Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Janin

Moms, ketika sedang hamil, Anda tentu sering mendengar saran dan anjuran dari orang-orang di sekitar agar rutin minum air kelapa karena bisa membuat kulit bayi Anda nantinya putih atau rambutnya berwarna hitam dan lebat. Informasi tersebut bisa jadi hanya sekadar mitos dan belum tentu benar.

Jika ada yang mengatakan bahwa minum air kelapa bisa membantu kulit bayi lebih putih atau rambutnya jadi hitam dan lebat, perlu Anda ketahui bahwa belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut. Kondisi kulit maupun rambut bayi ditentukan oleh faktor genetik dan tidak ada kaitannya dengan minum air kelapa. Meskipun begitu, bukan berarti minum air kelapa tidak bermanfaat buat ibu hamil, lho.

Manfaat ibu hamil minum air kelapa

Saat hamil, Anda bisa mengonsumsi air kelapa karena ada sejumlah khasiat yang bisa diperoleh, baik untuk bumil maupun janin. Berikut ini beberapa manfaat ibu hamil minum air kelapa.

1. Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melenyapkan radikal bebas di tubuh. Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi air kelapa, pilihlah air kelapa yang segar, bukan air kelapa dalam kemasan.

2. Mengandung elektrolit

Selama hamil, Moms mungkin sering mengalami mual dan muntah atau dikenal dengan sebutan morning sickness. Saat mual dan muntah, Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh. Nah, kandungan elektrolit dalam air kelapa sangat baik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang sehingga bumil bisa terhindar dari dehidrasi.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Kondisi hamil juga membuat Moms kerap mengalami pegal dan nyeri akibat sistem sirkulasi darah yang tidak optimal. Hal ini bisa berisiko pada janin karena kurang mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan gangguan yang kerap dialami bumil. Hal ini dikarenakan selama hamil terjadi perubahan hormon dan tumbuh kembang janin di dalam rahim yang menekan kandung kemih. Air kelapa bisa menjadi diuretik alami yang akan membuat bumil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

5. Mencegah gangguan pencernaan

Ibu hamil juga sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Bila masalah ini tidak segera diatasi, kotoran akan menumpuk di pencernaan dan menimbulkan penyakit. Air kelapa dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang melawan bakteri di organ pencernaan.

Yang mesti diperhatikan saat ibu hamil minum air kelapa

Air kelapa memang punya banyak manfaat dan kebaikan untuk bumil. Meskipun demikian, Moms perlu memperhatikan beberapa hal berikut saat mengonsumsi air kelapa, yakni:

1. Pastikan air kelapa yang Anda minum berasal langsung dari buah kelapa yang muda dan segar, bukan air kelapa dalam kemasan. Jika perlu, saat membelinya, pedagang yang mengupas kelapa untuk mengeluarkan airnya melakukannya di depan Anda.

2. Usahakan untuk langsung mengonsumsi air kelapa segera setelah dikeluarkan dari buahnya, karena lebih segar dan nutrisi yang terkandung di dalamnya pun masih utuh.

3. Jika saat hamil Moms ternyata tidak menyukai air kelapa karena rasanya, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk meminumnya.

4. Bagi Moms yang menyukai rasanya, walaupun air kelapa terasa nikmat dan mengandung banyak manfaat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya apalagi hingga Anda lebih memilih air kelapa dibandingkan air putih, karena biar bagaimanapun, air putih adalah minuman yang utama dan terbaik. (M&B/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)


Read Next

More Frombump to birth