Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Deretan Film dan Serial tentang Ratu Elizabeth II dan Keluarga Kerajaan Inggris

Deretan Film dan Serial tentang Ratu Elizabeth II dan Keluarga Kerajaan Inggris

Pada 8 September 2022, seluruh masyarakat Britania Raya berduka karena wafatnya Ratu Elizabeth II di usia 96 tahun. Kematian sang ratu mengakhiri pemerintahan terlama dalam monarki Inggris, yakni selama 70 tahun sejak 1952. Peristiwa ini tak hanya menyita perhatian warga Inggris, tetapi juga dunia.

Ya, kehidupan keluarga Kerajaan Inggris selalu menjadi perhatian dunia. Jika dulu keluarga Kerajaan Inggris punya peran penting dalam politik dan hukum dunia, kini kehadiran mereka menjadi simbol tersendiri.

Menawan dan penuh misteri adalah beberapa kata yang cocok menggambarkannya. Maka, wajar jika ada banyak film yang berusaha menampilkan kehidupan keluarga Kerajaan Inggris. 

Ingin menyaksikan berbagai kisah keluarga Kerajaan Inggris? Berikut ini beberapa film dan serial yang menceritakan keluarga Kerajaan Inggris yang penuh asam-manis.

1. A Royal Night Out (2016)

A Royal Night Out adalah film fiksi bergenre komedi-romantis tentang petualangan Ratu Elizabeth II dan adiknya, Putri Margaret, sewaktu remaja. Berlatar tahun 1945 pascaperang, Putri Elizabeth (panggilannya sebelum naik tahta menjadi ratu) dan Putri Margaret berusaha mendapatkan pengalaman paling organik untuk merayakan perdamaian dunia. 

2. The Crown (2016-sekarang)

Serial ini mengisahkan masa pemerintahan Ratu Elizabeth II sejak pernikahannya dengan Pangeran Philip di tahun 1947 hingga sekarang, termasuk kisah pernikahan Pangeran Charles (sekarang Raja Charles III) dengan Diana Spencer. Meski begitu, Netflix menghentikan sementara proses penggarapan season terbaru The Crown untuk menghormati Ratu Elizabeth II yang baru saja wafat.

3. The Queen (2006)

The Queen merupakan film biografi Ratu Elizabeth II yang menceritakan berbagai peristiwa setelah meninggalnya Diana Spencer di tahun 1997. Pada momen ini, keluarga kerajaan menganggap bahwa kematian Diana tak perlu diperlakukan secara formal dalam tradisi keluarga kerajaan, yang ditentang oleh Perdana Menteri Tony Blair dan sang mantan suami, Pangeran Charles. Helen Mirren, yang memerankan sosok Ratu Elizabeth II di film ini berhasil memenangkan berbagai penghargaan dan menuai pujian dari sang ratu sendiri.

4. Victoria (2016-2019)

Serial yang terdiri dari 3 season ini menceritakan tentang hidup Ratu Victoria di periode tahun 1830-1850, mulai dikukuhkannya ia sebagai ratu di usia 18 tahun hingga munculnya berbagai tantangan politis saat Napoleon naik takhta menjadi kaisar Prancis.

5. The King’s Speech (2010)

Film ini menceritakan tentang perjalanan Pangeran Albert (Colin Firth) yang penuh keraguan berjuang mengatasi gangguan bicaranya, untuk naik takhta menjadi Raja George VI. Peristiwa ini berlatar tahun 1930-an, setelah kakaknya, Raja Edward VIII, melepas otoritas monarkinya untuk menikahi seorang sosialita asal Amerika Serikat. Raja George VI kelak menikah dengan Ratu Elizabeth the Queen Mother, yang kemudian menjadi orang tua dari Ratu Elizabeth II. 

6. Elizabeth (1998)

Elizabeth adalah film biografi tentang Ratu Elizabeth I yang dibintangi oleh Cate Blanchett sebagai Ratu Elizabeth I. Film ini menceritakan masa-masa awal Ratu Elizabeth I memerintah Britania Raya, usai meninggalnya kakak tirinya, Ratu Mary I yang sempat memenjarakannya. Ratu Elizabeth I juga dikenal sebagai the Virgin Queen setelah memproklamirkan diri menikah dengan tanah airnya dan tidak menjalin pernikahan dengan siapa pun.

7. Elizabeth: The Golden Age (2007)

Sekuel dari film Elizabeth ini menceritakan Ratu Elizabeth I di akhir masa pemerintahannya. Kini Ratu Elizabeth I (Cate Blanchett) dihadapkan pada permasalahan politik yang makin pelik, karena Kerajaan Spanyol bekerja sama dengan kelompok Jesuit di Inggris, berkomplot untuk menjatuhkan dan membunuh Ratu Elizabeth I. Film ini diakhiri dengan proklamasi Ratu Elizabeth I sebagai the Virgin Queen dan ibu dari seluruh bangsa Inggris.

8. The King (2019)

The King mengisahkan kebangkitan Raja Henry V “Hal” dalam menghadapi berbagai politik istana dan perang yang belum selesai sepeninggal ayahnya, Raja Henry IV. Peristiwa ini semakin kompleks mengingat Hal tidak dekat dengan ayahnya dan menghabiskan masa mudanya dengan mabuk-mabukan, pelacuran, dan bersenang-senang. Kisah ini didasarkan dari beberapa pertunjukan teater William Shakespeare berjudul Henriad.

9. Mary Queen of Scots (2018)

Didasarkan pada buku biografi John Guy yang berjudul Queen of Scots: The True Life of Mary Stuart, film ini menceritakan kepulangan Queen Mary of Scots (Saoirse Ronan) ke Skotlandia setelah suaminya, King Francis II of France, meninggal dunia. Di sini ia menghadapi berbagai skema politik yang mengancam kekuasaannya.

10. The Other Boleyn Girl (2009)

Drama historis-romantis ini diadaptasi dari novel buatan Philippa Gregory berjudul sama. The Other Boleyn Girl menceritakan kehidupan fiktif aristoktrat Inggris bernama Mary Boleyn dan Anne Boleyn, yang penuh pengkhianatan dan siasat demi menjadi istri dari Raja Henry VIII. Anne Boleyn kemudian berhasil menjadi Ratu Inggris dan melahirkan Elizabeth yang kemudian menjadi Ratu Elizabeth I.

Selamat menonton, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/foto: Harper’s Bazaar)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle