Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Rekomendasi Brand dengan Koleksi Batik Indah nan Bermakna

8 Rekomendasi Brand dengan Koleksi Batik Indah nan Bermakna

Batik menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang diakui dunia. Dan menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh di bulan Oktober ini, Moms bisa menambah koleksi batik semakin variatif. Mulai dari kemeja, blouse, rok, sampai dress bisa Moms miliki dengan motif batik yang penuh makna. Dari brand batik kecil sampai yang legendaris, yuk intip ragam koleksi batik cantik dari akun-akun berikut ini!

1. Wesa Dakara

Wesa Dakara merupakan salah satu brand yang memiliki koleksi batik dengan style yang cocok untuk gen Y maupun gen Z. Seperti di foto ini, Moms bisa mengenakan blouse dengan motif Parang Solet ataupun Malai yang cocok untuk tampilan formal. Ada juga koleksi outer yang bisa menambah tampilan stylish Anda saat beraktivitas.

2. Sovinska

Ragam kain batik dan tenun cantik bisa Moms temukan di Sovinska. Tersedia kemeja, blouse, dress, hingga setelan untuk Anda pakai pada acara formal ataupun santai. Warnanya yang cukup kalem akan membuat Moms tampil lebih elegan dan bahkan bisa kembaran dengan Dads juga.

3. Reetha

Moms bisa mengintip koleksi beragam model pakaian dengan motif batik cantik di Reetha. Brand ini memiliki motif batik yang bervariasi pada outer, tanktop, celana, rok, dan dress. Terdapat juga setelan yang menawan dengan warna-warna cerah yang akan menambah percaya diri Anda.

4. Batik Kultur

Motif Tebaran Parang in Mint Grey Pink Brown dari Batik Kultur bisa menjadi koleksi batik terbaru Anda. Bisa dipadukan dengan atasan senada untuk acara formal ataupun kaus untuk acara santai. Batik ini tersedia dalam ukuran XS sampai XXXL. Selain itu, ada juga kebaya yang bisa Anda pakai saat menghadiri pesta.

5. Shiroshima

Shiroshima merupakan salah satu brand yang membuat pakaian dengan motif batik cap dan tulis buatan tangan, seperti koleksi baju warna merah ini yang hadir dengan motif sama tapi model pakaian yang berbeda. Moms bisa mengenakannya di berbagai acara, mulai dari atasan, bawahan, dan outer untuk wanita maupun pria.

6. Danar Hadi

Merupakan salah satu brand batik yang sudah ada sejak 1967, Danar Hadi menghadirkan beragam fashion stuff dengan motif batik. Mulai dari dress, blouse, kemeja, hingga scarf dan tas jinjing yang bisa Anda pakai untuk berbagai acara. Motifnya tersedia dalam batik tulis maupun batik cap asli dan berkualitas.

7. Dama Kara

Gaya fashion setiap orang tentu istimewa, seperti beragam model pakaian dari Dama Kara. Tersedia outer, cardigan, rok, dan atasan dengan motif batik yang indah. Warnanya pun cenderung kalem, memberikan kesan tenang yang menawan saat Moms mengenakannya di berbagai acara.

8. Batik Keris

Satu lagi brand batik yang sudah hadir di Indonesia sejak 1946, yaitu Batik Keris. Brand legendaris ini memiliki banyak model pakaian dengan motif batik yang sederhana maupun rumit, namun tetap indah saat dipakai beraktivitas. Selain membelinya langsung di toko offline, Moms juga bisa berbelanja koleksi batik dari Batik Keris melalui laman online mereka.

Agar motif batik tetap indah, awet, dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawatnya. Saat pertama kali mencuci batik, sebaiknya rendam dahulu dalam air hangat agar lilin batik bisa terpisah dan sisa pewarna tidak luntur ke baju lainnya. Selain itu, pisahkan proses mencuci batik terang dan gelap serta gunakan detergen yang aman khusus untuk kain batik Anda. Have a great style with batik, Moms! (M&B/Vonia Lucky/TW/Foto: Ema Lalita/Unsplash, Instagram)