Ya, Laskar Pemimpi mampu menghadirkan semangat kemerdekaan meski bergenre komedi. Dibintangi oleh Project Pop dan disutradarai oleh Monty Tiwa, film ini menceritakan perjuangan pasukan gerilya Indonesia saat Agresi Militer Belanda II terjadi pada tahun 1948. Ajak Si Kecil menonton film ini yuk, Moms!

4. Darah Garuda (2010)

Film ini merupakan sekuel kedua dari film Merah Putih yang tayang pada tahun sebelumnya. Disutradarai oleh Yadi Sugandi dan Conor Allyn, Darah Garuda kembali menceritakan perjuangan sekelompok kadet yang bergerilya di masa Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film biografi ini menceritakan perjalanan hidup salah satu pahlawan pergerakan nasional, yakni Haji Oemar Said Tjokroaminoto alias H.O.S Tjokroaminoto. Sebagaimana yang kita ketahui, Tjokroaminoto juga didaulat sebagai guru bangsa karena telah menjadi guru bagi para pemimpin negeri, seperti Soekarno.

6. Soegija (2012)

Digarap oleh Garin Nugroho, film ini mengambil cerita dari catatan harian pahlawan nasional Albertus Soegijapranata, SJ, yang juga merupakan uskup (pemimpin gereja katolik) pribumi pertama di Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Mendapuk budayawan Nirwan Dewanto untuk memerankan sosok Soegija, film ini berlatar Perang Kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada tahun 1940-1949, dan menceritakan peran Soegija dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia dengan caranya sendiri. Very inspiring!

7. Bumi Manusia (2019)

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan menampilkan Iqbaal Ramadhan sebagai karakter utamanya, Bumi Manusia menceritakan perjuangan Minke, seorang pribumi terpandang yang sangat mengagumi Eropa, melawan ketidaksetaraan rasial selama masa pendudukan Belanda di Indonesia. Film yang berdurasi hampir 3 jam ini sarat akan nilai kebangsaan yang selaras dengan semangat kemerdekaan.

8. Perburuan (2019)

Perburuan diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Berlatar belakang 6 bulan setelah tentara PETA (Pembela Tanah Air) gagal melawan tentara Jepang, film ini menceritakan tentang seorang tentara PETA bernama Hardo (Adipati Dolken) yang kabur dari jeratan Jepang ke kampung halamannya. Perburuan menceritakan sisi lain kemerdekaan, di mana Soekarno dan Hatta tidak menjadi pusat cerita. Oleh karena itu, jangan lupa tonton film garapan Richard Oh ini ya, Moms!

9. Jenderal Soedirman (2015)

Film biopik ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman (Adipati Dolken) saat memimpin perang gerilya melawan Belanda pada tahun 1948. Kala itu Soekarno dan Hatta ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka, menyisakan pertahanan tentara nasional pimpinan Jenderal Soedirman di garda terdepan untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia. Meski sedang menderita penyakit paru-paru berat, Jenderal Soedirman dan pasukannya berhasil memenangkan perang melawan Belanda ini. Must watch!

10. De Oost (2020)

Film produksi kolaboratif antara Belanda dan Indonesia ini berlatarkan tahun 1946, ketika Indonesia memasuki masa Revolusi Nasional Indonesia. De Oost menceritakan tentang seorang prajurit muda Belanda bernama Johan, yang mulai mempertanyakan perjuangannya saat berperang bersama Kapten Raymond Westerling di Sulawesi Selatan.

11. Kartini (2017)

Film besutan Hanung Bramantyo ini diadaptasi dari film R.A Kartini yang tayang pada 1984 silam. Menggaet Dian Sastrowardoyo sebagai sosok Kartini, film ini menceritakan perjalanan Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita pada zamannya. Perjuangan bermula sejak ia masih kecil ketika ia mendapati ibunya diperlakukan tanpa rasa hormat oleh keluarga besarnya sendiri. Wah, tentu film yang sangat menginspirasi ya, Moms!

12. Kadet 1947 (2021)

Terinspirasi dari kisah nyata, film garapan Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini menceritakan peran para kadet (calon penerbang Angkatan Udara Republik Indonesia) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada 29 Juli 1947, para kadet mengebom markas Belanda di Semarang dan Ambarawa. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Tribun)