Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Serunya Perayaan Hari Batik Nasional 2022, Berhasil Raih Rekor MURI!

Serunya Perayaan Hari Batik Nasional 2022, Berhasil Raih Rekor MURI!

Moms, sudah pada tahu dong ya, kalau setiap tanggal 2 Oktober kita peringati sebagai Hari Batik Nasional. Ya, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang tentunya bisa menjadi kebanggaan kita semua.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB alias UNESCO bahkan telah menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009 lalu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Dengan adanya peringatan Hari Batik Nasional ini diharapkan masyarakat Indonesia semakin meningkatkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap batik.

Usung tema #KabarBatikHariIni 

Nah, pada perayaan Hari Batik Nasional tahun ini, Yayasan Batik Indonesia (YBI) yang merupakan organisasi nonprofit yang memiliki misi sosial, budaya, dan ekonomi, yang bertujuan untuk pelestarian, perlindungan, pengembangan, dan pewartaan batik nasional mengusung tema #KabarBatikHariIni.

Lewat tema ini, YBI mengajak masyarakat untuk kembali menggaungkan kabar baik tentang batik melalui platform online maupun offline dengan tujuan kembali menumbuhkan kecintaan masyarakat akan kain batik dan semua budaya yang terkait dengannya.

Fashion show di catwalk terpanjang

Sebagai acara puncak, kemarin, 2 Oktober 2022, YBI menyelenggarakan Batik Street Fashion Show, yaitu peragaan busana batik oleh para selebriti ibu kota seperti Jerome Kurnia, Shareefa Danish, Asmara Abigail, Pangeran Lantang, dan Kevin Ardilova.

catwalk

Selain itu, Gita Pratama (Ketua Umum YBI), Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian), Jajaran Kementerian Perindustrian, Finalis Abang None Jakarta, Timnas Basket Putra Putri Perbasi, dan masih banyak lainnya juga turut meramaikan peragaan busana batik kali ini.

Aksi fashion show pada #HariBatikNasional2022 yang dilakukan di area car free day, tepatnya yang dimulai dari Bundaran Senayan dan berakhir di depan mal FX Sudirman, ini berhasil mendapatkan penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai kategori Peragaan Busana Batik dengan Catwalk Terpanjang, sepanjang 600 meter.

muri

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Perindustrian kepada Ketua Yayasan Batik Indonesia, Gita Permana, yang disaksikan oleh Direktur MURI, Aylawati Sarwono.

Puas melihat peragaan busana batik di catwalk, masyarakat yang hadir di perayaan batik kali ini juga dihibur oleh band papan atas Indonesia, yaitu Maliq & D'Essentials. Grup musik beraliran jazz ini membawakan lagu-lagu hits mereka dan berhasil membuat masyarakat untuk turut bernyanyi bersama.

maliq

Pameran batik karya anak bangsa

Tak hanya menggelar serangkaian kegiatan menarik, bertepatan dengan Hari Batik Nasional ini, Moms juga bisa ajak keluarga melihat pameran batik dari 27 pengrajin batik yang berasal dari berbagai daerah di Mal FX Sudirman. Sementara itu di Plaza Indonesia, Anda bisa melihat koleksi batik dari Yayasan Batik Indonesia.

Untuk Anda yang belum sempat berkunjung ke pameran batik ini, jangan khawatir, Moms, karena pameran batik ini akan berlangsung hingga 9 Oktober 2022 mendatang.

Sebagai penutup rangkaian acara Hari Batik Nasional 2022 ini, mulai 12 Oktober 2022 mendatang akan diadakan pameran batik yang menampilkan 80 koleksi Batik Nitik di Museum Tekstil (Museum Seni), Jakarta Barat.

So, jangan sampai terlewat ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: MRA Media, Rizki Rahmat, M&B)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle