Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Sinopsis dan Fakta Menarik Film Noktah Merah Perkawinan

Sinopsis dan Fakta Menarik Film Noktah Merah Perkawinan

“Tampar aku, Mas! Tampar!” Kalimat tersebut mungkin sudah tak asing lagi bagi Moms yang dulu suka menonton sinetron Noktah Merah Perkawinan di tahun 90-an. Kini, Moms bisa bernostalgia dengan drama pernikahan ikonis ini dengan menonton adaptasi filmnya di bioskop, lho!

Ya, tayang sejak 15 September 2022, film Noktah Merah Perkawinan tentunya perlu masuk ke dalam daftar tonton Anda. Dibintangi oleh Oka Antara, Marsha Timothy, dan Sheila Dara, film ini menyajikan kisah lika-liku kehidupan rumah tangga yang menyayat hati, layaknya kisah yang diceritakan sinetron pendahulunya.

Apakah Moms sudah menonton film Noktah Merah Perkawinan di bioskop? Baik sudah menonton atau belum, yuk, simak sinopsis dan fakta menariknya di sini!

Sinopsis film Noktah Merah Perkawinan

Film ini mengisahkan pasangan suami istri, Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang Priambodo (Oka Antara), yang sudah 11 tahun bersama. Gilang adalah seorang arsitek yang memulai bisnisnya sendiri, yang berfokus pada menghias pekarangan rumah dan lanskap. Sedangkan Ambar adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus pengajar di workshop keramik. Gilang dan Ambar kemudian dikaruniai 2 orang anak, yakni Bagas dan Ayu.

Meski tampak serasi dan bahagia, hubungan Ambar dan Gilang mulai terasa hambar dan penuh tantangan. Terlebih lagi karena adanya campur tangan orang tua di dalam perkawinan mereka.

Di kelas keramiknya, Ambar kemudian berteman akrab dengan Yuli (Sheila Dara), yang merupakan muridnya. Ambar pun membuka diri dan menceritakan permasalahan rumah tangganya ke Yuli, karena merasa nyaman dan percaya kepadanya. Di sisi lain, Yuli juga sangat menghormati dan mengagumi sosok Ambar.

Sementara itu, Gilang mulai mengenal Yuli yang ketika itu sedang mencari arsitek lanskap untuk menata kafe milik pacarnya. Gilang pun setuju melakukan proyek tersebut dan mereka berkenalan lebih dalam. Seiring berjalannya waktu, hubungan Gilang dan Yuli semakin dekat.

Gilang tampak lebih bahagia dan rileks saat bersama Yuli, dan Yuli perlahan juga menyadari bahwa ia jatuh cinta kepada Gilang. Meski begitu, di momen ini Yuli sudah tahu status Gilang yang merupakan suami dari Ambar, guru sekaligus sosok yang ia hormati. Ambar pun kemudian mulai curiga dengan kedekatan Gilang dan Yuli.

Pergumulan rumah tangga Ambar dan Gilang akhirnya berada di puncaknya. Apakah Ambar dan Gilang mampu menyelamatkan rumah tangga mereka? Temukan jawabannya dengan menonton film Noktah Merah Perkawinan di bioskop ya, Moms!

Fakta menarik, mulai pernah gagal tayang hingga kameo ikonis

Enggak hanya jalan cerita yang menarik hati, film ini juga punya banyak fakta menarik, lho. Berikut ini beberapa fakta menarik film Noktah Merah Perkawinan.

1. Diadaptasi dari sinetron legendaris

Film ini diadaptasi dari sinetron legendaris tahun 90-an yang berjudul sama. Sinetron Noktah Merah Perkawinan tayang pada 1996-1998 dan menampilkan Ayu Azhari sebagai Ambar, Cok Simbara sebagai Priambodo, dan Berliana Febriana sebagai Yulinar. Sinetron ini tayang sebanyak 3 season dan berhasil memenangkan berbagai penghargaan.

2. Pernah gagal rilis

Seluruh proses syuting Noktah Merah Perkawinan sebenarnya sudah selesai pada tahun 2020 dan dijadwalkan untuk rilis di pertengahan tahun 2021. Sayangnya, film ini tidak jadi tayang di tahun 2021 karena kondisi yang tak menentu akibat pandemi COVID-19.

3. Orang-orang penuh talenta di belakang layar

Tidak hanya dibintangi aktris dan aktor papan atas, film ini juga memiliki tim belakang layar yang patut diancungi jempol. Film Noktah Merah Perkawinan disutradarai oleh Sabrina Rochelle Kalangie. Sebelumnya, Sabrina menyutradarai film Terlalu Tampan (2019) dan Culas (2021). Film Terlalu Tampan kemudian berhasil membawanya sebagai nominasi di Piala Maya 2019. Film Noktah Merah Perkawinan ditulis oleh Sabrina Rochelle Kalangie dan Titien Wattimena.

4. Diproduksi oleh rumah produksi yang sama dengan sinetron pendahulu

Film Noktah Merah Perkawinan diproduksi oleh Rapi Film, yakni rumah produksi yang juga membuat sinetron Noktah Merah Perkawinan. Bahkan, film ini juga dibuat oleh produser yang sama dengan versi sinetronnya, yaitu Gope T. Samtani.

5. Munculnya Ayu Azhari sebagai kameo

Noktah Merah Perkawinan mungkin bisa terasa kurang tanpa kehadiran Ayu Azhari. Eits, tak perlu sedih, karena Ayu Azhari juga turut membintangi film ini, lho. Di film ini, Ayu Azhari memerankan Kartika, psikolog yang berusaha membantu Ambar dan Gilang mengembalikan keharmonisan rumah tangga mereka.

6. Disandingkan dengan film Hollywood

Sejak pertama kali rilis pada 15 September lalu, film Noktah Merah Perkawinan sempat menjadi isu paling trendi di Twitter. Pasalnya, adegan pertengkaran antara Ambar dan Gilang di dapur sempat disandingkan dengan adegan ikonis Nicole Barber (Scarlett Johansson) dan Charlie Barber (Adam Driver) dari film Marriage Story yang tayang 2019 silam. Banyak dari netizen yang sepakat bahwa adegan pertengkaran Ambar dan Gilang lebih menyayat hati daripada adegan Nicole dan Charlie, lho.

7. Pembuatan ulang lagu asli

OST atau original soundtrack film Noktah Merah Perkawinan dibuat ulang dari versi sinetronnya, Moms. Berjudul sama dengan film dan sinetronnya, lagu OST film ini dinyanyikan ulang oleh Isabel Azhari, putri dari Ayu Azhari. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Rapi Film/Youtube)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle