Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

12 Pewarna Makanan Alami yang Aman, Sehat, dan Mudah Didapat

12 Pewarna Makanan Alami yang Aman, Sehat, dan Mudah Didapat

Siapa yang tak tertarik melihat cookies berwarna cerah, rainbow cake, jajanan pasar dengan warna cantik yang menggiurkan, sampai gulali warna-warni dengan bentuk yang lucu? Bukan hanya Anda, Si Kecil pun juga pasti tergugah seleranya.

Melihat cantiknya warna-warni pada makanan dan minuman, Moms mungkin penasaran bagaimana mendapatkan warna-warna indah itu dan menerapkannya pada hidangan Anda. Menggunakan pewarna makanan buatan memang menjadi pilihan mudah. Namun, penggunaan pewarna makanan buatan memiliki efek buruk, di antaranya bisa menyebabkan alergi, membuat anak hiperakif, serta bisa berakibat kanker.

Tentunya Moms tidak ingin mengambil risiko dari efek buruk penggunaan pewarna makanan buatan, kan? Nah, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar yang tentunya lebih aman dan sehat. Moms bisa mendapatkan warna-warna yang akan mempercantik makanan atau minuman Anda dengan bahan tersebut.

1. Daun pandan

Daun pandan tampaknya jadi andalan para ibu bila ingin memberikan pewarna alami hijau pada makanannya, terutama saat membuat jajanan tradisional. Tak hanya memberikan warna hijau yang cantik pada makanan, penggunaan daun pandan pada makanan pun akan membuat makanan jadi lebih wangi dan sedap. Moms bisa mencampur daun pandan dan air untuk dihaluskan, lalu ambil ekstrak daun pandan setelah disaring.

Baca juga: Tak Hanya Harum, Ini 8 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

2. Daun suji

Bila tak ada daun pandan, Moms bisa memanfaatkan daun suji untuk memberikan warna hijau alami pada makanan atau minuman Anda. Daun suji dan daun pandan memang sulit dibedakan karena bentuknya yang terlalu mirip. Untuk mendapatkan warna hijau dari daun suji, Moms bisa lumatkan daun suji lalu mencampurnya dengan air, kemudian ambil air perasan daun suji untuk dicampurkan pada makanan atau minuman Anda.

3. Bayam

Sayur yang kaya zat besi ini bisa menjadi alternatif pewarna hijau alami untuk makanan Anda. Moms hanya perlu merebusnya sebentar dengan air, lalu haluskan dan ambil ekstrak airnya.

4. Teh hijau

Selain daun pandan dan daun suji, Moms bisa mendapatkan warna hijau alami dari teh hijau. Teh hijau kaya nutrisi, antioksidan, dan serat. Anda bisa menggiling halus daun teh hijau lalu mencampurkannya ke makanan Anda.

5. Wortel

Warna kuning atau jingga yang alami bisa Anda dapatkan dari wortel. Sayuran yang satu ini kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Untuk digunakan sebagai pewarna, Moms bisa campurkan wortel dengan air, lalu blender dan ambil sarinya.

6. Kunyit

Untuk mendapatkan warna kuning cerah, Moms bisa manfaatkan kunyit. Kandungan curcumin pada kunyit bermanfaat sebagai antiinflamasi. Selain itu, bumbu dapur satu ini juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan dan mencegah kanker. Untuk memberikan warna kuning pada makanan Anda, Moms bisa memarut beberapa ruas kunyit dan ambil ekstrak airnya.

7. Buah naga

Ingin mendapatkan warna merah yang cantik dan alami untuk makanan Anda? Jangan bingung, manfaatkan saja buah naga. Selain baik untuk pencernaan, buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh lho, Moms. Untuk mendapatkan warna merahnya, Anda bisa blender buah naga kemudian saring untuk diambil ekstrak atau jus buah naga tersebut.

8. Strawberry

Warna merah muda yang cantik untuk makanan atau minuman Anda bisa didapat dengan memanfaatkan buah strawberry. Selain memiliki rasa yang segar, mengonsumsi strawberry juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak.

9. Buah bit

Kandungan senyawa betanin pada buah bit bisa dimanfaatkan sebagai pewarna merah alami untuk makanan Anda. Buah bit juga menjadi sumber vitamin C, zat besi, dan magnesium yang baik untuk tubuh. Moms bisa memanfaatkan buah bit sebagai pewarna alami makanan dengan cara menghaluskannya lalu menyaringnya untuk diambil sari buahnya.

10. Ubi ungu

Warna ungu alami untuk makanan bisa didapat dengan memanfaatkan ubi ungu. Ubi ungu kaya serat dan bermanfaat untuk meningkatkan mood dan selera makan. Selain mengambil warna ungu dari kulitnya, ubi ungu juga biasa menjadi bahan utama untuk pembuatan donat, bolu, maupun puding.

11. Blueberry

Untuk memberikan warna biru keunguan nan cantik pada hidangan Anda, Moms bisa manfaatkan blueberry. Buah ini kaya vitamin C dan bisa mencegah penuaan dini. Warna ungu kebiruan ini bisa Anda dapatkan dengan cara menghaluskan blueberry yang dicampur air dengan blender, lalu ambil airnya setelah disaring.

12. Kluwek

Kluwek merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang bisa menjadi bahan pewarna hitam alami untuk makanan. Kluwek yang biasa digunakan untuk membuat rawon ini punya manfaat untuk menurunkan kolesterol dan memudahkan tidur. Warna hitam alami dari Kluwek bisa didapat dengan cara menghaluskannya lalu dicampur dengan hidangan Anda.

Kini sudah siap menghidangkan makanan atau minuman penuh warna nan sehat untuk keluarga Anda, Moms? (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Chandlervid85/Freepik)