Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Belanja di Thrift Shop, Intip Rekomendasinya!

5 Tips Belanja di Thrift Shop, Intip Rekomendasinya!

Moms, pernah belanja di thrift shop? Faktanya, barang-barang bekas yang dijual masih memiliki kualitas baik. Dan yang lebih menyenangkan lagi adalah harganya yang lebih murah daripada harga aslinya, tetapi kualitasnya masih bagus.

Berbelanja di thrift shop saat ini tengah jadi tren di kalangan anak muda sampai dewasa hingga muncul istilah thrifting. Anda tentu akan merasa beruntung jika mendapat barang yang diinginkan dengan harga miring. Namun, sebelum berbelanja di thrift shop, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Lihat detail barang. Penjual biasanya tidak bertanggung jawab dengan cacat yang ada pada barang bekas. Jadi, Moms harus lebih teliti dengan pakaian atau barang lainnya yang ingin dibeli. Perhatikan jahitan, warna, sampai noda yang mungkin ada di pakaian incaran Anda. Pastikan juga barang yang Anda mau berasal dari brand yang asli dan bukan barang palsu atau KW.

2. Cari thrift shop yang sudah menyortir dan mengurasi barang-barang yang dijual. Hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk melihat kondisi barang yang diinginkan dengan lebih baik. Nilai dari barang yang akan dibeli juga bisa lebih terlihat sudah sesuai atau belum dengan harga jualnya.

3. Kenali seni tawar-menawar harga di thrift shop. Biasanya, barang-barang yang ditemukan saat thrifting di toko offline bisa ditawar sehingga Anda dan penjual bisa mendapatkan harga yang disepakati. Namun untuk di toko online, Moms mungkin perlu berdiskusi lewat chat dengan penjual untuk urusan harga. Ada beberapa toko yang bisa menerima tawar-menawar, tapi ada juga thrift shop yang sudah memberikan harga pasti pada barang jualannya.

4. Setelah berbelanja, pastikan barang yang dibeli dikemas dengan aman, apalagi barang thrifting dibeli secara online dan berupa barang pecah belah. Minta pada penjual untuk membungkusnya dengan bubble wrap serta kardus jika diperlukan.

5. Jika barang sudah di tangan, segera cuci sebelum digunakan. Seperti pakaian, rendam dulu di air panas dan juga cairan antiseptik sebelum dicuci dengan tangan agar bersih. Jangan lupa pakai pelembut, kemudian jemur di bawah matahari agar kualitas pakaian terjaga baik dan siap dipakai.

Nah, setelah tahu poin-poin penting berbelanja di thrift shop, sekarang waktunya thrifting, Moms! Berikut ini rekomendasi thrift shop online yang aman dan tepercaya dari M&B untuk tempat Anda berbelanja.

1. @closet_shoppingspree

Untuk Moms yang mencari baju pesta berupa dress maupun outer, Anda bisa mengintip koleksi @closet_shoppingspree, seperti outer putih dengan detail mutiara dan bunga yang bisa membuat penampilan terlihat fancy. Akun ini juga memberikan foto referensi styling untuk membuat tampilan Anda makin cantik.

2. @nannycloset

Di koleksi @nannycloset, ada banyak atasan dan bawahan yang cantik untuk Moms pakai beraktivitas. Salah satunya adalah rok kuning dengan sentuhan putih dari salah satu brand terkenal. Dengan harga yang tentu lebih murah, Anda dapat memadukan rok ini dengan atasan yang Anda punya untuk tampilan penuh warna.

3. @secondary_preloved

Moms sedang mencari long coat atau baju tebal untuk koleksi pakaian musim dingin Anda? Mampir saja ke @secondary_preloved yang memiliki beragam jaket, coat, dan blazer. Casual long coat yang terbuat dari bahan wool lembut ini pun bisa Anda miliki. Jadi, Anda bisa lebih tenang jalan-jalan ke luar negeri saat musim dingin deh, Moms.

4. @heyfrankclub

Beragam koleksi dari @heyfrankclub mungkin cocok untuk Dads. Pasalnya, ada banyak jaket dan kemeja yang terbuat dari berbagai jenis bahan berkualitas, seperti jaket bomber oversized dari salah satu brand terkenal ini. Jaket ini tentu akan sangat nyaman Anda pakai saat bepergian.

5. @djadoelbersama

Temukan banyak model, motif, dan warna blazer sesuai keinginan Anda di @djadoelbersama. Salah satunya adalah blazer unisex bertekstur warna cokelat ini. Di setiap unggahan fotonya, akun ini juga memberikan detail atau kekurangan yang ada pada setiap blazer. Jadi, Moms bisa mempertimbangkan untuk membeli blazer yang diinginkan dengan lebih cermat.

6. @wabisabistoreid

Tidak hanya pakaian, di @wabisabistoreid juga tersedia beragam barang lainnya seperti sepatu dan beberapa aksesoris fashion lainnya, termasuk juga tas unik dari brand ternama dengan detail yang cantik dan cocok untuk para fashion enthusiasm ini. Dengan kondisi yang masih sangat baik, Anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah daripada harga barang aslinya, bukan?

7. @2nd_whynot

Satu lagi akun thrift shop yang juga menjual beragam fashion item adalah @2nd_whynot. Moms bisa temukan tas, kacamata, lipstick, hingga jam tangan cantik seperti di gambar. Tidak hanya aksesoris untuk perempuan, Anda juga dapat menemukan beberapa barang lain yang ditujukan untuk laki-laki.

Happy thrifting, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik, Instagram)