Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Museum Penuh Sejarah yang Bisa Moms Kunjungi Bersama Keluarga

7 Museum Penuh Sejarah yang Bisa Moms Kunjungi Bersama Keluarga

Salah satu cara terbaik untuk mengenal sejarah adalah dengan mengunjungi museum. Menurut Kemendikbud, di Indonesia terdapat 439 museum per 2020 dengan isi yang beragam. Dan pada 12 Oktober pun diperingati sebagai Hari Museum Nasional.

Moms bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajak Si Kecil dan keluarga berkunjung ke museum. Kali ini, M&B akan kenalkan beberapa museum yang ada di sekitaran Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Intip isi dari setiap museum selengkapnya yuk, Moms!

1. Museum Kesejarahan

Akun Instagram @museumkesejarahan merupakan akun resmi yang mengelola empat museum. Keempatnya adalah Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan Museum Fatahillah, Museum Joang’45, Museum Taman Prasasti, dan Museum M.H Thamrin. Masing-masing museum tersebut tentu memiliki kisah sejarah dan merupakan saksi bisu dari perjalanan bangsa Indonesia yang bisa Anda pelajari. Museum-museum ini terletak di beberapa lokasi di Jakarta. Pastinya akan menyenangkan jika Anda dan keluarga meluangkan waktu untuk berkunjung sekaligus mengenal lebih jauh tentang sejarah.

2. Museum Seni Rupa dan Keramik

Di Museum Seni Rupa dan Keramik (MSRK), Anda akan melihat berbagai karya seni berupa lukisan, patung, serta sketsa dari para seniman ternama. Museum ini berlokasi di kawasan Kota Tua dengan bentuk bangunan yang cukup megah. Selain melihat karya seni mengagumkan, Moms dan Si Kecil juga bisa mengikuti workshop untuk membuat gerabah. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan mengirimkan DM ke akun @museum_keramikjkt atau @museum_senijkt.

3. Museum Nasional Indonesia

Moms mungkin familiar dengan nama Museum Gajah. Namun, tempat ini memiliki nama asli Museum Nasional Indonesia. Di museum ini ada banyak ruangan yang bisa Anda kunjungi, mulai dari pameran tetap yang buka setiap hari, lalu ada Ruang Imajinasi ImersifA, pameran tunggal maupun kolaborasi, serta acara yang dibuat dalam kurun waktu tertentu. Moms juga bisa ajak Si Kecil untuk belajar menari tarian budaya Indonesia di museum ini, lho.

4. Museum Gedung Sate

Bagi Anda yang ingin ke Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Museum Gedung Sate. Menghadirkan tema “Smart Museum”, museum ini akan memberikan pengalaman baru bagi pengunjung. Museum ini menyajikan berbagai informasi mengenai sejarah pembangunan Gedung Sate dengan perpaduan teknologi digital melalui teknologi Augmented Reality (AR) dan teater proyeksi 4D. Moms dan keluarga akan merasakan pengalaman yang edukatif dan tentunya interaktif mengenal masa lalu Kota Bandung.

5. Museum Konperensi Asia Afrika

Satu lagi museum yang wajib dikunjungi saat ke Bandung adalah Museum Konperensi Asia Afrika. Di dalamnya terdapat sejumlah koleksi yang dipamerkan, berupa benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter peristiwa pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika tahun 1955. Anda pun bisa berfoto di depan berbagai bendera negara-negara peserta KAA yang terpajang hingga saat ini.

6. Diorama Arsip Jogja

Seperti namanya, Diorama Arsip Jogja merupakan ruang kearsipan yang dapat menjelaskan sejarah DIY secara runtut. Tempat ini mengisahkan jejak awal berdirinya Yogyakarta dari masa Panembahan Senopati hingga menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejarah yang kurang lebih berusia 430 tahun ini terangkum dalam 18 ruangan yang berlokasi di Gedung DPAD DIY. 

7. Museum Ullen Sentalu

Moms dan keluarga juga bisa mengenal sejarah kerajaan dan budaya Jawa dengan sensasi berbeda di Museum Ullen Sentalu. Museum ini berlokasi di wilayah Kaliurang, Yogyakarta, dengan desain bangunan yang unik. Anda bisa menelusuri museum ini dengan dua jenis tur dengan kisah yang berbeda, yaitu Adiluhung Mataram dengan biaya 50 ribu rupiah per orang atau Vorstenlanden dengan biaya100 ribu rupiah per orang.

(M&B/SW/Vonia Lucky/Foto: Bearfotos/Freepik, Instagram)