Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Film Indonesia Romantis tentang Pernikahan dan Rumah Tangga

8 Film Indonesia Romantis tentang Pernikahan dan Rumah Tangga

Romantisme percintaan manusia adalah salah satu genre film yang paling populer di dunia. Menyaksikan kisah kasih yang bersemi di antara dua insan dan pergolakan drama di dalamnya bisa menjadi hiburan tersendiri atau memberi pelajaran hidup penuh makna. Apalagi jika film tersebut menceritakan isu rumah tangga.

Dengan permasalahan yang terasa begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, tak heran jika film tentang pernikahan digemari oleh banyak orang. Kali ini, M&B telah merangkum beberapa film Indonesia terbaik yang mengisahkan pernikahan dan berbagai polemik di dalamnya. Yuk, scroll ke bawah, Moms!

1. Critical Eleven (2017)

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ika Natassa, film ini menceritakan tentang Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti) yang dihadapkan akan arti cinta dan pergumulan antara ego dan komitmen. 11 menit momen awal pertemuan mengantarkan mereka pada jenjang pernikahan dan semua terasa indah, hingga tantangan mulai bermunculan.

2. 7 Hari 24 Jam (2014)

Film yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini mengisahkan sepasang suami istri, yakni Tania (Dian Sastrowardoyo) dan Tyo (Lukman Sardi), yang super sibuk namun tetap penuh komitmen terhadap keluarga mereka. Dinamika keluarga workaholic ini kemudian berubah saat Tyo dan Tania jatuh sakit, lalu menghabiskan waktu bersama selama seminggu penuh karena dirawat bersamaan.

3. Teman Tapi Menikah 2 (2020)

Film ini merupakan kelanjutan dari film Teman Tapi Menikah yang tayang pada 2018. Diangkat dari novel karya Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion, Teman Tapi Menikah 2 menceritakan kelanjutan kisah cinta antara Ayudia dan Ditto di jenjang pernikahan. Kini persahabatan mereka tak lagi terasa sama, terutama saat Ayudia tengah mengandung anak pertama mereka.

4. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga (2018)

Bergenre komedi-romantis, film spin off dari Ada Apa dengan Cinta? ini menceritakan Milly (Sissy Priscillia) dan Mamet (Dennis Adhiswara) yang sedang sibuk mengurus buah hati mereka. Pernikahan mereka menghadapi tantangan ketika Mamet dihadapkan kepada pilihan mengejar cita-cita atau keharmonisan keluarga dan Milly menjalani perannya sebagai ibu baru.

5. Cinta Laki-laki Biasa (2016)

Seperti judulnya, Cinta Laki-laki Biasa menceritakan perjuangan Rafli (Deva Mahendra), seorang pria biasa dengan karier yang juga biasa saja, mempertahankan rumah tangganya dengan Nania (Velove Vexia), perempuan dengan status sosial jauh di atasnya yang mengalami amnesia. Dengan berbagai pertentangan dari keluarga Nania, Rafli tak hanya perlu membuktikan diri kepada Nania, tapi juga kepada keluarganya.

6. Noktah Merah Perkawinan (2022)

Noktah Merah Perkawinan diadaptasi dari sinetron legendaris tahun 90-an berjudul sama. Film ini menceritakan tentang pernikahan Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang (Oka Antara) yang berada di ujung tanduk setelah 11 tahun menikah. Masalah yang tak kunjung selesai, campur tangan orang tua, dan kemunculan orang ketiga membuat Ambar memikirkan kembali soal arti cinta dan pernikahan.

7. Wedding Agreement (2019)

Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Eria Chuzaimiah ini mengangkat tema perjodohan dalam pernikahan. Bian (Refal Hady) menikah dengan Tari (Indah Permatasari) demi membahagiakan ibunya. Namun, ternyata Bian masih menjalin hubungan asmara dengan kekasihnya, Sarah (Aghniny Haque). Di sini, Tari berusaha untuk memenangkan hati Bian dari Sarah.

8. Twivortiare (2019)

Film garapan Benny Setiawan ini mengisahkan pergulatan cinta antara Beno (Reza Rahadian) dan Alexandra (Raihaanun). Setelah menjalin kasih dari pertemuan sederhana mereka beberapa bulan, Beno dan Alexandra memutuskan untuk menikah. Namun sayang, pernikahan mereka kandas akibat gaya hidup metropolitan yang menguras waktu dan tenaga mereka. Meskipun begitu, benih cinta kemudian kembali bermunculan melalui pertemuan-pertemuan manis.

Selamat menonton, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/TW/Foto: Twivortiare)